Internet

Google Buat Kuburan Aplikasi yang Pernah Ada, Buat Apa?

Kuburan Aplikasi Cenderung Menyedihkan

Google adalah perusahaan teknologi yang didirikan pada tahun 1998. Semenjak berdiri, ada banyak sekali daftar produk Google yang bisa digunakan oleh masyarakat dunia. Dari banyaknya daftar produk Google tersebut, sebagian ada yang masih bertahan dan sebagiannya ada yang dimatikan.

Baru-baru ini, pihak Google pun diketahui membuat kuburan mini untuk beberapa aplikasinya. Kuburan mini yang dibuat ini mewakili aplikasi-aplikasi yang sebelumnya pernah ada yang kemudian dimatikan oleh pihak Google.

Kuburan Aplikasi Buat Apa Google?

Usut punya usut, ternyata kuburan aplikasi yang dibuat oleh Google itu dipersiapkan untuk menyambut Halloween 2019. Hal yang demikian itu terlihat jelas dari adanya empat labu yang menghiasi kuburan mini buatan Google.

Diketahuinya Google membuat kuburan aplikasi ini berasal dari cuitan Dana Fried. Dana adalah pimpinan dari tim pengembang UI untuk Google Chrome versi desktop. Di cuitannya tersebut, Dana menuliskan “Tidak yakin apakah ini seram atau justru menyedihkan?” yang bisa membuat kita tersenyum, sekaligus berpikir manakah yang paling tepat.

Menyeramkan atau Menyedihkan?

Jika menanggapi cuitan Dana Fried, mungkin tanggapan yang paling tepat adalah menyedihkan. Alasannya, beberapa aplikasi yang dimatikan Google tersebut terkadang masih ada yang digunakan. Namun, ternyata pihak Google justru mematikannya.

Google Plus adalah contohnya. Di Indonesia, pengguna platform tersebut juga cukup lumayan, karena beberapa pengguna atau komunitas yang jumlah anggotanya sudah banyak terkadang lebih memilih untuk menggunakan Google Plus.

Namun, banyaknya pengguna di suatu negara bukan menjadi tolok ukur bagi Google, karena acuan mereka adalah pengguna global. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama, ketika aplikasi besutan Google itu gagal bersaing di pasaran, maka mereka akan segera mematikannya.

Baca juga: Daftar Produk Google yang Dimatikan Mencapai Ratusan, Sudah Tahu?

Jika aplikasi-aplikasi yang pernah ada benar-benar dibuatkan kuburan, maka luasnya akan mencapai beberapa meter karena aplikasi yang sudah dimatikan oleh Google mencapai ratusan. Saat ini pun, yaitu tahun 2019, ada delapan aplikasi lagi yang siap disuntik mati oleh Google. Untuk melihatnya, silakan kunjungi Google Graveyard, karena situs tersebut adalah kuburan sesungguhnya bagi aplikasi-aplikasi Google.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close