Peluang usahaTekno

8 Keahlian Khusus Freelancer Paling Banyak Dicari di Indonesia (Most Wanted)

Job Freelancer Paling Banyak Dicari – Freelancer merupakan pengertian dari “Pekerja Lepas”.  Kenapa disebut “Pekerja Lepas”? Karena tidak memiliki bos yang tetap, job yang diberikan berubah-ubah frekuensinya (jumlahnya), tidak memiliki kantor tetap, bisa bekerja pada tempat yang menyesuaikan .

Dengan semakin berkembangnya era digital, banyak para pekerja kantoran yang memutuskan untuk menjadi Freelancer. Namun untuk menjadi Freelancer yang sukses bukanlah perkara mudah, semuanya perlu dimulai dengan pengorbanan. Baik dalam bentuk modal, bekerja tanpa bayaran, mengobarkan waktu, dan pengorbanan lainnya.

Lantas Freelancer paling banyak dicari apa saja? Di Indonesia sendiri ada beberapa situs lokal yang bisa digunakan oleh para Freelancer untuk menawarkan jasa yang akan diberikan, seperti Sribulancer.com.  Atau bagi kamu yang memiliki keahlian lebih dan memiliki sertifikasi taraf Internasional tidak ada salahnya mencoba situs Freelancer.com.

Untuk Freelancer.com bisa juga mendapat sertifikat secara online dengan mengerjakan test yang diberikan oleh pihak Freelancer.com. Dalan test untuk meraih sertifikat dan pengakuan dari Freelancer.com akan dikenakan baiaya sesuai ketentuan yang tertera.

Lalu bidang keahlian Freelancer apakah yang saat ini paling banyak dicari oleh pengguna jasa Freelance di Indonesia? Dibawah ini penjelasannya :

1. PHP

Freelancer

Keahlian seseorang dalam penggunaan bahasa pemrograman PHP ternyata sangat banyak dibutuhkan. Bahasa pemrograman khususnya PHP merupakan bahasa pemrograman paling banyak digunakan untuk aplikasi berbasis web. Banyak sekali Aplikasi yang kita gunakan menggunakan bahasa pemrograman PHP seperti Facebook, WordPress dan sebagianya yang menggunakan  bahasa pemrograman PHP.

Pemrograman PHP merupakan keahlian Freelancer paling banyak dicari, sebagian besar proyek yang diajukan pada situs freelancer papan atas (Freelancer.com) membutuhkan jasa pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP. Namun saat ini orang-orang yang memiliki keahlian pemrograman PHP sudah semakin banyak. Alhasil persaingan semakin ketat.

2. HTML

Bahasa scripting yang dipakai membuat halaman web sebagian besar HTML. Pengetahuan mengenai HTML  cukup penting bila anda ingin menjadi seorang webmaster profesionak. HTML digunakan untuk membuat teplate websitte, newsletter dan sebagainya.

Bila anda memiliki keahlian dan menjadi pakar tentang HTML, manfaatkan keahlian anda tersebut. Karena ahli bidang HTML adalah Freelancer paling banyak dicari, saat ini banyak orang yang dibutuhkan untuk mejadi webmaster atau administrator web.

3. Desain Grafis

Desain Grafis memang keahlian yang “mahal”. Tidak mungkin seseorang yang memiliki keahlian ini mau dibayar murah. Kenapa desain grafis itu tidak mau dibayar murah? Ini jawabannya :

  • Keahlian mengedit dan mendesain itu membutuhkan cukup lama.
  • Membutuhkan kreativitas tinggi.
  • Proses pembuatan proyek cukup lama.
  • Ketelitian yang cukup tinggi.

Referensi : Menjual Desain Kaos Peluang Usaha Tanpa Modal di Internet

4. Desain Web

Banyak sekali website yang memiliki desain yang menarik. Bisa jadi website yang menarik tersebut merupakan hasil dari web designer. Job ini salah satu Freelancer paling banyak dicari, apabila anda menginginkan untuk menjadi web designer tidak masalah, namun bila tidak memiliki tekad yang kuat dijamin 100% langsung nyerah.

Alasannya??

1. Menguasai HTML, Javascript,dan CSS.

2. Menguasai aplikasi desain grafis seperti Photoshop atau Corel Draw, dan yang lainnya.

Tuntutan seorang web designer memang tidak mudah, karena bila salah satu elemen dari HTML, Javascript,dan CSS salah. Maka akan membuat elemen lain salah juga dan untuk memperbaiki harus dengan teliti.

5. Penulis Artikel

Penulis artikel saat ini sudah banyak dan tidak bisa dihitung jumlahnya. Kenapa banyak? Karena penulis artikel sendiri tidak membutuhkan banyak modal, yang penting ada gadget dan otak. Tugasnya mudah yaitu menulis artikel sesuai keinginan client. Maka dari itu, penulis menjadi keahlian Freelancer paling banyak dicari dan palin diminati.

Apakah untung menjadi seorang penulis artikel? Untung atau tidaknya bisa diukur dari kualitas artikel tersebut, bila artikel tersebut dinilai oleh pengguna jasa bagus, maka pengguna jasa tersebut akan merekomendasikan penulis kepada yang lain.

Referensi : Apa enaknya Menjadi Guest Writer?

Dengan banyaknya seorang penulis artikel saat ini, untuk mendongkrak kepopuleran dikalangan penulis artikel. Direkomendasikan untuk melakukan hal-hal dibawah ini :

  1. Artikel yang dibuat berkualitas.
  2. Memiliki banyak kenalan pengguna jasa.
  3. Membuat promosi, yaitu jasa lebih murah (namun tidak mempengaruhi kualitas).
  4. Memiliki kemampuan lebih dari 1 bahasa.
  5. Memperbanyak wawasan.

Lima point diatas sudah cukup untuk untuk mendongkrak maraknya jasa artikel. Jadi bila ingin menjadi seorang penulis artikel, lima hal diatas harus diutamakan (bila jasa menulis artikel ingin laku keras)

6. Data Entry

Data entry merupakan  pekerjaan memasukan data kesebuah database lewat from online yang sudah disedikan oleh client. Dibeberapa situs seperti Freelancer.com  memperlihatkan bahwa penggunaan jasa Data Entry cukup tinggi.

Pekerjaan ini memang mudah tapi menuntut sebuah kesabaran yang tinggi karena harus teliti, menonton layar lebih lama,dan juga telaten. Karena sifatnya Update, jaringannya juga jangan sampai lelet.

7. Internet Marketing

Saat ini banyak perusahaan besar dan menengah yang menjadi produsen barang / jasa yang memasarkannya melalui Internet. Biasanya profesi Internet Marketing adalah Freelancer paling banyak dicari, namun dituntut memiliki strategi pemasaran secara Online yang baik dan efektif agar promosinya berhasil.

Selain strategi, seorang Internet Marketing juga dituntut untuk memahami E-mail Marketing, PPC (Pay Per Click), Search Engine Marketing, SEO Manangement, dan yang lain.

8. Software Developer

Software Development merupakan pekerjaan yang paling sulit dan mewajibkan pekerja untuk mengeluarkan modal yang cukup besar yaitu gadget yang memiliki performa tangguh. Selain itu sang Freelancer juga dituntut menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman seperti Java, CSS,dan yang lain.

Namun menjadi seorang Software Development memiliki penghasilan yang lumayan. Beberapa situs seperti Freelancer.com, Sribulancer.com para pengguna jasa Software Development memberikan upah minimal RP 750.000,00. Tak heran apabila pekerjaan ini menjadi Freelancer paling banyak dicari dengan penghasilan tinggi.

Bila berkeinginan menjadi Freelancer, jadilah seorang Freelancer sesuai keahlian yang paling menonjol. Jangan dipaksakan untuk menjadi seorang yang ahli pada bidang tertentu karena bayarannya yang tinggi. Akan tetapi tidak ada salahnya belajar untuk mendalami suatu bidang keahlian. So searching your passion!


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang pelajar selama masih ada. Learner till die

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close