Review ProdukTekno

Resmi Dirilis Inilah Fitur Canggih Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+

Fitur Canggih Samsung Galaxy Note10 dan Note10+

Samsung Galaxy Note 10/10Plus telah resmi dirilis dan untuk pertama kalinya setelah beberapa tahun Samsung memberikan dua opsi untuk Galaxy Note flagship miliknya.

Berikut informasinya.

Samsung Galaxy Note 10/10Plus

Samsung Galaxy Note 10
Source: Samsung

Setelah menunggu lama akhirnya smartphone tersebut telah dirilis.

Samsung Galaxy Note 10/10Plus seperti yang sudah kita ketahui adalah smartphone kelas flagship keluarga Note milik samsung.

Kedua smartphone tersebut bisa di bilang identik namun keduanya memiliki perbedaan, salah satunya adalah layar yang digunakan.

Galaxy 10 Plus menggunakan layar berbasis Dynamic AMOLED berukuran 6.8″ inchi sedangkan Galaxy Note 10 (non plus) tetap menggunakan layar yang sama namun berukuran 6.3″ inchi. (Hampir sama besarnya dengan Galaxy S10)

Untuk resolusi nya sendiri, Galaxy Note 10 memiliki resolusi 1080+ (401ppi) sedangkan Galaxy Note 10 Plus memiliki resolusi 1440p (498ppi)

Kedunya mendukung HDR10+ dan Dynamic Tone Mapping untuk memberikan gambar berkualitas tinggi.

Keduanya juga sama-sama dilengkapi dengan Samsung S (stylus) Pen yang kini dilengkapi dengan accelerometer dan gyroscope sehingga dapat digunakan sebagai motion controller.

Source: Samsung

S pen dilengkapi memiliki fitur Air Action yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Pena tersebut bisa digunakan untuk menavigasi UI, mengedit foto dan video, mengubah mode kamera, mengganti antara rear/front kamera hanya dengan sentakan jari, dan lain-lain.

Pengguna juga dapat mengubah hasil tulisan tangan yang menggunakan S pen menjadi Text dan Notes serta dapat meng-eksportnya ke file Word.

Source: Samsung

S pen juga memudahkan pengguna untuk meng-highlight, zoom, select (menge-blok), cut/copy/paste, translate text yang dipilih.

Samsung juga menyediakan SDK (Software Development Kit) untuk S pen yang bisa digunakan oleh para developer dan game developer agar dapat memanfaatkan S pen untuk aplikasi mereka.

S pen mempunyai desain unibody yang sangat elegan dan ditenagai oleh baterai Lithium yang tahan hingga 10 jam dalam sekali charge.

Kamera Samsung Galaxy Note 10/Plus

Source: Samsung

Kedua nya sama-sama memiliki Triple Camera Setup, Kamera utamanya menggunakan Sensor 12MP yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan memiliki dua aperture (f/1.5 dan f/2.4).

Kamera kedua adalah kamera telephoto yang menggunakan sensor 12MP yang juga dilengkapi dengan OIS.

Sedangkan kamera ketiga adalah kamera ultra wide-angle beresolusi 16MP yang mempunyai 123° Field Of View (FOV).

Galaxy Note 10 Plus dilengkapi dengan 3D ToF (Time of Flight) sensor yang bisa digunakan untuk memindai objek dan meng-konversi nya menjadi 3D Model melalui aplikasi 3D Scanner. (Fitur tersebut mampu memindai objek hingga 80 x 80 x80 cm)

Galaxy Note 10/10Plus memiliki punch-hole yang berada di tengah atas tempat dimana kamera selfie 10MP berada. (kamera tersebut memiliki FOV sebesar 80°)

Fitur dan Kemampuan Kamera Samsung Galaxy Note 10/10Plus

Kamera pada kedua smartphone tersebut dapat merekam video hingga resolusi 4K.

Samsung juga telah menambahkan beberapa fitur canggih untuk kedua smartphone tersebut di antaranya adalah:

  • Live Focus: Memungkinan pengguna untuk merekam video dengan memberikan efek blur/bokeh pada background secara langsung (Live)
  • Color Pitch: Memungkinkan kamera untuk merekam warna object/subject yang terfokus dan menghilangkan warna object/subject yang tidak terfokus
  • Glitch Effect: Untuk memberikan efek seperti film jadul tahun 80’s pada video

Berikut adalah playlist video dari GSMArena yang menunjukan fitur-fitur tersebut.

Fitur lainya adalah HDR10+ Recording yang digunakan untuk merekam video dengan dynamic range yang tinggi dalam format HDR10+ yang tentunya akan terlihat sangat memukau di layar Galaxy Note 10/10Plus.

Fitur selanjutnya adalah Super Steady yang berfungsi untuk mengurangi guncangan kamera/camera shake saat merekam video sehingga hasil nya akan terlihat lebih fluid/stabil.

Fitur terakhir adalah Zoom in mic yang memungkinkan microphone untuk merekam suara object dengan lebih keras ketika object tersebut di zoom.

Spesifikasi Lain Samsung Galaxy Note10/10Plus

Seperti bocoran yang muncul beberapa hari yang lalu, kedua smartphone akan menggunakan dua SoC/Chipset yang berbeda.

SoC/Chipset tersebut adalah Exynos 9825 dan Snapdragon 855 (non plus), keduanya memiliki varian LTE dan 5G, SoC tersebut di dinginkan oleh vapor chamber cooling system untuk menghindari thermal throttling.

Galaxy Note10+ dan Note10 memiliki beberapa dua pilihan Internal Storage yaitu 256GB dan 512GB. Untuk kapasitas RAM, Galaxy Note10 memiliki RAM sebesar 8GB (versi 4G LTE) dan 12GB untuk versi 5G.

Sedangkan Galaxy Note10+ memiliki RAM berkapasitas 12GB dan microSD Card slot yang mendukung hingga 1TB (hanya ada di Note+ dan menggunakan slot dual sim)

Beralih ke baterai, Note10+ memiliki baterai berkapasitas 4,300mAh yang dilengkapi fitur 45W Super Fast Charging dan sanggup mengisi baterai dalam waktu 30 Menit saja.

Namun charger 45W tersebut di jual terpisah dan Samsung hanya memberikan 25W charger di dalam Box. (Bayangkan, smartphone seharga 17 juta dan charger nya masih di jual terpisah hmmfff)

Sedangkan untuk Note10 akan menggunakan baterai berkapasitas 3,500mAh dengan 25W charger.

Keduanya mendukung fast wireless charging dan reverse wireless charging yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan Note10/10+ untuk menge-charge produk lain. (Selama produk tersebut mendukung reverse wirelss charging)

Sayangnya keduanya tidak memiliki 3.5mm headphone jack, namun samsung memberikan USB-C dongle di dalam box sebagai pengganti.

Keduanya memiliki headphone dan stereo speaker yang sudah di tune oleh AKG untuk memberikan kualitas suara yang lebih baik.

Fitur Lain

Galaxy Note10 dan Note10+ juga memiliki fitur Link to Windows untuk men-sinkronasi notifikasi, pesan, foto dan file lain dengan PC Windows 10 punyamu, fitur tersebut bisa digunakan melalui Windows Quick Panel.

Kedua smartphone tersebut juga memiliki fitur PlayGalaxy yang hampir mirip dengan Steam Link/Nvidia GamStream yang memungkinkan pengguna agar dapat memainkan game PC kesukaan mereka melalui Smartphone.

Harga dan Varian

Samsung Galaxy Note10 dan Note10+ akan muncul di pasaran pada tanggal 23 Agustus.

(Galaxy Note 10+)

(Galaxy Note 10)

Keduanya memiliki 5 pilihan warna yaitu Aura Glow, Aura White, Aura Black, Aura Pink dan Aura Blue dan di bandrol dengan harga yang dimulai dari $949 (13 Jutaan) untuk Note10.

Sedangkan Note10+ dibandrol seharga $1,099 (15 Jutaan) untuk versi 12GB/256GB dan $1,199 (17 Jutaan) untuk versi. 12GB/512GB.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close