Dunia InternetInternet

Google Hadirkan Fitur Baru Untuk Hilangkan Gangguan Fokus Dari Smartphone

Google kembali merilis sebuah fitur baru bernama Focus Mode untuk tingkatkan fokus penggunanya

Fitur Baru Google – Google memang dapat dikatakan terbilang cukup aktif dalam menciptakan layanan atau fitur baru. Kali ini sama, perusahaan multinasional yang baru saja ditinggal oleh 2 tokoh utamanya “Sergey Bin dan Larry Page” ini memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Focus Mode.

Focus Mode sendiri merupakan sebuah fitur yang dirancang untuk dapat mengurangi waktu penggunaan ponsel/smartphone. Focus Mode ini sendiri merupakan salah satu bagian dari program Digital WellBeing Google pada perangkat Android.

Fitur Focus Mode Bantu Hilangkan Gangguan Fokus Dari Ponsel

Fitur Focus Mode ini memiliki fungsi untuk membantu penggunanya menghilangkan beberapa gangguan yang berasal dari ponsel/smartphone. Penggunanya dapat lebih fokus mengerjakan pekerjaan atau aktifitas yang ingin dilakukan (prioritas).

Ketika pengguna mengaktifkan fitur baru Google Focus Mode ini, pengguna akan dapat memilih aplikasi apa saja yang dianggap menggangu, seperti aplikasi games, media sosial, aplikasi video dan lainnya.

Setelah menentukan aplikasi mana yang dianggap penggangu, Focus Mode akan memberikan peringatan bahwa aplikasi terkait sedang dimatikan, setiap kali pengguna ingin mengaksesnya.

Selain itu, fitur yang sebenarnya sudah diperkenalkan pada bulan Mei 2019 lalu pada acara Google IO ini juga akan menutup pemberitahuan dari aplikasi yang penggunanya inginkan.

Sehingga, pengguna akan dapat meminimalkan gangguan dari aplikasi tersebut sekaligus menjaga konsentrasi saat menggunakan aplikasi lainnya.

Yang lebih menarik dari fitur baru besutan Google ini, fitur Focus Mode ini memiliki pengaturan otomatis yang memungkinkan layanan ini aktif atau non-aktif sesuai dengan keinginan penggunanya. Miisalnya, pengguna dapat mengaktifkan mode tersebut dari pukul 09.00 hingga 17.00 pada hari tertentu.

Fitur Baru Google “Focus Mode” Mirip Zen OnePlus Mode?

Fitur Focus Mode ini sebenarnya memiliki kesamaan dengan fitur Zen OnePlus Mode. Namun fitur Zen OnePlus Mode ini hanya mengharuskan penggunanya untuk menunggu selama 20 menit untuk dapat menggunakan ponsel kembali (setelah mengakses ponsel).

Fitur Focus Mode sendiri telah mulai tersedia dan dapat digunakan sejak 4 Desember 2019 pada perangkat Android 9 atau 10 yang telah dilengkapi dengan Parental Control dan Digital Wellbeing.

Baca Juga : Google Rilis Fitur Terbaru Ambien Mode di Google Assistant

Nah itulah sekilas mengenai fitur baru Google “Focus Mode”. Bagaimanakah menurut anda? Apakah fitur yang ditawarkan Google ini akan dapat secara efektif mengurangi waktu penggunaan ponsel dari penggunanya?. Semoga bermanfaat..


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close