Internet

Game Tetris Akan Dihapus dari Play Store dan App Store, Kenapa?

Semua orang pasti mengenal Tetris, salah satu game sederhana yang telah melegenda dan tetap dimainkan hingga sekarang. Baru-baru ini, game Tetris dikabarkan akan dihapus dari Play Store dan App Store. Hal ini tentu membuat banyak penggemar game ini kecewa.

Game Tetris yang bakal ditarik tersebut adalah game yang dibuat oleh Electronic Arts (EA). Ada tiga versi game yang akan ditarik, yaitu Tetris, Tetris Premium, dan Tetris Blitz. Kabar ini sendiri diketahui pengguna melalui notifikasi yang muncul ketika game daru dibuka.

Baca juga: 5 Game Jaman Dulu yang Kini Sudah Ada di Android

Game Tetris Akan Dihapus dari Android dan iOS, Kenapa?

Sumber: engadget.com

Menurut laporan Gizmodo, game ini akan resmi dihentikan peredarannya pada 21 April 2020. Nantinya pengguna tidak dapat memainkan game Tetris meskipun saat ini telah mengunduhnya di perangkat pengguna.

Ini tentu berbeda dari game Flappy Bird yang waktu itu meski telah ditarik, pengguna yang sudah mengunduh sebelumnya masih bisa memainkan game ini.

Menurut laporan Gizmodo, banyak penggemar game Tetris yang ada di forum Reddit sangat menyayangkan keputusan ini. Game ini memang memiliki banyak penggemar dengan kesederhanannya. Selain itu, Tetris juga tidak banyak memuat banyak iklan yang mengganggu.

Pihak EA sendiri memang tidak memberikan informasi yang jelas mengenai alasan penarikan game ini dari platform toko aplikasi Android dan iOS. Namun menurut kabar yang beredar, besar dugaan alasannya adalah mengenai lisensi game Tetris yang sebenarnya tidak dipunyai Electronic Arts.

Seperti diketahui, lisensi game Tetris saat ini masih dipegang oleh Tetris Company. Sedangkan lisensi yang dimiliki EA sendiri hanyalah untuk menggarap game tersebut. Terbaru, kerja sama antara kedua belah pihak mengenai lisensi game Tetris dikabarkan telah berakhir.

Tetris Company juga dikabarkan menggandeng perusahaan bernama N3TWORK sebagai pengganti EA dalam pembuatan Tetris terbaru nantinya. Ke depannya, EA mungkin saja masih bisa membuat dan menerbitkan game Tetris lagi, namun yang pasti tidak untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

“Tahun lalu, Tetris Company dan N3TWORK mengumumkan kesepakatan multi-tahun dengan N3TWORK sebagai developer dan publisher eksklusif untuk game Tetris di platform mobile untuk seluruh dunia selain Tiongkok,” ungkap perwakilan dari Tetris Company menurut laporan Gizmodo.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close