Internet

Gambar di Google Images Akan dilengkapi Identitas Pemilik Foto

Google sebagai raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa setiap gambar di Google Images akan dilengkapi dengan identitas si pemilik foto.

Dilangsir dari Venture Beat, Sabtu (30/6/2018) sekarang kreator dan metadata kredit dalam foto akan ditampilkan di Google Images untuk mengetahui kepemilikan gambar tersebut.

Dengan adanya pengumuman Google ini, kreator bisa menyematkan kredit gambar termasuk pemegang hak cipta gambar tersebut.

Sebelumnya, beberapa masalah banyak dialami oleh fotografer karena gambarnya disebarluaskan tanpa memberi kredit atau mencantumkan sumber gambar tersebut,

Bahkan beberapa gambar dikomersialkan atau di distribusikan ulang untuk mencari keuntungan.

Fitur ini dihadirkan Google menyusul berbagai prostes dan kemarahan yang dilayangkan kreator dan fotografer.

Banyak foto dari kreator terpajang di Google Images namun tidak mencantumkan sumbernya, terutama gambar dengan resolusi tinggi.

BacaDituntut Atas Pelanggaran Hak Cipta, Hati-hati Upload Sembarang Konten Gambar dan Video

Saat ini, Google telah bermitra dengan dua organisasi yaitu Center of the Picture Industry (CEPIC). Yaitu sebuah badan yang mewakili 600 agen foto dan pustaka di 20 negara Eropa dan afiliasi di Amerika Utara dan Asia.

CEPIC ini memiliki banyak anggota dari berbagai outlet berita, galeri seni, Getty Images, Reuters, dan Shutterstock.

CEPIC juga bekerja sama dengan IPTC (International Press Telecommunications Council). Yaitu sebuah konsorsium standar yang terdiri dari beberapa kantor berita terbesar di dunia.

Diantaranya adalah BBC, Associated Press (AP), Agence France Presse (AFP), dan New York Times.

Melihat informasi identitas pemilik gambar di Google Images

gambar di Google Images
Sumber gambar : Venture Beat

Untuk dapat mengakses informasi atau identitas pemilik gambar di Google image, pengguna cukup klik tiga titik yang ada di setiap gambar.

Selanjutnya pilih opsi “image credits“, maka sebuah pop-up box berisi informasi kredit foto akan ditampilkan pada layar.

Pihak Google juga bekerja sama dengan CEPIC dan IPTC untuk membuat panduan pada fotografer, agen foto, dan penerbit guna memasukkan informasi hak cipta dan atribusi dalam metadata gambar.

Google akan me-refresh sejumlah properti berbasis pencarian termasuk Google Images untuk penempatan gambar, otoritas halaman web, dan keragaman konten.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

3 Comments

  1. Mantab! saya juga berusaha untuk mengupload gambar yang kita miliki, kalaupun punya orang, saya usahakan untuk mencatumkan sumbernya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close