Fitur YouTube Kids

Inilah Fitur YouTube Kids yang Bisa Membuat Orang Tua Tenang

Fitur YouTube Kids cukup efektif dalam melindungi anak-anak dari keberadaan konten negatif.

Sudah menggunakan YouTube Kids?

Jika belum segeralah menggunakannya. Mengapa? Karena dengan menggunakan YouTube Kids, Anda akan merasa tenang atau tidak khawatir ketika anak-anak mengakses sebuah video.

Fitur YouTube Kids yang Membuat Tenang

Di laman resmi YouTube Kids disebutkan, bahwa ada tujuh fitur yang bisa digunakan di antaranya adalah:

Profil anakPemblokiran
Histori tontonanKontrol penelusuran
TimerPelaporan video
Tonton di TV

Namun, untuk membuat Anda tenang ketika anak-anak sedang mengakses video cukup dengan dua fitur saja, yaitu fitur kontrol penelusuran dan timer.

Mengapa demikian? Inilah penjelasannya.

1. Kontrol Penelusuran

Ketika Anda membuat akun di YouTube Kids, Anda akan diberi dua pilihan, yaitu aktifkan pencarian dan nonaktifkan pencarian.

Lihat:

Loading...

Jika Anda terlanjur memilih aktifkan pencarian, maka Anda bisa menggantinya di pengaturan dengan menonaktifkan izinkan penelusuran.

Langkah:

1. Klik tanda gembok.

Lihat:

2. Pilih setelan, dan silakan nonaktifkan izinkan penelusuran.

Lihat:

Dengan menonaktifkan izinkan penelusuran, setidaknya video 8 tahun ke atas tidak akan mudah masuk di beranda YouTube Kids, sehingga anak-anak pun tidak akan melihatnya.

2. Timer

Di aplikasi YouTube ada fitur take a break yang berfungsi mengingatkan pengguna untuk berhenti menonton YouTube. Fitur take a break memang bagus, namun kinerjanya kurang begitu efektif.

Lain halnya dengan fitur timer di YouTube Kids, fitur ini benar-benar bekerja efektif di mana fitur timer bisa menghentikan akses ketika waktu yang telah ditentukan telah habis.

Lihat:

fitur youtube kids

Gambar di atas adalah tampilan ketika waktu yang telah ditentukan di fitur timer habis. Adapun untuk mengaktifkan fitur timer, Anda bisa mengikuti cara-caranya di bawah ini.

Langkah:

1. Klik tanda gembok.

Lihat:

2. Pilih timer, dan silakan atur waktu sesuai keinginan Anda.

Lihat:

Ketika waktu habis, aplikasi akan terkunci dan yang bisa membukanya hanyalah orang tua saja.

Amankan Juga Google Search

Setelah berhasil mengamankan anak-anak dari bahaya konten negatif yang berupa video, Anda juga harus mengamankan anak-anak dari bahaya konten negatif yang berasal dari mesin pencari.

Bagaimana caranya?

Anda cukup mengaktifkan SafeSearch di mesin pencari Google. Jika Anda bingung bagaimana cara mengaktifkannya, silakan menyimak video di bawah ini.

Lihat:

Kesimpulan

Dengan mengandalkan kontrol penelusuran dan timer di YouTube Kids, Anda sudah bisa tenang ketika anak-anak menonton video.

Akan tetapi, yang harus diingat adalah tidak ada sistem yang sempurna dan video yang tidak pantas bisa saja lolos.

Baca: Channel Youtube Paling Aneh, Sekaligus Absurd Sepanjang Sejarah

Namun jika harus memilih antara YouTube biasa dan YouTube Kids, tentu YouTube Kids layak untuk dipilih, karena bekerja lebih baik.

YouTube biasa memang memiliki fitur mode terbatas. Namun fitur tersebut tidak bekerja dengan baik, karena konten negatif masih bisa lolos.



Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Avatar

    Coba deh youttube kids kebetulan ane punya adik kecil kadang kadang dia nonton videonya calon sarjana kan berabe tuh walaupun iya banyak yg positif tapi ada yang negatifnya apalagi nonton video games yang banyak tosixnya lak berabe 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *