Dunia InternetInternet

Google Buat Tantangan Bobol Smartphone Pixel dengan Hadiah 14 Miliar Rupiah

Google Tawarkan 14 Miliar Rupiah untuk Hacker yang Bisa Bobol Smartphone Pixel

Bug Bounty Program Google – Belum lama ini Google mengadakan sebuah sayembara Bug Bounty untuk para hacker di seluruh dunia. Tantangan dalam Bug Bounty itu sendiri adalah untuk meretas atau membobol smartphone yang dikembangkan oleh Google bernama Pixel.

Tidak tanggung-tanggung, Google bahkan menawarkan total reward/ hadiah mencapai 1 juta Dollar AS atau setara dengan 14 Miliar rupiah kepada hacker yang berhasil menyelesaikan misi membobol smartphone Pixel.

Tantangan Dari Bug Bounty Program Google

Syarat sayembara Bug Bounty ini sendiri adalah peretas harus menemukan cara untuk melakukan remote code execution yang dapat memberikan akses berkesinambungan ke perangkat Pixel 3 atau Pixel 4.

Google mengadakan sayembara Bug Bounty ini sebagai ajang uji coba sekaligus pembuktian kemampuan chip keamanan Titan M yang tertanam pada smartphone Pixel.

Chip keamanan Titan M ini pertama kali ditanamkan pada smartphone Pixel 3 yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Lalu tidak lama kemudian, chip keamanan yang dikembangkan oleh Google ini juga ditanamkan pada generasi selanjutnya smartphone Pixel, yakni Pixel 4 yang belum lama ini dirilis.

Chip Titan M ini yang ditanamkan pada smartphone Pixel ini memiliki fungsi untuk mencegah upaya peretasan terhadap perangkat smarthphone Pixel. Seperti mengamankan informasi password dan juga mencegah loading Malware.

Tidak hanya menawaran 1 juta Dollar AS kepada para hacker yang berhasil meretas atau membobol keamanan perangkat smartphone Pixel 3 atau Pixel 4. Google juga menawarkan hadiah lainnya untuk hacker yang dapat menemukan celah keamanan dari sistem operasi Android versi Developer Preview.

Tidak hanya itu, Google bahkan juga telah menambahkan beberapa kategori baru di Android Security Reward Program yang telah dimulai sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini. Total hadiahnya pun tidak main-main yakni pada kisaran 500.000 dollar AS atau setara dengan 7 miliar Rupiah.

Baca Juga : Google Rilis Fitur Terbaru Ambien Mode di Google Assistant

Dalam 4 tahun terakhir ini, Perusahaan multinasional ini telah menggelontorkan dana lebih dari 4 juta Dollar AS untuk program Bug Bounty yang mereka selenggarakan.

Bagaimanakah pendapat anda tentang Bug Bounty Program Google ini?. Apakah bentuk pembuktian Google akan keamanan produknya atau memang murni sebuah uji coba keamanan?


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close