Ganti smartphone tanpa ribet

Mau Ganti Smartphone Tanpa harus Ribet? Lakukan 5 Cara Ini

Kebanyakan orang malas ganti smartphone karena harus repot memindahkan ini itu, seperti kontak telepon, email, aplikasi, koleksi foto dan video. Hal ini tentunya menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang tidak tahu cara yang tepat.

Namun untungnya saat ini sudah tidak perlu ribet lagi, sebab sekarang semua bisa dilakukan dengan cepat, tanpa harus membutuhkan kabel dan komputer. Yang terpenting ada koneksi internet.

Tips ganti smartphone tanpa harus ribet

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan pada saat Anda ingin mengganti smartphone baru, agar semua data penting tidak hilang.

Baca jugaCara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Komputer (Hardisk exsternal, Flasdisk, Micro SD)

1. Simpan Kontak Telepon di Alamat Email

Beberapa orang mengabaikan pentingnya email, bahkan beberapa email yang dipasang pada smartphone justru lupa kata sandinya.

Layanan email yang populer dan umumnya digunakan adalah Gmail.
Selain mudah digunakan, Gmail juga memudahkan penggunanya untuk mengakses fitur-fitur lain, seperti, Youtube, Google Drive, Blogger dan yang lainnya.

Selain itu, email memiliki banyak fungsi dan lebih dari sekedar kotak surat. Sebuah akun email dapat menyimpan kontak dan kalender acara bahkan lebih dari itu.

ganti smartphone

Loading...

Ketika memasukkan akun email di smartphone, biasanya Anda sudah bisa mengakses kontak dari akun tersebut.

Untuk menyimpan kontak baru, Anda harus memilih akun email untuk dijadikan akun penyimpanan utama.

Anda bisa mengaturnya di setelan aplikasi smartphone. Karena Android sinkron dengan Google, maka untuk menyimpan kontak di Gmail sangat mudah.

2. Backup Data Secara Berkala

Salah satu fungsi lainnya adalah untuk mengakses layanan cloud. Dalam hal ini, layanan cloud juga berfungsi sebagai tempat menyimpan data backup, termasuk semua aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Android mempunyai pengaturan secara otomatis untuk melakukan backup data. Anda hanya perlu masuk ke akun dan mengaktifkan backup otomatis.

Anda juga bisa mengaktifkan pilihan untuk memulihkan data secara otomatis ketika memasang ulang aplikasi.

3. Mencadangkan Data Aplikasi Pesan

Percakapan di aplikasi pesan terkadang penting bagi seseorang, misalnya obrolan di WhatsApp.

Untuk itu, Anda perlu membuat backup percakapan aplikasi pesan secara berkala. Saat ini semua aplikasi pesan sudah memiliki fitur ini. Silakan backup melalui setelan aplikasi yang Anda gunakan.

Ganti Smartphone

Biasanya terdapat pilihan apa saja yang akan Anda backup. Bisa hanya pesan teks saja, atau termasuk berkas media (foto, video, dan audio) dan dokumen.

Sebagai catatan, pada saat memulihkan berkas media, Anda akan membutuhkan koneksi Wi-Fi karena ukuran berkas biasanya cukup besar.

4. Simpan Foto dan video di Cloud

Kalau Anda tetap ingin memiliki koleksi foto dan video yang ada di smartphone lama, penyimpanan cloud merupakan pilihan paling tepat.

Dengan menyimpan di cloud, Anda tidak hanya bisa mengakses foto lama di smartphone baru. Namun juga di semua perangkat, termasuk komputer.

Ganti Smartphone

Layanan cloud kini menawarkan penyimpanan foto dari kamera secara otomatis. Hampir semua layanan cloud seperti Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, dll memiliki fitur tersebut.

Termasuk aplikasi Google Photo yang menawarkan penyimpanan tak terbatas.

5. Gunakan Aplikasi Manajemen Password

Memasukkan ulang password di setiap aplikasi tentu akan sangat merepotkan, apalagi saat ganti smartphone. Namun saat ini sudah banyak tersedia fasilitas aplikasi menajemen password yang bisa Anda digunakan untuk mengatasi hal ini.

Salah satu manajemen password yang bisa diandalkan adalah lastpass.com. Tersedia versi gratis yang bisa Anda gunakan untuk menampung semua pasword akun Anda tanpa harus repot mengingatnya satu persatu.

Nah, itulah cara ganti smartphone agar tidak harus direpotkan dengan urusan pemindahan data dan aplikasi dari smartphone lama.


Loading...

Bagikan

Muhamad Sobirin

Penulis

Hanya Blogger perantau yang ingin mencari jatidiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *