Internet

Geomorfologi Indonesia, Wujud Keanekaragaman Alam Nusantara

Geomorfologi Indonesia – Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Mulai dari daratan, lautan, hingga dari atas ketinggian pun negeri ini tetap mempesona.

Tidak heran memang apabila banyak sekali wisatawan asing datang untuk melihat bagaimana indahnya Indonesia. Berdasarkan data statistik saja, jumlah wisatawan asing dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Semester awal tahun ini tercatat 1,54 juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia atau mengalami peningkatan 12,10% dari tahun sebelumnya.

Geomorfologi Indonesia

Geomorfologi Indonesia
Geomorfologi Indonesia via ariadiprana

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, hampir seluruhnya merupakan hasil dari pembentukan secara alami. Artinya memang alam Indonesia sudah sangat mendukung untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Namun tidak sedikit pula dari tempat wisata Indonesia yang merupakan hasil karya dari manusia, misalkan saja wisata sejarah, budaya, dan juga seni.

Untuk melihat keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, sekaligus untuk mengetahui bagaimana alam di Indonesia ini dapat tercipta, maka salah satu caranya yaitu dengan membedakan berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia berdasarkan geomorfologinya.

Geomorfologi ini merupakan ilmu yang mempelajari bentuk permukaan muka bumi dan proses pembentukannya yang biasanya dibedakan menurut bentuklahan.

Bentuk lahan inilah yang nantinya akan mengelompokkan berbagai destinasi yang ada sesuai dengan karakteristik maupun pembentukannya.

Loading...

1. Vulkanik

Geomorfologi Indonesia
Gunung Rinjani via phinemo

Vulkanik merupakan salah satu bentuklahan yang terbetuk dari adanya aktivitas gunungapi. Aktivitas gunungapi ini tidak hanya terjadi pada saat ini saja, melainkan sejak puluhan juta tahun yang lalu.

Indonesia kita ketahui memiliki ring of fire atau deretan gunungapi yang berjajar dari ujung barat hingga ujung timur.

Salah satu destinasi paling terkenal di Indonesia dari bentuklahan vulkanik adalah Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Letusan dahsyat Gunungapi Samalas pada masa lampau menyisakan Kompleks Gunungapi Rinjani yang terkenal akan pemandangan indah dari puncaknya.

Selain Gunungapi Rinjani, pada kompleks ini juga terdapat Segara Anakan yang dahulunya merupakan sisa letusan yang kemudian terisi oleh air.

Keunikan proses geomorfologi bentuklahan di kompleks Gunungapi Rinjani membuat tempat ini dijadikan sebagai salah satu Taman Nasional di Indonesia.

2. Struktural

Geomorfologi Indonesia
Bukit Barisan via id.wikipedia

Struktural merupakan bentuklahan yang terbentuk oleh adanya pengaruh struktur geologi, seperti adanya patahan maupun lipatan.

Bentuklahan ini sebenarnya sangat berkaitan dengan adanya tumbukan lempeng besar yang ada di Indonesia, terutama untuk bentukan dari patahan.

Menariknya dari geomorfologi bentuklahan struktural ini adalah adanya pembentukan pegunungan, perbukitan, maupun lembah yang cukup berbeda dengan kondisi wilayah disekitarnya.

Di Indonesia yang cukup terkenal ialah Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan ini panjang membentang dari Aceh hingga Lampung di Pulau Sumatera.

Puncak tertingginya adalah Gunung Kerinci yang berada di Jambi dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut.

Pembentukannya tentu saja berkaitan dengan adanya tumbukan lempeng tektonik Eurasia dan Austraslia di sisi selatannya.

3. Fluvial

Geomorfologi Indonesia
Sungai Kapuas via kompaswisata

Bentuklahan fluvial merupakan hasil dari pembentukan oleh sungai. Baik itu badan sungai itu sendiri maupun daerah di sekitar sungai yang masih atau pernah terpengaruh oleh aliran sungai.

Salah satu karakteristik geomorfologi bentuklahan ini ialah daerah yang subur di sekitar sungai.

Di Indonesia banyak sekali terdapat sungai dengan berbagai ukuran, mulai dari paling besar yang banyak dijumpai di Kalimantan hingga sungai-sungai kecil di berbagai daerah.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang berada di Pontianak, Pulau Kalimantan.

Susur Sungai Kapuas saat ini telah dikembangkan sebagai salah satu alternatif wisata disana, terutama pada malam hari.

Tentu ini menjadi salah satu pilihan menarik mengingat jarang sekali dijumpai tempat wisata di Kalimantan.

4. Solusional

Geomorfologi Indonesia
Goa Pindul via goapindul

Bentuklahan solusional merupakan bentukan dari adanya pelarutan pada suatu batuan. Bentuklahan solusional yang paling terkenal di Indonesia adalah karst.

Berbeda dengan bentuklahan lainnya, pada geomorfologi bentuklahan ini tidak di sembarang tempat di Indonesia dapat dijumpai keberadaannya.

Karst yang cukup terkenal di Indonesia ialah di daerah Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Hampir sebagian besar wilayah Gunungkidul merupakan karst yang terbentuk dari adanya pelarutan batuan.

Tidak heran apabila Gunungkidul banyak menyimpan potensi wisata yang menarik. Salah satunya ialah Goa Pindul yang berhias karst di langit-langit goanya.

Ditambah lagi keberadaan aliran sungai yang melewati Goa Pindul turut menambah eksotisnya tempat ini. Bahkan saat ini Goa Pindul sudah cukup terkenal hingga ke mancanegara sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi.

