Bisnis OnlineUlasan Bisnis

Fokus Bisnis Itu Bukan Tentang Hutang Bank

Pengusaha pemula sangat disarankan untuk  fokus bisnis pada usaha yang sedang dirintisnya, seperti cara marketing dan promosi, bukan fokus dalam hutang untuk memperbesar permodalan.

Modal merupakan masalah yang mendasar dan alasan klasik para calon pengusaha, maupun pengusaha pemula, Pelajaran utama yang menjadi keharusan bagi pengusaha pemula adalah bagaimana bisa fokus bisnis yang meliputi, bagaimana mendapatkan modal duit, memulai dari kerjasama dengan orang lain atau menjalin patner kerja.

Beberapa Hal Penting Mengenai Fokus Bisnis Pengusaha Pemula

Seperti yang saya bahas diatas, beberapa hal yang teramat penting untuk diperhatikan dalam fokus bisnis untuk para pengusaha pemula, antara lain sebagai berikut.

Fokus Bisnis

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Modal

Banyak kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha pemula dalam urusan permodalan, yaitu dengan memperbesar hutang bank untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintisnya.

Dengan harapan banyak modal yang dimiliki maka akan mempercepat usahanya berkembang, dengan mengabaikan bahwa modal yang didapatkan adalah dengan hutang bank.

Hutang Bank itu berarti anda harus mau berbagi keuntungan, tanpa menimbang bahwa usaha itu ada pasang surut yang terjadi, saat rame bisnis yang dilakukan itu tak jadi soal, namun saat keadaan bisnis Anda sepi maka mau tidak mau, bunga pinjaman harus dapat Anda bayarkan.

Loading...

Tentu hal ini bukan mempercepat perkembangan bisnis yang sedang berjalan namun menjadi faktor yang memperlambat usaha Anda untuk bisa berkembang.

2. Mulailah Menjalin Hubungan Dengan Orang Lain

Hal yang sangat dianjurkan untuk pengusaha pemula adalah tentang bagaimana mendapatkan patner kerja yang mau menjadi investor untuk permodalan, cara ini tentu lebih baik daripada mendapatkan modal dengan cara hutang bank

Bergabunglah dengan orang yang mempunyai usaha sejenis dengan usaha Anda, dengan tambah teman pengusaha yang sama, akan terbuka peluang untuk menjalin hubungan sebagai rekan bisnis.

Buatlah kerjasama menarik seperti meminta permodalan dalam bentuk barang dan membagi keuntungan, buatlah mereka menjadi penyuplai barang dan minta tempo untuk pembayaran, cukup adilkan?

Kesalahan Fokus Bisnis Adalah Berprilaku Konsumtif

Inilah salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pengusaha pemula yaitu berprilaku konsumtif, bukan memanfaatkan uang dari keuntungan untuk menambah modal tapi malah untuk membeli sesuatu yang sifatnya belum dibutuhkan.

Sebagai contoh perilaku konsumtif, seperti mengganti hp lama dengan hp yang baru, mencicil mobil baru dan pola hidup baru, kalau ditanya pakai apa untuk membeli atau mencicil semua itu? kan masih ada keuntungan dari usaha.

Harusnya keuntungan usaha untuk memutar kembali ke modal namun yang terjadi adalah habis dalam hitungan minggu atau bahkan bulan. Dengan kesalahan ini, maka yakinlah bisnis Anda akan berjalan ditempat atau bahkan mengalami kebangkrutan, karena kurang mampu mengatur permodalan.

Solusi Agar Fokus Bisnis Bagi Pengusaha Pemula

Tentu ada ilmunya untuk tetap fokus bisnis, sama halnya Anda ingin pergi ke suatu tempat, Anda memerlukan kendaraan untuk sampai, ketrampilan menyetir dan petanya.

Tanpa itu semua, Anda akan terus coba-coba dalam bisnis yang dijalani dan beresiko kesasar. Pilihlah bisnis dengan perputarannya cepat, atau tanamkan keuntungan yang didapat ke bisnis yang sudah berjalan.

Lebih baik lagi sifat konsumtif diganti dengan membeli properti yang menghasilkan uang seperti beli rumah untuk rumah kost, jadi seperti tanam modal ke bisnis properti yang akan menambah penghasilan Anda.

Baca juga : Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana bisa fokus bisnis untuk pengusaha pemula, serta kesalahan yang harus dihindari, semoga bermanfaat untuk bisnis yang sedang Anda jalani.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Agus Eka Prakasiwi

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button