Fitur Gmail Baru

Penjelasan Lengkap Fitur Gmail Baru yang Membuatmu Makin Takjub

Fitur Gmail baru – Gmail merupakan layanan e-mail milik Google yang kini tampil dengan wajah baru yang lebih fresh dan berwarna.

Layanan e-mail yang digunakan oleh lebih dari 1,4 miliar tersebut, kini diperkaya dengan berbagai fitur-fitur terbaru seperti Confidential Mode, Nudging, dan Snoozing.

Menurut Jacob Bank rancangan baru Gmail baru tersebut akan membuat pengguna semakin aman dan produktif.

Perubahan Visual pada Penampilan Gmail Baru

Dilihat dari segi visual, Gmail sekarang memiliki perubahan substansial yang kasat mata. Salah satunya adalah logo Google, yang sebelumnya pada versi desktop berada di sisi kiri atas layanan Gmail, kini logo tersebut telah diganti dengan logo Gmail itu sendiri.

Selain itu ada juga ikon “+” warna-warni khas Google yang sangat menarik perhatian, dimana saat ini tulisan Compose pun tidak lagi berada pada kotak merah yang terkesan kaku, namun kini berada di dalam oval berwarna putih yang terlihat tampak terlihat muda.

Warna garis abu-abu yang berfungsi sebagai penunjuk pun kini warnanya telah dirubah menjadi merah, sehingga membuat penampilan Gmail nampak lebih ceria. Untuk lebih mmudahkan pengedintifikasian pun disetiap e-mailnya telah diberikan label yang berwarna-warni.

Hadirnya desain baru ini tentu membuat penggunanya makin sadar dengan lampiran yang ada dalam sebuah e-mail. Hal ini dikarenaan, ikon format lampiran seperti Excel, JPG dan lain-lain akan terlihat di depan, sekalipun pengguna belum membuka e-mail yang memiliki lampiran tersebut.

Perubahan visual lain yang sangat mencuri perhatian adalah pada side panel yang berada di sisi kanan antar muka layar yang mematrikan seperti Google Calender, Google Keep dan Google Tasks.

Loading...

Adapun tujuan aplikasi dalam Gmail tersebut adalah untuk membantu pengguna dalam mengorganisasi, merencanakan harian hingga menyematkan berbagai catatan penting.

Perubahan desain visual Gmail ini memang kebanyakan adalah untuk versi desktopnya. Sementara untuk versi aplikasi mobile dapat sobat lihat pada hadirnya fitur baru Gmail high-priority notifications.

Fitu Gmail baru tersebut menggunakan sistem AI atau yang lebih kita kenal dengan kecerdasan buatan. Dimana fitur AI ini memiliki fungsi untuk membantu pengguna dalam menyeleksi berbagai e-mail yang sangat penting yang harus segera dibaca, atau e-mail yang kurang penting sehingga bisa dibaca lain kali.

Sejak pertama kali Gmail diluncurkan, pembaruan kali ini merupaka salah satu pembaruan yang sangat signifikan. Namun demikian, sementara ini baru sebagian kecil pengguna yang bisa menikmati fitur Gmail baru ini.

Baca JugaBelum 100%, Anda Tetap Bisa Menggunakan Gmail Baru

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur baru Gmail, mari kita bahas satu persatu.

Fitur-Fitur Gmail Baru

Seperti kita tahu bahwa penampilan Gmail kini telah diperbaharui. Selain penampilannya yang baru, Gmail juga turut memperbaharui beberapa fiturya seperti mode rahasia, notifikasi prioritas, bahkan ingga dukungan mode offline yang semakin baik.

Baca JugaIni Dia 4 Fitur Terbaru pada Gmail Google, Makin Mantap

Google pun mengkalim jika pembaruan Gmail ini akan membuat layanan ini semakin muda digunakan, lebih cerdas dan semakin aman digunakan.

Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan secara rinci dari masing-masing Gmail baru tersebut :

1. Mode Keamanan dan Rahasia (Confidential)

Fitur Gmail Baru

Fitur Gmail baru yang ditambahan Google agar pengguna semakin bisa mengontrol informasi saat mengirim e-mail adalah pada mode rahasia atau Confidential mode.

Kerennya lagi, dengan hadirnya pengaturan expiration date atau tanggal kadaluarsa. Maka dalam waktu yang telah ditentukan pesan e-mail yang dipilih akan hilang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal ini mirip sekali dengan salah satu fitur yang ada dalam messenger.

Selain itu hadir pula fitur delete for everyone seperti yang ada pada WhatsApp, dimana dengan fitur ini makan pesan yang salah kirim pun bisa pengguna tarik kembali.