5. Denudasional

Karangsambung via triptrus
Karangsambung via triptrus

Denudasional merupakan salah satu bentuklahan yang terjadi akibat adanya proses degradasi. Proses degradasi ini biasanya adalah pengikisan atau pelapukan.

Geomorfologi bentuklahan ini banyak dijumpai merupakan gabungan atau berhubungan langsung dengan bentuklahan lain. Sebagai contoh denudasional ialah perbukitan terisolir dan peneplain.

Bukit Jatibungkus, di Karangsambung ialah salah satu contoh geomorfologi bentuklahan denudasional. Bukit Jatibungkus merupakan perbukitan yang terisolir akibat adanya proses pengangkatan di daerah tersebut.

Disana dapat dijumpai beberapa Goa yang cukup menarik untuk dijelajahi, diantaranya yang sudah cukup terkenal adalah Goa Langse.

6. Aeolin

Geomorfologi IndonesiaAeolin merupakan bentuklahan yang terbentuk oleh adanya pengaruh angin. Sama seperti bentuklahan solusional, bentuklahan ini tidak banyak dijumpai di Indonesia. Bahkan di Indonesia saja hanya dapat dijumpai di Yogyakarta saja.

Bentuklahan ini bahkan mendapatkan penanganan khusus dari instansi pemerintah maupun pendidikan mengingat fenomena yang tergolong langka di tempat ini.

Bentuklahan aeolin yang dimaksud adalah gumuk pasir di Parangtritis. Pembentukannya ialah pasir dari Gunungapi Merapi yang terbawa melalui aliran sungai ke pantai selatan dihempaskan kembali ke daratan oleh angin selatan.

Akibat proses yang intensif maka terbentuklah gumuk pasir yang cukup luas di sekitar pesisir pantainya.

Saat ini gumuk pasir bahkan telah menjadi objek wisata yang cukup terkenal, salah satunya ialah dijadikannya sebagai tempat olahraga sandboarding.

7. Marin

Geomorfologi Indonesia
Raja Ampat via youtube

Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia merupakan wilayah yang berupa bentuklahan marin.

Geomorfologi bentuklahan ini merupakan hasil pembentukan akibat adanya pengaruh aktivitas laut, baik itu gelombang, arus, dan pasang surut air laut.

Hal ini memang wajar mengingat sebagian besar wilayah Indoneisa adalah wilayah kepulauan yang berbatasan langsung dengan laut.

Dari sekian banyak geomorfologi bentuklahan marin yang ada di Indonesia, salah satunya ialah pantai di Raja Ampat.

Gugusan pulau pada perairan di timur Indonesia ini sangat terkenal hingga ke level dunia. Bahkan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi terbaik di Asia yang wajib untuk dikunjungi.

8. Glasial

Geomorfologi Indonesia
Puncak Jaya via youtube

Glasial merupakan bentuklahan yang terjadi akibat adanya pergerakan es. Artinya salah satu syarat bentuklahan ini ialah keberadaan es itu sendiri.

Biasanya bentuklahan glasial erat kaitannya dengan keberadaan gletser atau pembentukan es pada permukaan tanah.

Indonesia merupakan negara tropis, namun negeri ini tetap memiliki geomorfologi bentuklahan glasial ini. Ialah gletser carstensz yang berada di Puncak Jaya, Mimika, Papua. Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia.

Tingginya Puncak Jaya membuat suhu disana sangat dingin, bahkan sampai mampu terbentuk gletser. Namun akibat adanya pemanasan global, saat ini keberadaan gletser ini sangat terancam dan jumlahnya pun semakin sedikit.

9. Organik

Geomorfologi Indonesia
Taka Bonerate via ringkaskata

Sedikit berbeda dengan bentuklahan lainnya, kali ini Organik merupakan bentuklahan yang terjadi akibat adanya pengaruh organisme. Organisme yang dimaksud ini dapat berupa flora maupun fauna.

Biasanya bentuklahan ini terbentuk pada daerah yang benar-benar masih alami dan jarang dijamah oleh manusia mengingat hasil bentukkannya yang tergolong rapuh dan mudah rusak.

Salah satu contoh paling mudah dari geomorfologi bentuklahan organik ini ialah terumbu karang.

Dari sekian banyak surga bawah laut di Indonesia, mungkin Taka Bonerate di Sulawesi Selatan termasuk dalam daftar terdepan yang wajib dikunjungi.

Taka Bonerate menyuguhkan keindahan karang bawah laut dengan perairan yang sangat jernih. Bahkan disana terdapat pulau karang terluas ke 3 sedunia yang jarang orang ketahui.

10. Antropogenik

Geomorfologi Indonesia
Candi Borobudur via labirutour

Antropogenik merupakan salah satu bentuklahan yang paling berbeda dengan geomorfologi bentuklahan lainnya. Bentuklahan ini sudah dimasuki oleh campur tangan dari manusia.

Artinya segala bentukkan lahan yang terbentuk oleh pengaruh dominan manusia merupakan bentuklahan antropogenik.

Bentuklahan yang terakhir ini tentu juga banyak dijumpai di Indonesia. Salah satu yang direkomendasikan sebagai alternatif destinasi wisata ialah Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Peninggalan ajaran agama Hindu ini merupakan candi terbesar yang ada di Indonesia. Selain memiliki arsitektur yang tergolong unik dan rumit untuk dibangun pada masa pra sejarah

Candi ini juga menyimpan banyak misteri melalui relief-relief yang tergambar di dinding Candi Borobudur. Candi ini saat ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang wajib dijaga kelestariannya.



Loading...

Baca selengkapnya

Agung Hidayat

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *