Internet

7 Fitur Rahasia Gmail Terbaru yang Masih Jarang Diketahui, Penasaran?

Fitur Gmail Terbaru, Membantu Mempermudah Berbagai Aktivitas Pengguna

Fitur Rahasia Gmail Terbaru – Sejak berakhirnya era keemasan Yahoo sebagai penyedia layanan surat elektronik atau email, Google melalui Gmail-nya terus menjadi yang terdepan dalam bidang ini.

Belajar dari kegagalan Yahoo, Google terus berupaya menghadirkan berbagai inovasi untuk menjaga keeksisan mereka. Termasuk dengan hadirnya fitur rahasia Gmail terbaru ini.

Meski sekian tahun menghadirkan berbagai fitur menarik, namun fitur-fitur tersebut justru tidak banyak diketahui oleh para penggunanya. Padahal, tentu saja fitur tersebut dihadirkan untuk semakin membantu mempermudah berbagai aktivitas pengguna yang memerlukan layanan email ini.

Fitur Rahasia Gmail Terbaru yang Masih Jarang Diketahui

Dari sekian juta pengguna Gmail, mungkin belum banyak dari mereka yang sudah mengetahui serta memanfaatkan fitur-fitur ini. Namun bagi kamu yang belum tahu.

Berikut ulasan singkat mengenai fitur rahasia Gmail terbaru.

1. Undo Send

Fitur rahasia gmail terbaru
Sumber: pcmag.com

Telah hadir sejak tahun 2009 lalu, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membatalkan pengiriman pesan yang sebelumnya sudah terlanjur dikirimkan. Pada dasarnya, fitur ini mirip dengan fitur Retract Message yang terdapat pada aplikasi WhatsApp.

Fitur tersebut tentu cukup berguna apabila kamu merasa ada kesalahan dalam menulis email atau melampirkan file. Atau bisa juga ketika kamu mengirim email kepada orang yang salah.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan menuju ke menu Setting lalu mengklik ikon roda gear pada sebelam kanan atas.

Setelah itu, pada bagian Undo Send, kamu bisa memiliki durasi waktu pembatalan pengiriman email, mulai 5, 10, 20, hingga 30 detik. Kemudian klik tombol save pada bagian paling bawah.

Baca juga : Fitur Undo Email di Gmail Sekarang Tersedia untuk Versi Android

2. Email Terjadwal

Fitur rahasia gmail terbaru
Sumber: aljazeera.net

Fitur rahasia Gmail terbaru yang kedua adalah fitur email terjadwal. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk mengirim pesan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Fitur ini tentu sangat berguna bagi seseorang yang akan mengirim pesan kepada seseorang yang berada pada zona waktu berbeda. Selain itu, bagi kamy yang suka pelupa, fitur ini juga akan membantu kamu.

Untuk memanfaatkan fitur baru ini, setelah menulisa pesan yang ingin dikirimkan, pilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih menu Schedule Sent.

Baca juga: Fitur Scheduled, Fitur untuk Mengatur Jadwal Pengiriman Email di Gmail

3. Mute Email yang Tidak Penting

Sumber: lifewire.com

Seringkali, inbox email kita dipenuhi oleh banyak pesan pemberitahuan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hal tersebut bahwa bisa sangat mengganggu apabila notifikasi email tersebut muncul terus ke layar smartphone kita.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa memanfaatkan fitur Mute yang ada pada Gmail untuk menghentikan email masuk dari pengirim yang tidak penting atau tidak kamu inginkan.

Untuk mengaktifkannya, terlebih dahulu kamu harus membuka email yang ingin di-mute, lalu pilih ikon tiga titik dan pilih opsi Mute.

4. SMS Passcode

Sumber: techmesto.com

Kamu ingin mengirim email yang bersifat rahasia dan hanya orang yang kamu izinkan yang dapat membacanya? Kamu bisa memanfaatkan fitur SMS Passcode

ini.

Pasa saat memgaktifkan fitur ini, kamu nantinya dimina untuk mencantumkan nomor ponsel agar Google dapat mengirim sebuah passcode melalui sms ke nomor tersebut.

Dengan demikian, untuk bisa mengakses kiriman email kamu tersebut, seseorang harus memasukkan kode yang sebelumnya telah dikirimkan Google ke nomormu tersebut.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan memilih ikon tiga titik, setelah itu pilih menu Confidental Mode, lalu aktifkan SMS Passcode.

5. Waktu Kadaluarsa Email

Sumber: mashatips.com

Dengan fitur yang satu ini, kiriman email yang dikirimkan pengguna hanya bisa dibaca dalam kurun waktu tertentu saja oleh penerima email. Waktu kadaluarsa tersebut dihitung mulai ketika penerima membuka kiriman email pertama kali.

Setelah waktu yang ditentukan berakhir, maka pesan tersebut akan secara otomatis hilang dan penerima tidak bisa lagi membuka pesan yang dikirimkan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama kamu pilih ikon tiga titik, setelah itu pilih menu Confidental Mode, lalu kamu tinggal mengatur waktu kadaluarsa email yang akan kamu kirimkan.

6. Mode Offline

Sumber: fossbytes.com

Kamu ingin tetap menulis email takut nanti lupa, namun sedang tidak dalam koneksi internet yang bagus? Dengan adanya fitur mode offline ini, kamu masih bisa kok tetap menulis email meskipun tanpa adanya koneksi internet.

Meski demikian, pesan yang kamu tulis tersebut tidak akan langsung terkirim pada saat itu juga, melainkan baru akan terkirim ketika koneksi internet sudah ada dan lancar serta memungkinkan untuk pengiriman email tersebut.

7. Menghapus Kategori Tab

Fitur rahasia gmail terbaru
Sumber: idownloadblog.com

Untuk memudahkan penggunanya, Google menghadirkan lebih dari satu tab inbox pada Gmail dan memfilter email berdasarkan kategorinya.

Meski demikian, hal tersebut dinilai cukup merepotkan bagi sebagian orang. Ini karena kamu harus membuka satu per satu tab untuk melihat pesan yang masuk.

Untuk itu, Gmail kini juga membuat penggunanya dapat menghapus kategori tab tersebut, sehingga nantinya email yang masuk akan berada dalam satu tab yang sama.

Untuk menghapus kategori tab, kamu bisa menujur ke menu settings, lalu pada bagian Kotak Masuk kamu tinggal hilangkan tanda centang pada kategori tab yang ingin kamu hapuskan.

Nah, itulah beberapa fitur rahasia Gmail terbaru yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Setelah membaca artikel ini, kamu sudah tahu, kan, sekarang apa saja fitur rahasia tersebut. Selamat mencoba!


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close