Sementara untuk sisi kemanananya, fitur terbaru Gmail pun telah menambahkan two factor authentication. Dimana metode otentikasi dua faktor ini akan dapat membuat data pengguna semakin aman, bahkan sekalipun jika akun e-mailnya telah dibajak.

Tak hanya itu, pesan yang salah kirim, bisa ditarik kembali, seperti fitur “delete for everyone” di WhatsApp.

Dalam hal ini pesan e-mail akan dilindungi dengan informasi rights management (IRM) yang dapat mencegah informasi sensitif untuk diteruskan, dicetak, disunting, hingga disalin oleh berbagai pihak yang tidak memiliki hak. Maka setidaknya dengan adanya fitur ini, dapat mencegah informasi rahasia pengguna yang bocor.

Fitur Gmail Baru

Nantinya e-mail yang telah dilindungi oleh IRM tersebut akan ditandai atau tagging. Tanda ini juga akan terlihat pada e-mail yang memiliki potensi bahaya.

Jika ada e-mail yang memiliki indikasi mencuri data pribadi atau informasi rahasia dari si penerima pesan, maka e-mail tersebut akan dilabeli dengan blok berwarna merah, kuning, atau abu-abu yang berada di atas e-mail tersebut.

Adapun warna yang diberikan merupakan kategori dari tingkat resiko bahaya yang menyertai e-mail tersebut.

2. Hemat klik

Fitur Gmail Baru
(The Verge)

Beberapa dari fitur Gmail baru, akan membuat pengguna dapat menghemat klik karena cukup dari jendela inbok. Contohnya pengguna hanya tinggal mengarahkan krusor saja pada subject e-mail yang diinginkan, maka beberapa pilihan opsi pun akan muncul untuk merespon undangan RSVP, mengarsiokan pesan, hingga mengatur alarm.

Menariknya lagi, meskipun tanpa harus membuka e-mail secara keseluruhan, dengan fitur Gmail baru ini maka sudah dapat melihat lampiran yang ada pada e-mail tersebut.

Bahkan melalui jendela inbox, pengguna juga dapat menemukan aplikasi pihak ketiga seperti Google Calender dan lainnya. Sehingga untuk melihat dan mengakses aplikasi tersebut, maka pengguna tak perlu lagi harus repot-repot menutup jendela Gmail.

3. Smart Reply

Fitur Gmail Baru
via neowin

Smart reply sebenarnya bukanlah fitur Gmail baru. Karena sebelumnya fitur ini pun sudah ada pada versi mobile, namun bedanya saat ini versi desktop pun akan suport terhadap versi ini.

Dengan hadirnya fitur ini, maka saat hendak menjawab e-mail pengguna akan semakin praktis, sebab opsi jawabanya sudah disiapkan sistem sperti I’m busy, Got it dan lainnya. Dimana untuk menggunakannya pengguna hanya perlu menggunakan satu kali klik.

4. Pengingat untuk membalas pesan

Fitur Gmail Baru

Tak jarang ditengah mobilitas kita yang tinggi, ditambah menumpukya jumlah e-amil masuk maka akhirnya beberapa e-mail penting pun sampai terlewatkan.

Menyikapi hal tersebut, Google pun akhirnya menghadirkan fitur Nudging. Adapun fungsi utama fitur Gmail baru ini adalah untuk mengingatkan pengguna terkait menjawab e-mail masuk yang dianggap oleh AI penting.

Selain itu, fitur ini juga akan menandai e-mail tertentu, saat penggunanya tidak menjawab e-mail tersebut dalam rentan waktu tiga hari. Pengguna Gmail juga bisa mengatifkan snooze yang sangat berguna untuk menyembunyikan pesan sampai batas waktu yang diinginkan.

Fitur Gmail Baru

Sementara untuk dapat menampilkan pesan-pesan penting saja pada pop-up akun Gmailnya, maka pengguna bisa menggunakan pengaturan nitifikasi prioritas.

5. Google Docs Offline

Google Docs Offline adalah fitur baru Gmail yang sangat berguna bagi sobat yang mengalami kesulitan masalah jaringan internet. Sebab dengan adanya Google Docs Offline ini, meskipun tanpa sinyal internet paengguna akan tetap dapat mencari pesan lama.

Bahkan dengan adanya local caching pesan yang sudah berumur tiga bulan pun akan bisa dengan mudah pengguna temukan.

Adapun fitur Gmial bari ini untuk saat ini baru tersedia bagi pengguan GSuite, layanan komputasi integrasi aplikasi Googe dan Gmail. Untuk mendapatkannya, mereka harus mendaftar ke “G Suite Early Program” lebih dulu melalui panel Admin.

Sementara untu pengguna Gmail pribadi, sobat bisa mencoba pembaruan ini dengan masuk ke opsi pengaturan, lalu klik Try New Gmail atau Coba Gmail Baru.

Sumber : Kompas.com


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *