Internet

Cara Mengatasi Tampilan Pencarian Google yang Berubah Jadi Jelek Karena Google Custom Search Engine (CSE)

Mengatasi Tampilan Pencarian yang redirect ke Google Custom Search Engine – Di era yang serba teknologi saat ini, penggunaan internet menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Mulai dari browsing, chatting, streaming, dan –ing –ing lainnya yang membutuhkan koneksi internet.

Dalam menjalankan setiap aktivitas tersebut tentunya kita butuh perantara yang menjembatani antara kita dengan apa yang kita butuhkan, yaitu browser. Dengan menggunakan browser, kita bisa melakukan apa saja di internet.

Namun, hal tersebut berubah sejak negara api menyerang..

Eh.. salah, maksud saya semenjak munculnya Google Custom Search Engine.

Apa sih Google Custom Search Engine itu???

Pasti pada penasaran dong dengan istilah Google Custom Search Engine (CSE) ini? Hehe.. Sama guys, berkat masalah yang saya alami ini akhirnya saya jadi tahu Google CSE itu apa.

Google Custom Search Engine adalah tampilan pada halaman pencarian Google yang berubah menjadi tampilan yang sangat-sangat sederhana dan tidak enak dipandang mata. Saya kurang tahu pasti apa penyebabnya, tetapi setelah browsing kesana-kemari mencari alamat.. Dooong Deeengg.. (Ayu Tingting – Alamat Palsu)

Hehe.. Intinya seperti ini guys, Custom Search Engine adalah sebuah search engine yang dipogram untuk sebuah blog atau situs. Jadi, ini semacam trik SEO gitu.. yang dapat meningkatkan trafik dari suatu blog atau situs tertentu.

Ada juga yang mengatakan bahwa Google Custom Search Engine itu muncul gara-gara kita telah menginstall aplikasi tertentu yang mengandung semacam malware di dalamnya.

Loading...

Tapi, apapun itu ketika kamu membuka halaman pencarian Google dan mendapati tampilan yang sangat-sangat sederhana dan tidak enak dipandang mata maka itu artinya browser kamu sudah terjangkit Google Custom Search Engine. Dan URL Google akan berubah menjadi www cse google.com/….., setiap mengetikkan kata di pencarian pasti akan ter redirect ke  Google Custom Search Engine.

Ke situs atau website lain bagaimana? Tenang guys, penyakit ini nggak berpengaruh ke tampilan situs atau website lainnya. Hanya meredirect pada halaman pencarian Google saja.

Ini nih, tampilannya seperti ini:

Google Custom Search Engine

Cara Mengatasi Google Custom Search Engine

Sebel dong pastinya ketika kita melihat tampilan halaman pencarian Google berubah menjadi sangat sederhana? Bahkan menu lainnya seperti Maps, Gambar, Video, Berita, dan lain sebagainya menjadi hilang. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Google Custom Search Engine

  1. Buka browser Google Chrome kamu (direkomendasikan menggunakan browser ini).
  2. Kemudian klik menu Settings, lalu scroll ke bawah, dan klik pada Show Advanced Settings.
  3. Pada tab Network, silakan pilih Change Proxy Settings.
  4. Setelah itu silakan pilih LAN Settings.
  5. Terakhir hilangkan tanda checklist pada opsi Use proxy server for your LAN (These Settings will not apply to dial-up or VPN connections).
  6. Silakan refresh halaman pencarian Google di browser kamu.

Jika berhasil, maka tampilan halaman pencarian Google akan kembali normal seperti ini:

Google Custom Search Engine

Baca Juga: 

Akhir Kata

Jika setelah melakukan tips tersebut kamu masih menjumpai tampilan Google Custom Search Engine di browser kamu, maka kamu bisa ulangi lagi langkah-langkah tersebut.

Untuk browser lain seperti mozilla firefox saya belum bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini, oleh karena itu saya merekomendasikan untuk menggunakan browser Google Chrome. Atau kamu bisa melakukan install ulang laptop/PC kamu jika tidak kuat dengan cobaan ini. 😀

See You Next Time and.. Semoga Bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

2 Comments

  1. Mas, mau tanya gimana cara edit search engine dari template ini yang digunakan klikmania. Atau saya minta kode css nya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *