Internet

Fitur Baru Facebook Biarkan Pengguna Matikan Notifikasi di Ponsel

Baru-baru ini, Facebook telah melakukan perubahan yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya di aplikasi Facebook seluler. Adapun perubahan itu terdapat pada fitur notifikasinya. Pihak Facebook melihat bahwa akibat pengaruh notifikasi yang berlebihan pada aplikasinya bisa menimbulkan penyakit mental pada para penggunanya.

Contohnya seperti pada para pengguna yang menderita penyakit FOMO. FOMO sendiri merupakan suatu penyakit mental yang disebabkan oleh media sosial. Istilah FOMO merupakan singkatan dari Fear of Missing Out. Secara ringkas, penyakit mental ini merupakan gejala takut akan ketinggalan informasi.

Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang banyak ingin tahu perihal kehidupan lingkungan sosialnya, terutama dalam media sosial. Dengan adanya media sosial justru membuat seseorang yang menderita FOMO ini menjadi ingin mengetahui segala aktivitas orang-orang dalam pergaulannya yang bisa dilihat dari media tersebut.

Baca juga: Alasan Sesungguhnya Facebook Sembunyikan Jumlah Like

Facebook Matikan Notifikasi untuk Lawan FOMO

Ketika seseorang menderita FOMO, maka kecemasan akan segera menyerang yang pada akhirnya akan membuat suasana hatinya menjadi tidak tentram. Selain itu, FOMO dapat menimbulkan rasa iri terhadap seseorang.

Dengan demikian, orang yang menderita FOMO akan merasa dirinya harus selalu tahu segala hal. Serta sangat benar-benar takut ketinggalan terhadap informasi terbaru. Oleh sebab itu, Facebook sangat peduli dengan fenomena ini sehingga mereka membuat terobosan baru, yaitu membuat fitur yang dapat mematikan fitur notifikasi pada akun Facebook para penggunanya.

Adapun mekanismenya, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

1. Pergi ke menu pengaturan akun Facebook Anda.

2. Silakan cari menu notifikasi pada pengaturan akun Anda.

3. Anda akan diberi beberapa opsi dalam menu notifikasi tersebut.

4. untuk mematikan notifikasi, silakan pilih turn off notification dots.

DenganĀ  mematikan notifikasi, maka para pengguna bisa terhindar atau mengurangi pemicu penyebabnya penyakit Fear of Missing Out karena dengan terobosan baru tersebut, para pengguna tidak akan mengalami perasaan cemas karena pemberitahuan yang berasal dari notifikasi sudah dihilangkan.

Baca juga: Facebook Cs Sering Down, Ternyata Ini Penyebabnya

Dan yang harus Anda ketahui adalah fitur baru Facebook ini sudah diluncurkan sejak awal Desember 2019 ini. Fitur baru tersebut pun hanya tersedia untuk pengguna Facebook via ponsel. Jadi, apabila di ponsel Anda masih terpasang aplikasi Facebook, maka Anda bisa menjajal fitur yang baru saja mereka luncurkan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close