fitur baru youtube Take a break

Fitur Baru YouTube ‘Take a Break’ Sudah Resmi Diluncurkan

Fitur Baru YouTube – YouTube menjadi aplikasi streaming pertama yang dapat memberi tahu para penggunanya untuk berhenti menonton.

Hal yang demikian itu didapati dan sah disandang oleh YouTube, setelah mereka resmi meluncurkan fitur baru yang bernama Take a Break.

Apa Itu Take a Break?

Sesuai dengan namanya Take a Break yang berarti istirahat, maka YouTube memperingatkan para penggunanya untuk segera beristirahat dari menonton video-video yang ada di YouTube.

Take a Break bukanlah fitur yang memberhentikan secara paksa para pengguna ketika sedang menonton video, melainkan fitur yang membantu mengontrol waktu para pengguna agar lebih efisien (tidak lupa waktu).

Tampilan fitur Take a Break:

fitur baru youtube

Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda lebih bisa mengontrol waktu, sehingga waktu yang sangat berharga ini tidak Anda habiskan untuk menonton video saja.

Mengaktifkan Fitur Baru YouTube

Berikut ini cara mengaktifkan Take a Break yang merupakan fitur baru YouTube:

Loading...

1. Buka aplikasi YouTube yang ada di smartphone, kemudian tekan ikon profil yang ada di sudut kanan atas.

Lihat:

2. Pilih Setelan, kemudian Umum. Cari tulisan Ingatkan saya untuk berhenti menonton (terletak paling atas), kemudian tekan.

3. Akan muncul beberapa pilihan yang dimulai dari tidak pernah hingga 180 menit. Silakan Anda pilih, dan pengaturan sudah selesai dilakukan.

Berikut ini screenshot dari Take a Break, ketika Anda sudah mencapai batas waktu yang sudah ditentukan:

Untuk dua pilihan yang diberikan, yaitu Tutup dan Setelan, Anda bebas memilihnya. Jika Anda memilih tutup, maka video akan dilanjutkan.

Namun apabila Anda memilih Setelan, maka Anda akan dibawa ke menu pengaturan untuk mengatur ulang batasan waktu menonton.

Dan yang harus diingat adalah pengaturan Take a Break ini hanya bersifat opsional, sehingga Anda bisa dengan bebas untuk mengaktifkannya atau mematikannya.

Fitur Lain Dikabarkan Menyusul

Dilansir dari TechCrunch, YouTube sedang mempersiapkan fitur baru yang bernama Time Watched Profile (profil waktu menonton).

Time Watched Profile akan menampilkan waktu tonton rata-rata harian pengguna, dan berapa lama mereka sudah menonton video hari ini, kemarin dan selama seminggu terakhir.

Selain menampilkan waktu tonton, Time Watched Profile juga dikabarkan dapat membantu para pengguna dalam mengelola video-video yang biasa mereka tonton.

Baca: Fitur YouTube yang Mungkin Belum Kamu Ketahui dan Jelajahi

Kesimpulan

Itulah fitur baru YouTube yang baru saja rilis baru-baru ini. Fitur baru ini masih benar-benar baru, karena memang baru saja meluncur (kurang lebih baru 3 hari).

Fitur ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, karena fitur ini hanya semacam pengingat yang semua perusahaan teknologi bisa melakukannya.

Namun, meski fitur ini terlihat biasa-biasa saja, setidaknya fitur ini tetap bermanfaat, khususnya bagi Anda yang suka lupa waktu ketika sedang menonton video YouTube.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Avatar

    Ali Hidayat

    ( - 06:13)

    Cocok nih bagi orang yang sudah kecanduan nonoton video di youtube sampai tak kenal waktu. Karena saat ini masalah kuota bukan hal yang menghambat untuk nonton video di youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *