Tekno

Tips Cara Menggunakan Fitur Smartphone Moto E3 Power Agar Optimal

Fitur smartphone Moto E3 Power – Setelah diakuisisi lenovo, smartphone motorola yang sempat hilang akhirnya muncul kembali melalui Moto E3 Power. Kehadirannya bisa menjadi angin segar bagi pengguna ponsel tanah air. Mengingat belakangan ini pasaran smartphone di tanah air dibanjiri oleh beragam merk baru.

Moto yang dulu merupakan merk terkemuka. Kehadirannya bisa menjadi pilihan bagi para penggemar ponsel dalam mencari smartphone 4G berkelas. Sebagai smartphone pertama setelah diakuisisi Lenovo, Moto E3 Power hadir untuk pengguna kelas menengah ke bawah namun mengedepankan berbagai fitur unggulan.

Baca selengkapnya : Informasi Spesifikasi dan Harga Moto E3 Power Baru di Indonesia

Bagi Anda yang menggunakannya, ada beberapa tips cara menggunakan fitur smartphone Moto E3 Power agar fitur dan kemampuannya secara optimal.

Tips Cara Penggunaan fitur smartphone Moto E3 Power Agar Optimal dan Mudah

fitur smartphone Moto E3 Power

Akses Cepat Kamera

Menggunakan launcher yang mirip dengan Android Stock Rom berbasis Marshmallow bawaan Google Nexus, smartphone ini memiliki fitur instan, Fitur ini untuk menjalankan aplikasi kamera dengan cepat. Anda hanya tinggal menekan tombol power sebanyak 2 kali.

Asiknya lagi, cara ini juga berlaku meski smartphone dalam keadaan layar mati (Sleep). Jika cara ini tidak berhasil, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Masuk ke Settings>>Display, dan aktifkan fitur tersebut ke posisi ON.

Gunakan Charge Bawaan

Meskipun tergolong smartphone kelas menengah, Moto E3 Power sudah didukung fitur rapid charging yang mirip dengan fitur fast charging (charge cepat) dibanding tanpa fitur tersebut. Hal ini bisa berjalan optimal selama menggunakan charge bawaannya.

Jika Rusak, Anda bisa membelinya secara terpisah dan pastikan bahwa charge tersebut sama persis dengan versi bawaannya.

Fitur Do Not Disturb

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Android lollipop dan disempurnakan di android marshmallow. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan notifikasi apa saja yang aktif maupun tidak saat sedang dalam kondisi tertentu.

Misalnya, Anda bisa mematikan suara (Silent) saat ada panggilan telepon, namun masih tetap aktif untuk nomor-nomor tertentu saja. Pengaturan juga termasuk kapan fitur ini secara otomatis mati dan hidup.

Cara penggunaan fitur smartphone Moto E3 Power Do Not Disturb, Anda bisa masuk ke Settings>>Sound&Notification>>Do Not Disturb.

Pindah Data Atau Aplikasi ke MicroSD

Smartphone Moto E3 Power dilengkapi memori internal sebesar 16 GB dengan kapasitas yang tersisa sebesar 11.8 GB. Tentu saja kapasitas lambat laun akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya data.

Karena Moto E3 Power ini mendukung penggunaan memori eksternal berjenis microSD, Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi gunakan melegakan memori internalnya.

Untuk memindahkannya, Anda membutuhkan langkah-langkah khusus sebagai berikut:

  • Matikan smartphone dan pasang kartu microSD, setelah proses booting, akan tampil notifikasi yang menunjukkan bahwa microSD telah terpasang. Tekan notifikasi tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya. Pilih Use as internal storage dan Erase and Format.
  • Tekan pada nama internal storage yang terdeteksi, tekan ikon tiga dot tombol menu kemudian Settings. Dari jendela tersebut pilih format as internal kemudian Erase and Format.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan menu pilihan untuk bermigrasi ke data di internal ke media simpan eksternal MicroSD tersebut.
  • Setelah dipindah, Anda bisa memilih kapasitas memori internal dan eksternal yang berpindah melalui, Setting>>Storage>>Change>>pilih SD Card, dan konfirmasi dengan menekan Move. Tunggu hingga selesai.

Mengatur Quick Settings

karena mengusung Android Stock ROM, Moto E3 Power memungkinkan penggunanya untuk mengatur fungsi yang terdapat di Quick Settings. Namun sebelumnya Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu SystemUI Tuner dengan cara sebagai berikut:

  • Buka jendela notifikasi dengan cara menggeser ke bawah.
  • Tekan tanda gear yang terletak di sisi kanan atas di sebelah ikon baterai, tekan yang lama hingga beberapa detik sampai keluar tulisan SystemUI tuner telah aktif.
  • Masuk ke Setting, geser ke bagian paling bawah dan akan muncul pilihan baru yaitu System Ui tuner.
  • Masuk ke dalamnya, tekan Quick Settings, disini Anda bisa mengatur atau menentukan sendiri fitur yang hendak ditampilkan pada Quick Settings.

Aktifkan VoLTE

Cara penggunaan fitur smartphone Moto E3 Power yang  mendukung teknologi VoLTE. VoLTE sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan jalur internet untuk menelpon.

Dengan teknologi ini, kualitas suara saat menelpon akan jauh lebih baik dibandingkan dengan Voice Call melalui aplikasi, seperti WhatsApp, LINE, atau aplikasi sejenisnya. Namun untuk menggunakannya, pastikan fitur ini aktif dan operator yang Anda gunakan sudah mendukung teknologi ini.

Demikian 6 tips cara penggunaan fitur smartphone untuk lebih memaksimalkan dan lebih mudah menggunakan smartphone Motorola Moto E3 Power.


Loading...
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close