Google Assistant

Keren ! Google Assistant Akan Bisa Diajak Ngobrol dengan Bahasa Indonesia

Google Assistant kabarnya akan akan gencar dalam mengekspansi layanan, beserta hadware pendukungnya yaitu Google Home. Hal ini dapat diketahui, dari bocoran slide presentasi Google dalam ajang Digital Nesa Initiative (DNI), yang di adakan di Amsterdam, Belanda pada pekan lalu.

Adapun bocoran slide presentasi tersebut, diketahui salah satu peserta DNI yaitu Elger can der Wel, melalui akun Twitter personalnya @elger. 

Dalam slide presentasi tersebut, seperti dilansir dari kompas.com kelihatannya sepanjang tahun 2018 ini, Google memiliki rencana untuk menyediakan Google Assistant dan Google Home di 52 negara dan dalam 25 bahasa, termasuk salah satunya Indonesia.

Jika yang terlihat di slide tersebut benar, maka berarti ada 38 negara baru beserta 17 bahasa baru yang akan didukung Google Assistant dan Google Home.

Namun demikian, belum ada daftar pasti, negara mana saja yang akan kebagian reaslisasi dari rencana tersebut dalam waktu dekat.

Google Assistant
Twitter.com

Adapun yang tampil dalam slide tersebut, sebagian besar hanya menampilkan peta dunia dan area penyebarannya.

Beberapa wilayah yang negara-negaranya akan kebagian meliputi Amerika Selatan, Eropa Barat, dan Asia Tenggara dimana Indonesia termasuk di dalamnya.

Namun demikian, Google belum mengiyakan rencana tersebut ke media masaa secara gamblang. Hanya waktu yang bisa menentukan benar tidaknya rencana tersebut.

Loading...

Tak bisa kita pungkiri bahwa Google Asistant adalah suatu fitur yang sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan di zaman ini.

Lalu apa sebenarnya Google Assistant itu ? Penulis yakin belum semua orang mengenal layanan Google yang sangat canggih ini, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita membahasnya secara gamblang.

Apa Itu Google Assistant

Google Assistant
itunes.apple.com

Google Asistant merupakan Evolusi dari Google Voice Search dan Google Now. Layanan ini pertama kali diperkenalkan Google, saat ajang Google I/O 2016 yang diselenggarakan di Mountain View, Amerika Serikat.

Dimana bersamaan dengan itu, Google juga ikut memperkenalkan Google Home, yang mana keduanya dibuat untuk memudahkan kehidupan sehari-hari bagi masyarakat modern.

Dengan adanya Google Assistant, maka kita seakan sudah memiliki personal Asistant seperti pada film-film sains.  Maka dengan hal ini, kita seakan memiliki seorang sektretaris yang dapat kita perintah hanya dengan berbicara.

Google Assistant, akan menjawab apapun yang ingin tanyakan padanya. Dia akan menjawab dengan sangat baik dan tepat, sesuai pertanyaan spesifik sehingga dapat memperoleh informasi yang benar-benar diperlukan.

Google Assistant ini mempunyai kemampuan untuk memahami context. Saat kita bertanya “Who is Indonesia President?” misalnya, maka saat itu juga Google Assitant akan menjawab Joko Widodo.

Saat jawaban tersebut sudah keluar, maka kita pun bisa bertanya lebih jauh lagi, seputar pak Jokowi.

Namun demikian, saat ini Google Assistant hanya bisa suport dengan bahasa Inggris. Sehingga jika sudah bisa digunakan dengan menggunakan bahasa Indonesia, maka nanti kita bisa dengan mudah bertanya apa saja dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Saat ini, jika sobat bertanya dengan bahasa Indonesia, maka Google Assistant tersebut akan langsung menjawab : “Maaf saya masih sedang belajar bahasa indonesia ….”

Cara Menggunakan Google Assistant di Ponsel Android

Google Assistant

Dengan menggunakan Google Assistant di smartphone, ini akan sangat membantu pengguna saat bepergian jauh atau traveling.

Untuk mengetahui berbagai hal ditempat baru, tak perlu lagi bertanya pada penduduk lokal. Cukup menggunakan Google Assistant, maka dia akan mencari informasi yang di inginkan dengan cepat dan tepat.

