Adsense Di Youtube

Fitur Video Chapters YouTube Akhirnya Resmi Diluncurkan

YouTube telah mengumumkan kepada publik bahwasanya mereka tengah menguji coba fitur baru yang mereka namai Video Chapters. Video Chapters adalah fitur yang diharapkan memudahkan para pengguna ketika menonton video di YouTube.

Tom Leung selaku Director of Product Management YouTube menyampaikan bahwasanya fitur Video Chapters akan membantu para pengguna untuk mengetahui informasi yang disampaikan di dalam video pada waktu-waktu tertentu.

Baca juga: Video Chapters, Fitur Baru yang Sedang Digarap YouTube

YouTube Resmi Luncurkan Video Chapters

YouTube telah menguji Video Chapters selama satu bulan penuh kepada sebagian kecil penggunanya atau para pengguna terpilih saja. Kabar baiknya, media sosial pimpinan Susan Wojcicki tersebut telah resmi meluncurkan fitur Video Chapters secara global.

Seperti yang Anda lihat, fitur Video Chapters akan memunculkan garis waktu pemutaran yang dibagi-bagi menjadi beberapa pembahasan yang cukup panjang, yang apabila para pengguna menyorotnya, maka mereka akan mendapati deskripsi dari tiap-tiap segmen.

Bagi para penonton setia YouTube, maka mereka tidak akan bisa menjumpai keberadaan fitur Video Chapters sebelum sang pemilik saluran (kreator konten) melakukan pengaturan atau mengaktifkan fitur Video Chapter terlebih dahulu.

“Jika Anda memiliki stempel waktu dalam deskripsi Anda, pastikan stempel waktu pertama yang tercantum dalam deskripsi video dimulai pukul 0:00, dan bahwa video Anda memiliki setidaknya tiga stempel waktu atau chapter, dengan setiap chapter 10 detik atau lebih,” ungkap Tom Leung.

Fitur Video Chapters tersedia untuk para pengguna yang mengakses YouTube via desktop, smartphone, dan juga tablet. Untuk tampilan di desktop, fitur Video Chapters tidak akan terlalu nampak sebagaimana yang dilaporkan oleh The Verge.

Namun, perbedaan akan tetap terlihat, yaitu video akan memiliki potongan-potongan garis di bagian playback. Potongan-potongan garis itu dibatasi dengan jeda hitam untuk menandakan kapan penggalan berakhir.

Baca juga: YouTube Akan Tampilkan Lebih Banyak Info Produk di Dalam Video

Adapun untuk para pengguna smartphone dan tablet, tampilan Video Chapters lebih jelas. Selain itu, pihak YouTube juga menambahkan efek getar ketika para pengguna mengarahkan kursor playback ke penggalan baru.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close