Tekno

Google Home Dukung Bahasa Indonesia, Bakal Meluncur?

Google Assistant telah mendukung bahasa Indonesia di ponsel dan juga TV sejak Maret 2018. Namun, tidak semua perangkat Asisten dibuat sama atau mendukung bahasa Indonesia seperti halnya yang terjadi pada Google Home.

Google Home sendiri adalah sebuah speaker pintar yang di dalamnya sudah terdapat Google Assistant. Namun, Google Home ini masih belum menjamah Indonesia sampai sekarang karena pihak Google memang masih belum ingin membawanya ke Indonesia.

Google Home Dukung Bahasa Indonesia

Kabar Google Home yang sudah mendukung bahasa Indonesia dibocorkan pertama kali oleh Android Police. Dalam laporannya, Google Home diajak berbicara dengan bahasa Indonesia. Hasilnya, speaker pintar keluaran Google itu membalasnya dengan bahasa Indonesia pula.

Dalam uji coba, pihak Android Police menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua dalam pengaturan Asisten. Kemudian, mereka menggunakan Google Translate untuk menanyakan “jam berapa sekarang?” kepada Google Home.

Dan seperti yang sudah disebutkan, Google Home membalasnya dengan balasan bahasa Indonesia. Namun dalam keterangannya, pihak Android Police tidak mengetahui apakah itu merupakan jawaban yang benar. Namun yang jelas, Google Home tidak membalas dengan balasan bahasa Inggris.

Google Home Akan Dijual di Indonesia?

Sampai saat ini, pihak Google masih belum meluncurkan perangkat speaker pintarnya di Indonesia. Namun jika melihat hasil uji coba yang telah dilakukan oleh Android Police, nampaknya peluncuran Google Home di Indonesia hanya tinggal menunggu waktu saja.

Alasan peluncuran Google Home yang hanya tinggal menunggu waktu saja didasari atas kebiasaan mereka, yaitu Google hanya akan menambahkan dukungan bahasa dari suatu negara bersamaan dengan peluncuran resmi speaker pintarnya.

Artinya, ketika Google Home yang saat ini sudah mendukung bahasa Indonesia, maka tidak lama lagi mereka akan segera menjual perangkat tersebut di Indonesia sesuai dengan tradisi mereka yang sudah berjalan sampai saat ini.

Baca juga: Speaker Pintar Samsung Galaxy Home Resmi Diumumkan, Ini Kemampuannya

Hingga berita ini bocor, pihak Google belum memberikan keterangannya. Perusahaan teknologi pimpinan Sundar Pichai tersebut masih bungkam. Namun jika Google Home akan masuk ke pasar Indonesia, tentu itu bukanlah sesuatu yang aneh mengingat Indonesia merupakan pasar potensial untuk menjual produk-produk Google.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close