Cara mengaktifkan Google Asistant di smartphone, adalah sebagai berikut :
  • Download terlebih dahulu Google Assistant, baik di Google Allo, Appstore, maupun Playstore.
  • Buka Aplikasi Google Allo kemudian verifikasi dengan nomor handphone.
  • Silahkan lengkapi data profilnya, atau bisa juga klik lewati
  • Setelah itu, saat Google Assistant sudah muncul, maka pengguna bisa memulai bertanya berbagai hal dengannya, dengan cara mengklik kemudian berbicara.

Berbagai Hal yang Bisa Kita Lakukan dengan Google Assistant

Sebelum kita menjadikan Google Asistant ini, menjadi layaknya assistant pribadi kita di smartphone kita. Tidak ada salahnya, kita mengenal terlebih dahulu akan berbagai kemampuan yang bisa diberikan Google Assistant ini.

Berikut ulasannya, seperti dikutip dari liputan6.com (24/4/2017).

1. Bisa Membaca Berita

Dengan memiliki  asisten virtual ini, maka kita bisa senantiasa dibacakan berita dengan topik kesukaan kita.

Kerennya lagi, topik yang dibacakannya benar-benar mirip dengan seseorang yang sedang membaca berita, dan tak hanya speech-to-text.

Adapun cara mengaktifkan fitur ini sobat cukup membuka aplikasi Google, kemudian pilih Settings. Baru setelah itu sobat membuka Google Assistants.

Kemudian pilih Settings dan News. Dalam kolom ini,sobat bisa memilih beragam sumber yang kemudian akan dibacakan isi beritanya, setelah sobat memilihnya

2. Dapat Melakukan Beragam Konversi

Dalam Google Assitant sobat bisa menanyakan seputar konversi. Misalnya sobat ingin menanyakan konversi kilometer ke meter dan lain sebagainya.

Selain itu sobat juga bisa menanyakan seputar konversi lain, seperti konversi nilai rupiah ke dolar dan sebaliknya, atau juga untuk mengetahui perbedaan waktu antar negara.

3. Menerjemahkan Kalimat

Uniknya lagi sobat bisa belajar banyak bahasa dengan menggunakan Google Assistant ini. Layaknya Google Translate, sobat bisa mengetahui berbagai bahasa yang ingin sobat terjemahkan.

Contoh sobat ingin mengatahui bahas arabnya putra, maka sobat tinggal bertanya pada asisten virtual ini “Apa bahasa Arabnya Putra ?”.

Maka setelah itu tampilan layarnya akan menampilkan hasil terjemahan, lengkap dengan pengucapannya melalui suara.

Selain sebuah kata, asisten virtual ini juga bisa di gunakan untuk menerjemahkan kalimat sekalipun. Wah cocok banget bagi sobat yang ingin belajar bahasa asing ya ?

4. Mencari File di Aplikasi

Google Assistant ternyata juga bisa digunakan untuk mencari file di aplikasi loh ! Salah satunya dapat digunakan untuk mencari file , di Google Photos.

Dengan asisten virtual ini, sobat bisa mebuka photo hanya dengan menyebutkan waktu pengambilannya, ataupun dengan menyebutkan keterangan yang menyertai photo tersebut.

Aplikasi lain yang dapat dugunakan adalah Meseenger Google, misalnya menyuruh asisten virtual ini untuk membacakan SMS dari aplikasi tersebut. Untuk saat ini, sayangnya layanan ini belum bisa digunakan pada aplikasi pihak ketiga.

5. Memutar Musik dan Video

Dalam hal ini, sobat bisa meminta Google Assitant, untuk memutar musik dari layanan Google seperti dari YouTube atau Google Play Music. Dalam hal ini, perintah yang diberikan pun cukup sederhana, contohnya “mainkan Daft Punk di YouTube.”

Bagaimana keren banget kan Google Assistant ini ? Makanya bagi yang belum memilikinya, segera download dan instal segera dsn tunggu update untuk versi bahasa Indonesia.

Salam kepedulian

Detatang Kamal


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *