in

Gili Labak, Keindahan Surga Kecil yang Tersembunyi di Madura

Gili Labak, Wisata Gili Labak, Keindahan Gili Labak

Gili Labak, ketika kamu mendengar kata ini kamu pasti mengira bahwa pulau ini berada di Papua atau di Lombok. Namun ternyata Pulau indah ini berada di sudut pulau Madura. Sebagian orang tidak menyangka, Madura mempunyai pulau seindah ini. Pulau ini berada di Sumenep ujung dari pulau Madura. Tak hanya indah Pulau Gili Labak, surganya Menyelam.

Jarak yang tidak jauh dari Surabaya membuat Gili ini mudah di akses. Tak hanya itu keindahan Jembatan Suramadu juga menjadi nilai plus dari wisata ini. Jarak Surabaya ke wisata ini sekita 166 km saja.

Gili ini memang tengah hits dan menjadi salah satu destinasi wisata pulau yang tersembunyi. Kegiatan yang bisa kalian lakukan selain bermain di pantai juga menikmati keindahan bawah laut Gili Labak Madura kamu juga dapat menyelam (snorkeling)  di sekitar pulau kecil ini.

Gili Labak, Keindahan Gili Labak, Wisata Gili Labak
Gili Labak via Instagram @seftyane_lin

Fasilitas di Gili Labak

Pulau Gili ini terletak di kecamatan Talang, kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Untuk fasilitas pada pulau Gili ini adalah penginapan, kamar mandi, musholla, toko ataupun warung penjual makanan. Disini juga menyediakan gazebo untuk kamu duduk bersantai. Tak hanya itu gili labak juga menyediakan penyewaan alat menyelam..

Keindahan Gili Labak

Keindahan tempat wisata Gili ini salah satunya karena pasir putihnya yang bersih dan halus. Apalagi tipikal pantai di Madura tidak terlalu berbahaya dengan ombak yang besar seperti di pantai selatan. Kamu bisa dengan aman bermain seharian di Gili ini atau menyelami keindahan pesona terumbu karang di Gili Labak Madura.

Gili labak Madura kini menjadi trending dan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Pulau indah Gili ini tidak terlalu luas, hanya seluas lapangan sepak bola saja. Tak heran jika wisata ini beberapa tahun ini mulai muncul.

Airnya yang jernih, membuat kita bisa melihat biota-biota laut dengan mata telanjang. Tak hanya itu kita dapat melihatnya sambil menyelam.

Gili Labak, Wisata Gili Labak, Keindahan Gili Labak
Gili Labak via Instagram @samueliswardhana

Keindahan Pantai ini  tak berbeda jauh dengan keindahan di pantai Raja Ampat Papua. Kamu tidak perlu diving untuk menikmati keindahan pesona bawah laut Gili Labak. Tak jauh dari pesisir pantai kamu sudah dapat snorkeling dan menikmati biota laut Gili Labak Madura

Baca Juga Green Canyon, Danau dengan Keindahan Air yang Kehijauan

Hunting Foto di Gili Labak

Ada beberapa spot yang dapat kamu jadikan tempat untuk foto. Panorama alam bawah laut Gili Labak yang indah seperti  Terumbu karang yang menjadi tempat bermain petak umpet para biota yang lucu dan berwarna-warni ini  dapat kamu jadikan bidikan lensa kameramu.

Tidak hanya itu kamu dapat mengambil foto di hamparan pasir putih yang berada di Gili ini. Keika senja warna langit menjadi jingga. Ada beberapa pohon yang sudah tidak ada daunnnya tempat ini juga bagus untuk kamu jadikan bidikan lensa kameramu berikutnya.

Gili Labak, Hunting Gili Labak, Wisata Gili Labak
Gili Labak via Instagram @pixel.traveller

Peta dan Akses  Lokasi Menuju Gili Labak

Ada beberapa cara untuk menuju lokasi wisata ini, pertama melewati Pelabuhan kalianget. Rute ini sering digunakan oleh para wisatawan karena tempat ini tidak jauh dari Kota Sumenep . Jarak yang ditempuh dari tempat ini ke GILI sekitar 10 Km.

Yang kedua melalui Desa Lobuk. Walaupun pelabuhan di desa ini kecil. Namun jalan ini juga diminati oleh wisatawan dari luar kota sumenep.  Dari desa Bluto kamu belok kanan jalan lurus kamu akan menemukan dermaga Desa Lobuk. Kemudian naik perahu untuk menuju Gili ini. Meskipun

Yang Ketiga melalui Desa Kombang, Rute dari Desa Kombang ini adalah Rute yang paling singkat. Untuk sampai sini kamu harus menuju ke kalianget sumenep dari terminal lalu menuju ke Talango kemudian sampai dermaga Kombang. Lalu naik perahu untuk sampai di Lokasi.

Harga Tiket dan Jam Buka Gili labak

Biaya penyebrangan menuju tempat wisata ini berbeda beda tergantung jenis kapal yang digunakan. Misalnya untuk kapal dengan berat 10 ton biaya sewanya adalah Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Kapal dengan berat 15 ton dan berkapasitas 60 orang, dibanderol Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Adapun kapal penyebrangan dari kalianget ke gili labak biayanya lebih murah yaitu sekitar Rp500 ribu sekali jalan.

Namun kapal ini ukuranya lebih kecil dibandingkan yang sebelumnya.  hanya cukup di isi 8 – 10 orang saja. Jadi biaya ke gili labak per orangnya berkisar Rp 80 ribuan per orang. Jadi kamu hanya membayar ongkos perahu. Tidak ada tiket masuk. Jam buka dari tempat wisata ini 24 jam dan setiap hari.

Tips Berlibur ke Gili Labak

Tips berlibur ke Pulau Gili Labak dari saya adalah persiapkan semua hal yang kamu butuhkan , cek kendaraan yang akan kamu bawa agar tidak terjadi apa-apa dijalan. Jangan lupa membawa kamera karena kamu pasti ingin mengabadikan beberapa moment disana.

Siapkan juga perlengkapan kesehatan seperti obata-obatan untuk antisipasi. Jangan lupa juga membawa peralatan mandi seperti sabun. dan sikat gigi. Yang paling terpenting saat liburan adalah menyiapkan fisik anda agar ketika pulang kamu tidak sakit.

Jika kamu menginap jangan lupa membawa selimut karena penginapan yang disediakan di Gili ini biasanya hanya beralasan karpet dan kasur jadi kamu harus membawa selimut. Sediakan uang Rp 10.000 untuk membeli air tawar karena air yang berada di penginapan Gili asin.

Jangan lupa juga membawa senter karena di sini penerangannya hanya pada malam hari. Dan itupun memakai diesel. Jangan lupa membawa colokan atau Power bank jika kamu tidak ingin Baterai Hpmu habis. Namun sekarang sudh tersdia Resort disekitar Gili ini. Namun tidak banyak. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Author mskece99

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0