Categories: Artikel Adsense

True Story : Susahnya Untuk Diterima Google Adsense Full Approved

Syarat mudah untuk di terima google adsense mungkin tidak berlaku bagi saya. Betapa tidak sampai sekarang ini sudah di tolak sampai 3 kali dengan berbagai alasan dari pihak google adsense, mulai dari menyalahi aturan kebijakan adsense (Tos) lah atau menerima email kalau konten anda belum memadai, begitu kira kira garis besar isi emailnya.

Jadi saya menganggap bahwa mendaftar google adsense itu sama sekali tidak mudah seperti yang orang orang sudah tulis dalam blog mereka masing masing, atau mungkin saja saya kurang beruntung dalam hal ini. Banyak syarat yang harus di penuhi untuk mendapatkan full approved google adsense.

Salah satunya mendaftar adsense melalui blog, termasuk dalam kriteria yang paling sulit saat ini di banding mendaftar adsense melalui youtube. Tidak seperti dulu yang dengan mudah mendapatkan akun google adsense, mungkin di karenakan anggota publisher adsense yang sudah terlalu banyak.

Jadi untuk mendapatkan akun adsense non hosted semakin sulit. Untuk mengetahui perbedaan akun adsense bisa baca : Perbedaan Akun Google Adsense Hosted Dan Non Hosted

Pengalaman pribadi

Ini sekedar pengalaman pribadi saya saja, betapa sulitnya untuk di terima google adsense melalui blog, biasanya yang menjadi momok para blogger adalah tahap review blog, pada tahap ini para blogger menunggu dan berharap harap cemas akan hasil di terima atau di tolak nya permohonan akun adsense full approved.

Tidak banyak orang yang cukup bersabar untuk ìtu, butuh waktu untuk membuat sebuah konten yang sekiranya menjadi artikel yang di sukai google (walaupun itu bukan syarat yang mutlak) Tetapi setidaknya dapat membuat artikel yang berkualitas.

untuk itu sebenarnya buang jauh jauh kesan terburu-buru dalam pengajuan akun adsense. Apa alasannya? kalau belum bosan membaca, silahkan di lanjut….

Apa sih tujuan awal menulis blog?

Kembali ke masalah google adsense. Sebenarnya apa sih tujuan awal menulis blog? Sebagian orang berpikir kalau sudah bisa buat blog dan di daftarkan ke google adsense lantas mendapat uang?  Ya cara berpikir seperti ini yang saya yakin ada dalam benak masing-masing blogger.

Bisa di bilang hampir 70 % ke atas berpikiran yang sama, yaitu bagaimana caranya kita mendapatkan uang dari blog..Saya pun lantas berpikir demikian, kalau cepat-cepat di daftarkan adsense, tentu kita akan cepat pula untuk mendapatkan uang.

Nah, dari cara pandang yang sedemikian, saya pun akhirnya sadar setelah ada penolakan dari google adsense, ternyata konten dari blog saya kurang memadai, karena terburu-buru di ajukan pendaftaran.

Satu hal lagi yang paling membuat saya jadi malu sendiri,… Bagaimana saya menghasilkan uang, jika pengunjung blog saya adalah saya sendiri.

Blog miskin konten

Bagi yang punya pengalaman seperti saya karena di tolak google adsense, seharusnya kita sendiri yang sadar. Mengapa kita di tolak adsense? Jawaban saya hanya satu (selain tidak melanggar kebijakan adsense) karena blog masih miskin apalagi untuk di daftarkan adsense.

Jika ingin tahu arti Blog miskin anda bisa baca yang di bawah ini.
Perkaya Blog anda dengan konten agar jangan di “cap “miskin

Prioritas ke Trafik pengunjung

Saya memaklumi dengan di tolaknya permohonan google adsense , berarti saya harus segera membenahi blog saya dan mengisinya dengan lebih banyak posting lagi. Dan yang paling penting adalah berpikir bagaimana cara mendatangkan trafik pengunjung, agar tidak saya sendiri yang setiap hari mengunjungi blog saya.

Dan yang paling penting adalah berpikir bagaimana cara mendatangkan trafik pengunjung,agar tidak saya sen diri yang setiap hari mengunjungi blog saya.

Jelas sekali bahwa mendapatkan uang dari google adsense jika halaman iklan dari google tersebut di klik oleh pengunjung, kalau tanpa pengunjung dari mana hasil uang kita? Ya benar..prioritasnya adalah pengunjung terlebih dahulu, bagaimana cara mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita?

Selain mempelajari SEO (Searh Engine Optimation), kita harus memperbanyak posting. Jadi jika seseorang beranggapan bahwa menulis posting adalah sebagai tunas uangnya, maka dia akan mendapatkan berlipat semangat. Karena di dalam benaknya yang terpikir adalah uang.

Mungkin hanya sebagian orang saja yang berfikir demikian, sebagian lagi berfikir kalau dia senang berbagi, dan membagikan hal hal yang bermanfaat ke orang banyak.

Traffik pengunjunglah yang menjadi penentu, jika sudah mulai mendapatkan trafik sudah barang tentu pula bahwa konten atau isi posting blog kita cukup memadai untuk di daftarkan ke google adsense. Jika sudah demikian, maka alasan untuk di tolak google adsense adalah mustahil, terkecuali kita melanggar kebijakan yang sudah di tetapkan dari pihak google adsense.

Contoh Email penolakan Google adsense

Dari pengalaman ini saya bisa membagikan beberapa alasan, mengapa selalu di tolak google adsense. Di bawah ini adalah contoh email balasan penolakan google adsense.

Situs belum mematuhi kebijakan google

Situs belum mematuhi kebijakan adsense
  • Untuk gambar di atas ini adalah email balasan penolakan dari pihak google adsense, bahwa blog anda belum mematuhi kebijakan (TOS) adsense. Mungkin kita merasa bahwa posting kita baik baik saja tanpa ada yang melanggar.
  • Dalam kasus ini, biasanya di posting anda terdapat link hidup yang menuju ke halaman tertentu. Dalam pengajuan adsense, sebaiknya non aktifkan dahulu link hidup anda, buat sebagai alamat html biasa tanpa ada link langsung.

Konten tidak memadai

Konten tidak memadai

Ada beberapa kasus seperti contoh pada gambar di atas, walaupun anda sudah membuat lebih dari 30 artikel, tetapi sebagian artikel anda banyak di muat gambar, biasanya akan muncul email balasan seperti di atas,” konten tidak memadai”

  • Ini di sebabkan pihak review dari google menganggap bahwa posting blog anda hanya berisi gambar ,walaupun mungkin hanya 2-3 posting yang berisi banyak gambar, saran dari yang sudah berpengalaman sebaiknya simpan dulu dalam draft poting anda yang bergambar.
  • Pihak review dari google adsense lebih mementingkan posting dengan teks, usahakan dalam 1 posting minimal 300 kata. Jumlah posting dalam pengajuan yang bagus adalah 60 posting, jadi anda harus bersabar dulu sambil mencari trafic pengunjung blog anda.

Merevisi konten blog

Sebenarnya banyak sekali yang harus di patuhi dalam pengajuan pendaftaran adsense, anda bisa membaca sendiri (Kebijakan program AdSense) dalam bahasa indonesia. Jika anda tolak pertama kali seperti contoh email di atas, anda bisa mengajukannya kembali setelah ada pembenahan dan merevisi konten dalam blog anda, seperti yang di maksud dalam isi email tersebut.

Ini yang saya bilang susah (sulit) dalam pengajuan akun google adsense full approved, banyak para blogger frustasi hanya karena di tolak pertama kali, padahal kita masih bisa mengajukannya lagi walaupun di tolak berkali kali.

Menurut saya anggap saja sebagai pengalaman… Jangan mudah meyerah jika tujuan utama kita dari pertama adalah membangun blog untuk mendapatkan uang . Karena uang tidak akan datang dengan sendirinya, melainkan dengan usaha keras, seperti layaknya menjadi publisher google andsense. Bagaimana dengan anda?

Original Content By : Maman bardolo

Share
ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Cek Harga Smartphone Terbaru