Tekno

Gara-gara Corona, Huawei Dikalahkan Xiaomi dalam Hal Ini

Huawei adalah salah satu raksasa teknologi dunia yang bergerak di beberapa sektor, salah satunya adalah sektor smartphone. Huawei juga merupakan salah satu merek ponsel paling diminati oleh publik dunia setelah Samsung.

Di tahun 2019 lalu, Huawei menempel ketat posisi Samsung yang berada di puncak dari penguasa pasar smartphone dunia. Namun, akibat sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah AS, ambisi mereka untuk menggeser Samsung harus tertunda karena mereka sudah kehilangan daya tariknya akibat ketiadaan Google di perangkat Huawei.

Baca juga: Mohon Maaf Huawei, Samsung Masih Jadi Raja di Eropa dan Dunia

Huawei Dikalahkan Xiaomi

Sanksi AS atas Huawei sudah sangat memukul bagi perjalanan bisnis mereka. Hasilnya, Huawei mengincar pasar China agar tetap mampu menjaga keberlangsungan bisnisnya. Upaya yang dilakukan Huawei pun cukup manis karena mereka berhasil menguasai pasar smartphone China di tahun 2019 lalu.

Namun di tahun ini, posisi Huawei tak sebaik di tahun 2019, apalagi ketika pandemi Corona mulai menyerang China. Akibat kedatangan Corona, proses pengiriman ponsel dunia pun harus anjlok, dan Huawei menjadi salah satu korbannya.

Dan gara-gara Corona ini, Huawei harus rela posisinya disalip oleh Xiaomi sebagai salah satu vendor ponsel dengan pengiriman terbesar di dunia. Saat ini, ada tiga vendor yang menguasai pengiriman ponsel terbesar di dunia, yakni Samsung, Apple, dan juga Xiaomi.

Berdasarkan laporan dari Strategy Analytics seperti yang dikutip dari Gizchina, pengiriman ponsel Huawei di bulan Februari hanya mencapai 5,5 juta unit saja. Adapun untuk Xiaomi, mereka berhasil mengirimkan 6 juta unit atau hanya berselisih 500.000 unit dari Huawei.

Baca juga: CEO Xiaomi Ucapkan Terima Kasih ke Huawei, Kenapa Ya?

Akibat selisih tersebut, posisi ketiga yang sebelumnya ditempati Huawei pun harus jatuh ke tangan Xiaomi. Dan capaian Xiaomi ini adalah capaian yang cukup positif karena ini merupakan kali pertama mereka berhasil mengungguli Huawei di pasar global.

Adapun untuk Apple yang berada di posisi kedua, mereka berhasil mengirimkan 10,2 juta unit pada bulan Februari lalu. Sedangkan untuk Samsung yang notabene merupakan vendor ponsel nomor satu dunia, mereka berhasil mengirimkan 18,2 juta unit pada bulan Februari lalu.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close