Internet

Google Akan Memblokir Iklan Flash Di Awal Tahun 2017

Pihak advertiser adsense (pengiklan) sudah tidak bisa lagi mengunggah format iklan Flash, pasalnya pihak google tidak akan memberlakukan iklan flash di browser Google Chrome baik yang berbasis video maupun animasi dan gambar flash pada september 2016 mendatang. (Venture Beat,10/2/2016)

Itu artinya tidak akan ada lagi iklan flash yang selama ini dikembangkan oleh Adobe di google chrome diwaktu yang akan datang. Google sudah mengumumkan akan mengganti flash dengan HTML5 untuk menggantikan fungsi animasi.

Google akan mengganti teknologi iklan flash dengan HTML5 di Google Display Network dan DoubleClick Digital Marketing. Semua pengiklan juga sudah tidak dapat menjalankan flash pada januari 2017, itu batas estimasinya.

Riwayat Teknologi Flash akan jadi kenangan

Google melalui akun resmi Plus milik AdWord juga menyerukan bahwa sangat penting untuk memperbaharui tampilan iklan ke HTML5 sebelum tanggal estimasi. Ini artinya riwayat teknologi flash akan jadi kenangan.

Hal serupa juga pernah di ungkapkan oleh pihak Apple bahwa teknologi flash membuat perangkat menjadi lambat. Semua perangkat Apple sekarang juga tidak menggunakan Flash.

Belakangan ini, sudah banyak perusahaan berbasis internet mulai melarang penggunaan format Flash pada situsnya. Karena format ini diketahui mudah dimasuki oleh berbagai program berbahaya.

Salah satu perusahaan yang paling banyak berkampanye tentang pelarangan penggunaan Flash adalah Google. Pada Januari 2015, YouTube sudah mulai mengganti video berbasiskan Flash dengan HTML5.

Kemudian disusul oleh Facebook yang kemudian mengganti teknologi flash dengan HTML5, alasan yang dikemukakan facebook juga sama bahwa media flash mudah disusupi oleh peretas. Otomatis tingkat keamanan menjadi rentan.

Loading...

Diramalkan penggunaan teknologi flash untuk website tidak akan digunakan lagi 2 tahun yang akan datang, Flash akan menjadi kenangan bagi pengguna browser.

Kelebihan HTML5 dibandingkan Flash

Beberapa keunggulan HTML5 adalah :

  • Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal ( Seperti Flash )
  • Mengatasi kesalahan yang lebih baik
  • Lebih markup untuk menggantikan scripting
  • HTML5 merupakan perangkat mandiri
  • Proses pembangunan dapat terlihat untuk semua basis.

Ini lebih baik dibandingkan dengan teknologi flash yang justru memperlambat waktu loading pada browser, JavaScript yang dipadukan HTML5 semakin mampu mengejar ketertinggalan waktu loading yang lebih cepat.

Browser terbaru sekarang sudah dilengkapi dan support HTML5, jadi tidak memerlukan addon flash seperti Google chrome, anda bisa cek browser versi terbaru yang anda gunakan di http://www.whatbrowser.org/

iklan flash
Source image from http://www.whatbrowser.org/

Jadi pastikan anda telah update browser versi terbaru.

Baca : Fitur Khusus Google Chrome Terbaru Mencegah Link Download Palsu

Penerapan iklan adsense tanpa Flash

Dengan pemberlakuan google untuk tidak menggunakan iklan adsense dengan format ” iklan flash” diharapkan agar setiap halaman blog yang memasang kode script adsense bisa diakses dengan lebih cepat.

Hal ini juga akan menguntungkan banyak publisher karena beban loading halaman browser menjadi lebih ringan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button