Fitur Portrait Mode

Resmi Diperbaharui, Apple Tambahkan Fitur Portrait Mode di iOS 10.1

Fitur Portrait Mode – Isu mengenai sejumlah produk yang disajikan perusahaan berbasis di Cupertino, Apple selalu menjadi topik menarik untuk dibahas.

Mulai dari isu iPhone terbakar di dalam mobil warga Australia, hingga layanan gugatan hukum Apple terhadap salah satu perusahaan eCommerce terbesar Amazon.

Namun, postingan ini tidak akan membahas semua isu tersebut. Melalui postingan ini anda akan mengetahui bahwa Apple secara resmi telah merilis update terbaru iOS 10.1.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh Klik Mania, Selasa 25/10/2016, update iOS 10.1 ini menyajikan beberapa fitur terbaru. Salah satunya adalah fitur Portrait Mode yang masih dalam status beta.

Namun demikian, para pengguna iPhone khususnya iPhone 7 plus sudah bisa menggunakan Sistem Operasi teranyar yang ekslusif ini.

Sebelum mengetahui apa itu fitur portrait mode, serta bagaimana cara menggunakannya. Saya sedikit akan menyajikan ulasan ringkas mengenai iPhone 7 plus. Jadi, pastikan anda dalam posisi santai untuk membaca postingan ini hingga selesai.

Ulasan Ringkas iPhone 7 plus

iPhone 7 Plus adalah keluarga iPhone 7 terbaru, yang secara resmi diperkenalkan pertama kali oleh SVP Marketing Apple Phil Schiller di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, AS, September lalu.

iPhone terbaru ini telah mendapatkan peningkatan dari beberapa segi mulai dari desain, performa, kamera, dan ketahanan fisik, bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Loading...

Selai fitur anti-air dan anti-debu bersertifikasi IP67, iPhone terbaru khususnya iPhone 7 Plus telah didukung dengan kamera lensa ganda untuk menangkap warna gambar yang lebih kaya dan tajam.

iPhone 7 Plus tersedia dalam 3 versi pilihan diantaranya :

  1. Versi 32 GB yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 10 juta
  2. Versi 128 GB yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 11,3 juta
  3. Versi 256 GB yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 12,7 juta

Apat itu Portrait Mode ?

Fitur Portrait Mode
Portrait mode on iOS 10.1 via Zed ProMedia

Kembali ke dukungan lensa ganda, sekarang khusus bagi iPhone 7 Plus yang sudah melakukan update iOS 10.1, benar-benar akan mendapatkan manfaat dua kamera untuk keperluan fotografi.

Fitur portrait mode yang ditambahkan pada iOS 10.1, memungkinkan penggunanya mengambil foto portrait dengan hasil efek foto yang tajam di objek utama dan latar belakang yang sedikit blur, layaknya efek bokeh jika memotret dengan DSLR dengan lensa aperture besar.

Berbeda dengan kamera DSLR yang menggunakan bukaan aperture besar dalam memotret foto bokeh. Di Potrait Mode ini, Apple menggunakan dua lensa kamera di iPhone 7 Plus dan teknologi Machine Learning untuk membuat efek tersebut.

Proses algoritma dalam jutaan perhitungan ini tetap dapat dinikmati pengguna dalam jeda sangat singkat, jadi kamu bisa melihat preview dari Depth Effect secara langsung sebelum menekan tombol jepret.

Bagaimana Menggunakan Fitur Portrait Mode di iPhone 7 Plus ?

Meski masih berlabel Beta, jika digunakan dengan banar maka fitur terbaru portrait mode ini, akan membuat lensa ganda iPhone 7 Plus anda, benar-benar menghasilkan gambar atau foto yang mengesankan.

Langkah Awal Melakukan Pengaturan

Untuk dapat menggunakan fitur Portrait Mode, terlebih dahulu anda perlu mengecek pengaturan dengan cara masuk ke Settings > Photos & Camera > Potrait Mode > Keep Normal Photo.

Pastikan pengaturan tersebut menyala agar tetap dapat menyimpan setiap jepretan dalam mode normal ketika menggunakan Potrait Mode.

Memulai Penggunaan Fitur Portrait Mode

Jalankan aplikasi kamera iPhone 7 plus anda, lalu pilih PORTRAIT dengan cara melakukan slide ke kiri, pada menu yang berada persis di atas tombol kamera virtual. Saat anda menekan tombol shutter untuk memulai pemotretan objek seperti benda, rekan kerja, dan lainnya, pastikan frame warna kuning sudah pas pada objek dan tulisan DEPTH EFFECT sudah muncul dilayar kamera.

Setelah frame tepat pada objek dan tulisan juga sudah muncul, barulah anda dapat mulai menekan tombol shutter untuk mendapatkan foto bokeh yang berkualitas.

Fitur Potrait Mode dilengkapi berbagai mode, salah satu yang populer adalah mode exposure. Mode ini memiliki fungsi utama untuk membuat foto menjadi lebih cerah atau gelap dengan cara tekan dan tahan sentuhan di layar. Setelah itu, silahkan slide ke atas dan bawah di ikon matahari yang tampil, persis seperti mode foto biasa.

Potrait Mode juga dilengkapi dengan fitur canggih tambahan yang dapat mendeteksi wajah 1 orang bahkan lebih dalam posisi yang sedikit berjauhan dan jarak yang masih dalam jangkauan toleransi.

Semua foto yang diambil menggunakan fitur portrait mode, akan secara otomatis ke dalam Apps Foto iPhone 7 plus.

4 Tips Agar Fitur Portrait Mode dapat Menghasilkan Foto atau Gambar yang Berkualitas

Fitur Portrait Mode
Portrait mode on iOS 10.1 via Zed ProMedia
  1. Karena fitur Potrait Mode diciptakan untuk memotret semi close up atau setengah badan dengan hasil yang fokus pada objek utama dan efek bokeh di gambar latar belakang. Maka wajah dapat dijadikan sebagai objek utamanya. Fitur Portrait Mode ini tidak direkomendasikan untuk memotret benda-benda berukuran kecil, pajangan ruangan dengan detail menarik dan sejenisnya.
  2. Pastikan objek berada pada lokasi yang memiliki penerangan yang cukup. Potrait Mode menggunakan sudut lebar dari lensa zoom (56 mm) yang ada di iPhone 7 Plus sebagai ukuran framming. Agar Foto yang dihasilkan benar-benar berkualitas dengan noise yang normal, sebaiknya lakukan pemotretan di luar ruangan pada pagi atau siang hari.
  3. Pilih lokasi menarik yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto anda. Misalnya saja seperti gedung, tanaman atau hal lainnya yang bisa menyajikan kontras dan pemandangan. Sehingga foto kamu tidak hanya berkualitas tapi juga benar-benar eycatching.
  4. Bagi kamu yang ingin berfoto menggunakan kacamata. Agar bocoran cahaya atau latar belakang cahaya di pantulan kacamata dapat dihindari. Usahakan wajah kamu untuk menghadap ke arah kamera secara keseluruhan. Hindari memotret dalam posisi wajah dan tubuh yang terlalu ke arah samping atau gaya lainnya.

Referensi lain : Review Apple Watch Series 2, Desain, Layar dan Edisi Khusus

Penutup

Karena masih berada dalam status atau versi Beta pada iOS 10.1. Anda mungkin saja mengalami sedikin beberapa kendala dan kekurangan ketika menggunakan Fitur Portrait Mode, pada iPhone 7 plus.

Namun, berkat penggunaan dan pengaturan fitur portrait mode yang dilakukan secara benar, dengan menerapkan ke-empat tips yang sudah dijelaskan. Bukan tidak mungkin berkat fitur canggih dan mode tambahan, membuat lensa ganda iPhone 7 Plus dapat menghasilkan jepretan yang berkualitas dan menawan.

Terakhir, sebagai informasi tambahan, selain penambahan fitur Portrait Mode, beberapa dukungan fitur bawaan di iOS 10.1. seperti Messages, dan Maps, sudah mengalami perbaikan dan peningkatan.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Komentar

    Avatar

    Selamat deh buat IOS 10.1, sudah mencoba untuk mengerti kepada para pelanggannya…
    Dan ternyata disini juga sudah dibuatkan artikel tips and tricks nya… keren banget… 😀
    Salam,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *