Internet

Focus, Fitur Baru Instagram yang Dapat Mempertajam Objek Utama Foto

Focus, Fitur Baru Instagram – Ketika Facebook sedang mengalami keguncangan, Instagram justru terus berjalan dengan melakukan terobosan-terobosan baru agar penggunanya semakin betah dan nyaman.

Baru-baru ini, perusahaan yang diakuisisi Facebook pada tahun 2012 itu, meluncurkan fitur Focus, yaitu fitur yang dapat mempertajam objek utama foto dan mem-blur bagian belakang.

Fitur Focus

Fitur baru Instagram yang satu ini, besar kemungkinan hanya akan dinikmati sebagian orang saja, khususnya di Indonesia.

Hal tersebut cukup beralasan, karena Instagram hanya memberikan akses focus kepada pengguna iPhone SE, 6S, 6S Plus, 7, 7 plus, 8, 8 Plus, dan iPhone X.

Adapun untuk pengguna Android, Instagram belum menyebutkan merek manakah yang nantinya akan mendapatkan akses focus.

Instagram juga menyebutkan, pembaruan terbaru yang di dalamnya terdapat fitur focus baru akan tersedia pada Instagram versi 39.0 untuk pengguna iOS dan Android.

Cara Menggunakan Fitur Focus

Untuk Anda yang saat ini sudah menggunakan iPhone. Instagram sudah memberikan penjelasan, bagaimana cara menggunakan fitur focus.

Dan berikut ini cara-cara yang sudah dijelaskan oleh Instagram:

Loading...

1. Saat Anda membuka kamera, Anda akan melihat “Focus” di samping “Superzoom” dibawah tombol rekam.

2. Ambil swafoto, maka Anda akan melihat orang (Anda) tetap fokus, sementara latar belakangnya kabur.

3. Ketuk untuk mengambil foto atau ketuk dan tahan untuk merekam video.

4. Setelah selesai, Anda dapat menambahkan alat kreatif seperti filter, stiker, dan teks ke foto atau video.

Hasil dari fitur focus:

fitur baru instagram

Fitur Baru Instagram Lain yang Sedang Digarap

Selain fitur focus, Instagram juga sedang menggarap beberapa fitur lain, di antaranya adalah:

1. Mention

Fitur baru Instagram yang satu ini adalah mention. Mention sudah selesai digarap dan bisa dinikmati oleh pengguna iOS.

Untuk menggunakan fitur mention cukup mudah, Anda hanya butuh mengambil foto atau video. Setelah itu, silakan ketik nama akun yang ingin dilampirkan dalam foto atau video. Kemudian, Anda bisa membagikannya kepada orang lain.

2. Mengunduh data akun

Fitur baru Instagram selanjutnya adalah mengunduh data yang ada pada akun. Kabar ini didapatkan dari TechCrunch, di mana Instagram dalam wawancaranya menyebutkan, data-data yang dapat diunduh mencakup foto, video dan pesan.

Alasan sederhana mengapa Instagram menggarap fitur ini adalah sebagai backup data bagi para penggunanya. Adapun untuk informasi lebih lanjut, Instagram berjanji akan memberikan informasi dalam waktu dekat.

3. Nametags

Kabar kehadiran nametags yang merupakan fitur baru Instagram ini juga didapatkan dari TechCrunch. Dalam laman resminya, TechCrunch menyebutkan, fitur nametags ini dapat mempermudah orang untuk mempromosikan akun Instagram mereka secara visual.

Nametags ini nantinya akan menggunakan kode QR dalam pengoperasiannya. Para pengguna Instagram pun ketika menggunakan nametags dapat menyelipkan emoji dan berbagai macam latar belakang.

Sampai sekarang masih belum jelas, kapan nametags akan diperkenalkan oleh Instagram. Namun yang jelas, fitur ini sedang digarap agar para pengguna makin betah dan nyaman dalam menggunakan Instagram.

Kesimpulan

Berbagai macam terobosan yang dilakukan Instagram, tak lain dan tak bukan untuk menancapkan kuasa mereka atas para penggunanya agar semakin dicintai.

Jika Instagram tidak melakukan hal tersebut, bisa jadi mereka akan kalah saing dengan aplikasi lain, seperti Snapchat, Vero, dan beberapa aplikasi lainnya.

Jadi, kita tunggu saja terobosan-terobosan baru yang akan mereka buat dan hadirkan untuk para penggunanya.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button