Internet

Google Luncurkan Keyboard Braille untuk Pengguna Android

Kabar gembira datang dari Google di mana perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut telah membuat terobosan baru yang memungkinkan para pengguna tunanetra untuk mengakses layanannya dengan mudah.

Perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut diketahui telah menghadirkan keyboard Braille untuk para pengguna tunanetra. Keyboard Braille terintegrasi langsung ke Android, dan pihak Google mengatakan jika sistem operasi tersebut akan lebih mudah diakses bagi para pengguna tunanetra tanpa memerlukan perangkat keras tambahan.

Keyboard Braille Google Dinamai TalkBack

Google menamai keyboard Braille-nya dengan TalkBack. TalkBack sendiri menggunakan tata letak enam tombol. Setiap tombol mewakili satu dari enam titik Braille, yang kemudian akan membentuk huruf dan simbol ketika diketuk dalam kombinasi.

Anda dapat menggunakan TalkBack dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan keyboard lain. TalkBack bekerja di semua aplikasi Android dan dapat menghapus huruf dan mengirim teks. Keyboard Braille Google tersebut mendukung Braille Grade 1 dan Grade 2, dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja untuk saat ini.

Di laman resmi perusahaan, Brian Kemler selaku manajer produk aksesibilitas Android menjelaskan bagaimana cara menggunakan TalkBack. Apabila para pengguna ingin mengetik huruf A, maka para pengguna bisa menekan titik 1. Sedangkan untuk mengetik huruf B, maka para pengguna bisa menekan titik 1 dan 2 secara bersamaan.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak panduan di bawah ini:

  • Ketuk titik 1 untuk mengetik huruf A.
  • Ketuk titik 1 dan 2 untuk mengetik huruf B.
  • Ketuk titik 1 dan 4 untuk mengetik huruf C.
  • Ketuk titik 1, 4, dan 5 untuk mengetik huruf D.
  • Hapus huruf: Geser ke kiri.
  • Hapus kata: Geser 2 jari ke kiri.
  • Tambahkan spasi: Geser ke kanan.
  • Baris baru: Usap 2 jari ke kanan.
  • Kirim teks: Geser 2 jari ke atas.

Baca juga: Google AI Akan Mampu Ubah Bahasa Isyarat Menjadi Ucapan

Untuk saat ini, TalkBack hanya tersedia bagi para pengguna Android. Sistem Android yang didukung adalah Android 5.0 dan yang lebih baru. Adapun untuk mengakses TalkBack, para pengguna bisa mengakses aksesibilitas yang ada di pengaturan smartphone. Untuk rincian lebih lanjut, silakan kunjungi laman bantuan aksesibilitas Android.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close