Google Assistant Berbahasa Indonesia

Begini Cara Menggunakan Google Assistant Berbahasa Indonesia

Google Assistant berbahasa Indonesia akhirnya kini sudah resmi bisa sobat nikmati. Hal ini tentu sangat menggembirakan, bagi sobat Indonesia yang sering menggunakan Google Assistant. Sebab dengan Google Assistant berbahasa Indonesia, maka pengguna bisa menggunakan kalimat perintah dengan bahasa Indonesia tentunya.

Kabar SebelumnyaKeren ! Google Assistant Akan Bisa Diajak Ngobrol dengan Bahasa Indonesia

Syarat Bisa Menikmati Google Assistant Berbahasa Indonesia

google assistant berbahasa indonesia
via playstore

Dilansir dari Kompas.com, (2/4/2018). Ada pun syarat pengguna untuk bisa menikmati Google Asisstant berbahasa Indonesia ini adalah  smartphone yang digunakannya harus sudah dioperasikan dengan sistem operasi Android Lolipop 5.0 atau iOS 9.1 keatas.

Umumnya memori smartphone yang digunakan pun harus minimal 1,4 GB dengan resolusi layar minimal 720 p. Selain itu untuk dapat menikmati fitur berbahasa Indonesia tersebut, sobat juga diwajibkan untuk memperbaharui aplikasi Google Searchnya pada versi terbaru.

Setelah itu sobat bisa menyetel bahasa pada smartphone dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Mengaktifkan Layanan Google Assistant

Setelah sobat yakin bahwa smartphone telah memenuhi persyaratan di atas, maka langkah selanjutnya harus mengaktifkan layanan Google Assistant, yaitu sebagai berikut :

  • Langkah pertama silahkan sobat buka aplikasi Google.
  • Saat layar aplikasi Google sudah muncul, selanjutnya sobat lihat pada akses pilihan menu yang ditandai dengan lambang 3 garis yang sejajar. Kemudian pilihlah akses Settings yang umumnya berada di bagian atas sebelah kiri.
  • Jika sobat sudah masuk pada menu tersebut, langkah selanjutnya adalah sobat cari huruf bertuliskan Google Asisstant, untuk kemudian mengaktifkannya.
  • Jika langkah tersebut sudah sobat lakukan. Harap diingat juga untuk mengaktifkan deteksi perintah Ok Google dan juga mengaktifkan pengaturan kunci layar  dengan suara yang telah dicocokan atau yang biasa juga dikenal dengan istilah Unlock with Voice Match.

Lihat video dibawah ini

Loading...

Apabila semua hal di atas sudah sobat lakukan, maka barulah setelah itu bisa berbicara dengan Google Assistant sehingga dapat membantu dalam memudahkan aktivitas online setiap saat.

Dengan memiliki aplikasi Google Assistant maka sobat bisa mengirim pesan, menyetel pengingat, menyetel alarm untuk membangunkan sobat di pagi hari, meminta petunjuk arah, membacakan berita, memutar musik dan lainnya.

Cara menggunakan Google Assistant berbahasa Indonesia

Untuk mencoba layanan Google Assistant berbahasa Indonesia sangat mudah, seperti sebelum-sebelumya.

Caranya, sobat tinggal menekan tombol Home sambil di tahan, atau bisa juga dengan hanya mengucapkan Ok Google pada smartphone.

Maka setelah itu, sobat bisa memberikan perintah tertentu pada Google Assistant dengan menggunakan kalimat perintah berbahasa Indonesia.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang saat ini bisa dilakukan oleh Google Assistant berbahasa Indonesia, sobat tinggal menanyakan padanya dengan kalimat “apa yang bisa kamu lakukan ?”.

Berikut beberapa contohnya seperti yang masih penulis lansir dari Kompas.com.

1. Sebutkan Pancasila

2. Pasang alarm jam 4 pagi

3. Kasih lelucon

4. Cari restoran Indonesia dekat sini

5. Ingetin aku beli jeruk nanti jam 5 sore

6. Bagaimana suara harimau?

7. Telepon ibu

8. Lihat resep nasi goreng

9. Berapa lama perjalanan ke Sentral Senayan?

10. Ada apa hari ini?

11. Putar musik Jazz di YouTube

12. Nyalakan wifi

13. Bacakan horoskop saya hari ini

14. (bisa digunakan dalam waktu dekat) “Dengarkan berita dari Kompas TV, Mahaka Radio Integra, 104.6 MNC TRIJAYA FM, Opini.id atau Sonora.”

Aplikasi yang dilengkapi dengan Google Assisant

Menurut Kompas.com agar manfaat Google Assitant ini semakin bermanfaat dan relevan dengan pengguna di Indonesia. Maka para pengembang lokal disarankan untuk segera membuat aplikasi yang bisa dilakukan melalui platform “Actions on Google”.

Dengan cara tersebut, maka akan semakin banyak aplikasi lokal yang bisa langsung dilengkapi dengan Google Assisant.

Adapun beberapa aplikasi lokal yang saat ini sudah dilengkapi dengan Google Assistant diantaranya adalah Al-Qolam, Joox, Kaskus, Klikdokter, Mobile Legends, Tebak Gambar, dan Vira dari Bank BCA.

Sebenarnya Google Assistant berbahasa Indonesia sudah diluncurkan pertama kali pada Agustus 2017 lalu, yaitu pada aplikasi pesan singkat Google Allo.

Veronica Utami, selaku Head of Marketing Google Assistant Indonesia, berharap Assistant Google ini akan semakin memudahkan aktivitas para pengguna. Hal ini terutama dikarenakan Google Assistant sudah hadir di jutaan smartphone yang ada di Indonesia.

Meski telah digarap selama dua puluh tahun, namun fitur berbasis teknologi Machine Learning (ML) ini, sampai saat ini masih terus ditingkatkan kemampuannya.

Kedepannya, Google pun sudah sesumbar jika asisten digitalnya tersebut akan memiliki kemampuan untuk mempelajari preferensi serta semakin memahami kesukaan maupun hal yang tidak disukai penggunanya dengan semakin akurat.

Semoga saja pengembangan terus dilakukan dengan cara yang baik, rahasia, aman dan terutama sesuai izin para penggunanya.


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *