Freelance Writer

Kamu Freelance Writer Pemula? Kenali Jenis-jenis Tulisannya Dulu, Baru Action!

Dengan menjamurnya situs freelancer, tidak bisa dipungkiri bahwa peluang menjadi seorang Freelance Writer semakin besar. Bukan hanya situs freelance, beberapa blog / website yang berisi berita, tutorial, edukasi, atau bahkan cerpen semakin bertambah tiap tahunnya. Alhasil ditahun ini dan seterusnya dijamin populasi Freelance Writer juga bertambah.

Akan tetapi apakah seorang Freelance Writer  diharuskan bisa menulis apa saja sesuai keinginan client? Hanya golongan Freelance Writer Profesional yang bisa melakukannya. Bila kamu pemula, fokus dan pelajari mendalam satu jenis terlebih dahulu. Baru bila sudah mahir pada satu jenis tulisan, beralih ke jenis yang lain.

Dengan bertambahnya kemahiran menulis diberbagai jenis atau bidang, maka peluang di pasar Freelance Writer semakin bertambah. Jadi apa saja jenisnya, ini uraiannya :

1. Jurnalistik

Freelance Writer

Jurnalistik merupakan jenis tulisan yang berisi mengenai informasi peristiwa yang bertujuan agar banyak orang tahu, baik disertai atau tidak disertai pendapat sang penulis. Dalam jenis tulisan jurnalistik diperlukan sebuah fakta yang kuat, keterangan dari berbagai  pihak atau sudut pandang, kecepatan penulisan, dan penyajian yang menarik.

Ini dia penjabaran kenapa 4 hal di kalimat sebelumnya sangat diperlukan dalam membuat karya tulis jurnalistik :

Fakta yang kuat

Fakta merupakan sebuah kenyataan yang memiliki bukti dan jelas, serta bisa diterima oleh nalar. Sangat disayangkan mengingat beberapa Freelance Writer  juga pernah dituntut oleh client  untuk menulis berita HOAX. Dengan Fakta yang kuat inilah sebuah tulisan jurnalistik bisa dibuat, memberikan manfaat, dan tidak membuang waktu bagi pembaca.

Keterangan dari berbagai pihak atau sudut pandang

Keterangan merupakan suatu pernyataan yang timbul akibat adanya fakta. Biasanya keterangan dari orang yang satu dengan orang yang lain berbeda.  Untuk mendukung fakta maka diperlukanlah sebuah keterangan. Biasanya keterangan memiliki bentuk : kalimat penjelas, kaliamat pernyataan, kalimat sanggahan,dan kalimat yang lain. Minimal keterangan bisa ditulis sesuai kehendak penulis.

Loading...

Kecepatan Penulisan

Dalam menulis suatu tulisan jurnalis, kecepatan penulisan sangat diperhitungkan. Bagiamana bila suatu informasi itu baru dimunculkan ketika masa boomingnya hilang ? Dijamin tidak ada yang membaca karena informasi tersebut sudah tidak diperbincangkan lagi. Maka dari itu waktu untuk menulis dan peluncuran hasil tulisan juga diperhitugkan.

Penyajian Yang Menarik

Jurnalistik itu luas, meliputi : selebriti, berita nasiona / internasional, gadget, dan yang lain. Dilengkapi gambar yang jelas, bahasa yang mudah dipahami, serta judul yang menarik, dan tidak bertele-tele. Alhasil sang pengguna jasa akan puas dengan karya jurnalistik yang ditulis.

Menulis karya jurnalistik direkomendasikan bagi yang tertarik pada dunia sosial, pergaulan luas, serta rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu seorang Freelance Writer  pada bidang jurnalistik bisa menjadi wartawan freelance untuk media online ataupun offline, bekerja untuk membuat text yang telah dikumpulkan dari wartawan, sebagai kontributor pada televisi. Menjadi seorang penulis lepas dibidang jurnalistik memiliki cakupan yang luas seperti : Berita, Gadget, Fashion, Inspirasi, Wirausaha, Pendidikan, dan masih banyak lagi.

2. Menulis Buku sesuai keinginan client

Freelance Writer

Menulis Buku didunia Freelance  sering disebut juga dengan Ghost Writer. Dalam menulis buku seorang freelance writer  akan diberi arahan oleh client seperti tema, kerangka buku, sumber tulisan, dan yang lain. Beda dengan jurnalistik, menulis sebuah buku tidaklah mudah. Banyak sekali yang harus diperhatikan, seperti :

  1. Kerangka buku (Mulai dari kata pengantar, daftar isi, sub-bab, sumber tulisan,glosarium bila ada,dan penutup buku).
  2. Bahasa yang baku dan tidak baku.
  3. Kalimat efektif.
  4. Keterangan kata yang asing
  5. Gambar yang diperlukan
  6. Dll

Untuk pekerjaan menulis buku di Indonesia sendiri sangat jarang yang diperuntukan bagi para freelancer. Alasanya yaitu menulis buku merupakan hal yang membutuhkan profesionalitas. Sehingga dalam pengerjaannya kebanyakan dikerjakan oleh para kalangan terpelajar.

3. Penerjemah Bahasa Asing

Bila memiliki kemampuan bahasa asing, jangan ragu untuk membuka jasa penerjemah. Banyak lho yang butuh jasa ini mulai dari badan usaha pemerintah, badan usaha milik swasta, mahasiswa,dan masih banyak lagi.

Biasanya seorang penerjemah akan disuruh untuk menerjemahkan suatu dokumen, karya tulis, atau bahkan subtittle pada film. Namun perlu di ingat bahwa tidak semua kata di berbagai bahasa bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Jadi mau tidak mau harus memberi catatan untuk mengilustrasikan suatu kata yang tidak ada dalam bahasa Indonesia.

4. Menulis Review

jasa review

Menulis Review berarti mengulas suatu produk attau jasa  berdasarkan pengalaman seorang penulis. Tulisan review harus jujur dan tidak boleh membohongii pembaca.Karena bisa merusak reputasi sang penulis review, perusahaan yang meminta jasa review, bahkan pengguna produk yang direview.

Apakah susah menulis review? Tidak juga. Misalnya kamu adalah seorang penggemar gadget terbaru, lalu kamu dimintai atau menawarkan jasa review produk gadget tersebut di toko online X. Kamu tinggal nulis apa adanya alias jujur. Akan tetapi saat ini banyak juga yang menyalahi aturan seperti perusahaan X meminta seorang penulis untuk mereview produk gagalnya agar meraih untung.

Hasil tulisan bisa langsung dikirim ke client, di upload ke website atau blog milik client atau bahkan blog pribadi milik freelance writer (dengan catatan blog tersebut ramai pengunjung). Beberapa client sering kali mengirimkan sampel produk kepada freelance writer agar si penulis tahu betul apa yang akan direview. Mana mungkin seorang penulis review tidak pernah mencoba suatu produk terlebih dahulu sebulm menulis reviewnya.

5. Creative Writing

Dalam jenis tulisan yang satu ini diperlukan sebuah imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Cocok bagi para penulis novel, cerpen, naskah film / drama, puisi, dan yang lainya.  Untuk creative Writing bisa dibagi menjadi dua jeis yaitu untuk kategori fiksi maupun kategori non fiksi.

Bila kamu seorang yang mahir dalam dunia tulisan imajinatif, kamu bisa menjadi pengisi di majalah, koran, penerbit buku, stasiun televisi, media elektronik, dan masih banyak lagi. Yang jelas dalam Creative Writing diperlukan keahlian berfantasi dan memainkan kata-kata.

6. Copy writing

 Jenis tulisan yang satu ini bukanlah meng-copy paste lalu melakukan editing untuk menghasilkan karya tulis. Sebenarnya Copy Writing merupakan tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu barang atau jasa. Berbeda dengan menulis review, Copy Writing lebih bertujuan  pada terjualnya produk atau jasa yang ditawarkan.

Indikator utama keberhasilan dari penulisan Copy Writing  yaitu terjualnya suatu produk atau jasa. Banyak sekali kebutuhan perusahaan pada jasa copy writing seperti pembuatan brosur, naskah iklan baik offline atau online, dan yang lain.

Keenam diatas merupakan beberapa contoh dari jenis-jenis tulisan yang sering dibutuhkan oleh client terhadap jasa freelance writer. Masih ada beberapa penjelasan yang belum lengkap, bagi kamu yang akan melebarkan sayap didunia freelance writer tidak usah menguasai semua jenis tulisan. Yang paling utama adalah mendalam pada satu jenis tulisan. Alhasil akan meningkatkan branding  kamu selaku freelance writer pemula.


Loading...

Bagikan

Sali

Penulis

Seorang pelaja yang suka ngeblog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *