Review ProdukTekno

Google Pixel Review Indonesia Spesifikasi dan Perbandingan

Setelah secara resmi dan sukses meluncurkan Google Allo, Google Trips. Kali ini perusahaan teknologi terbesar Google kembali meluncurkan produk terbaru mereka, yang diberi nama Google Pixel. Berbeda dengan Allo dan Trips, Pixel adalah sebuah produk ponsel cerdas terbaru yang dirancang google untuk menggantikan Google Nexus.

Sebagai pengganti, kehadiran Google Pixel memang telah ditunggu-tunggu baik para gadget holic, maupun para awak media teknologi. Apakah anda juga salah satu yang menantikan kehadiran Google Pixel ?. Jika iya, maka penantian kita semua sudah berakhir. Karena, perusahaan ini telah resmi merilis ponsel cerdas android terbaru ini.

Penasaran, ingin tahu lebih jauh tentang Google Pixel ?. Silahkan baca postingan ini hingga selesai. Melalui postingan ini, anda akan mengetahui tanggal perilisan dan jadwal preorder Google Pixel, pilihan warna yang tersedia, varian yang tersedia, serta informasi spesifikasi dan harga Google Pixel.

Tidak hanya itu, anda juga akan mengetahui siapa saja yang akan menjadi rival terberat bagi Google Pixel. Jadi tetaplah bersama saya di sini dan silahkan lanjutkan membaca.

Rumor Perilisan Google Pixel

Foto : Expres via Google Image
Foto : Expres via Google Image

Berdasarkan informasi yang berahasil dirangkum oleh Klik Mania. Google Pixel secara resmi dipamerkan dalam sebuah acara di Fransisco, Amerika Serikat (AS), pada hari (5/10/2016) dini hari. Dalam acara tersebut Google memamerkan ponsel cerdas penerus Nexus ini dalam dua pilihan yaitu, Google Pixel dan Pixel XL.

Saat ini dua ponsel cerdas terbaru milik Google ini telah dapat dipesan oleh seluruh konsumen di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Jerman secara pre order. Selanjutnya Google rencananya akan meluncurkan ponsel terbaru ini pada 13 Oktober mendatang untuk pasar India. Dan untuk penjualan ke pasar retail, baru akan dimulai 20 Oktober 2016.

Pilihan Varian dan Harga Google Pixel

Google menyediakan ponsel pintar android terbaru ini dalam beberapa pilihan. Selain berdasarkan nama, besarnya memori juga menjadi pembeda masing-masing varian. Untuk Google Pixel tersedia dalam dua versi yaitu versi 32 GB dan versi 128 GB. Sementara Pixel XL hanya tersedia dalam versi 128 GB saja.

Pilihan Warna Google Pixel

Google Pixel disajikan dalam tiga pilihan warna utama, yaitu very silver, quite black, dan satu warna khusus edisi terbatas really blue hanya untuk pasar Amerika Serikat. Namun seperti yang ditulis dalam blog resmi Google, ponsel ini juga dapat dipesan atau dikostumisasi secara khusus sesuai dengan warna, tema atau tempat favorit anda.

Loading...

Google Pixel Review Indonesia

Meski belum diketahui pasti apakah ponsel cerdas terbaru ini juga akan dipasarkan oleh Google di Indonesia. Namun setidaknya melalui review ini anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai Google Pixel.

Seperti yang sudah anda baca sebelumnya, Google Pixel merupakan pilihan pertama yang tersedia dalam dua varian atau versi yaitu Pixel versi 32GB dan versi 128 GB.

Review Desain Google Pixel

Google juga tampaknya meluangkan banyak waktu dalam pada bagian desain. Google Pixel mengusung unibody dimana cover belakang tidak dapat dilepas. Ketika melihat sebuah logo huruf G besar di bagian belakang cover Pixel, konsep ini kembali mengingatkan saya pada LG V20, dimana LG juga melakukan hal yang sama.

Body belakang dapat menarik mata siapa saja yang melihatnya. Khusus pada bagian atas di sisi belakang dimana sensor sidik jari dan kamera ditempatkan, Google menambahkan aksen warna khusus yang berbeda dengan warna semua sisi body dan bagian bawah cover. Aksen warna khusus ini tampil lebih menggilap seperti dilapisi dengan kaca.

Tampaknya Google ingin menampilkan kesan bahwa itu adalah bagian terpenting yang berada di body bagian belakang, dimana terpasang fitur canggih yang sangat fungsional yang akan membantu semua pengguna untuk dapat memproteksi, mengakses, hingga bahkan untuk keperluan fotografi layaknya fotografer profesional.

Tombol volume dan tombol power Google Pixel berada di sisi kanan, sementara slot Nano SIM card berada di sisi kiri. Port jack earphone berada di bagian atas sisi kiri. Di sisi bagian bawah anda akan menemukan dua speaker yang mendampingi port USB tipe C yang diletakan di tengah.

Di bagian depan Google Pixel didukung dengan layar seluas 5.0 inci. Anda tidak akan menemukan tombol fisik home atau bahkan tombol back. Semua tombol navigasi tersebut ditampilkan secara visual langsung di dalam layar. Sementara di bagian atas layar, kamera depan disisi kiri sejajar dengan speaker suara.

Body Google Pixel cukup berisi, karena ketebalannya di atas 8 mm, sedikit berbeda dengan beberapa smartphone flagship lain yang umumnya memiliki ketebal an berkisar 7 mm. Meski terbilang cukup bongsor, namun bobot ponsel pintar ini kurang dari 150 gram. Ini membuat Pixel menjadi tetap nyaman dan ringan saat berada dalam genggaman.

Berdasarkan rating peringkat untuk mengukur ketahanan sebuah ponsel terhadap air. Google Pixel datang dengan rating IP53. Rating tersebut menunjukan bahwa ponsel cerdas ini tidak tahan air atau anti air. Ini sedikit berbeda dengan beberapa smartphone flagship yang sudah dirilis lebih dulu dipasaran.

Review Spesifikasi Google Pixel

Untuk memastikan performa Pixel benar-benar lancar tanpa macet saat digunakan untuk keperluan berat sekalipun, Google melengkapi ponsel cerdas ini dengan prosesor Quad Core 2.16 Ghz dan 1.Ghz berchipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821. Untuk urusan grafis, pixel dipastikan dapat menampilkan gambar 3D ke layar dengan baik dan jelas berkat dukungan GPU Adreno seri 530.

Baterai Google Pixel berkualitas Li-ion tidak dapat dilepas dengan kapasitas 2770 mAh. Meski kapasitas ini tidak cukup besar, tapi Google mengklaim Pixel dapat digunakan satu hari penuh tanpa harus di isi ulang atau bahkan mendapatkan daya tambahan dari sebuah powerbank.

Ketika baterai habis, maka berkat USB tipe C, pemiliknya dapat mengisi daya dari 0 persen hingga 100 persen dalam waktu yang lebih cepat. Bahkan setelah 15 menit pengisian, Pixel dapat bertahan selama lebih dari 7 jam.

Review OS Google Pixel

Google pixel menjadi ponsel cerdas ke dua yang menggunakan sistem Android terbaru OS Nouget, setelah LG V20. Interface yang lembut dan clean, menjadi karakter utama dari sistem operasi terbaru ini. Tidak hanya itu, Android Nouget memberikan pengalaman baru dalam mengakses semua aplikasi. Untuk mengakses dan menampilkan semua aplikasi ponsel, anda cukup menggesar (Slide) Apps Dock pada bagian atas layar ke arah kanan.

Android Nouget juga sudah mengalami beberapa pembaharuan yang cukup signifikan. Pembaharuan ini memastikan OS Nouget menjadi lebih aman dari bugs yang memungkinkan terjadinya penyusupan atau serangan virus ke sistem yang dapat berpotensi membahayakan ponsel dan merugikan penggunanya.

Kamera Google Pixel

Google Pixel dilengkapi dengan dual kamera. Kamara utama di bagian belakang berkualitas 12 MP dengan lensa berdiagfragma f/2.0 lengkap dengan LED Flash. Sementara dibagian depan, kamera berkualitas 8 MP dengan lensa berdiagframa f/2.4 dapat digunakan dengan sempurna untuk keperluan selfie ataupun wefie.

Meski tidak dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS), namun Google mengklaim Pixel merupakan ponsel terbaik yang pernah ada yang memiliki daya tangkap tercepat. Hal ini dibuktikan berdasarkan rating DxOmark, dalam pengujian menggunakan DxOmark, kamera utama yang berada di bagian belakang mendapatkan skor 89.

Fitur

Meski Google Pixel bukanlah hendset pertama yang mencicipi OS Nouget, tapi Google menginformasikan bahwa, Pixel adalah satu-satunya gadget berbasis Android pertama yang didukung dengan fitur Google Assistant.

Yaitu sebuah fitur yang mudah untuk diakses dengan cara menyentuh atau menekan tombol home atau cukup dengan mengucapkan kata “Hot Word”, maka Google Asisstant siap melayani penggunanya.
Fitur Google Asisstant dapat menyajikan semua informasi yang anda butuhkan dengan mudah dan cepat, mulai dari menampilkan galeri foto berdasarkan waktu dan tempat sebelumnya, atau bahkan anda dapat memintanya untuk memainkan musik favorit anda.

Fitur ini sudah terintegrasi dengan fitur Google Allo, yaitu sebuah fitur messengger terbaru yang memungkinkan anda melakukan gorup chat atau chat dengan mode privat.

Fitur Google Duo untuk keperluan video call juga dipasang pada Google Pixel. Sama dengan Apple Facetime, Google Duo juga dapat berjalan dengan baik pada Android dan iOS. Ini artinya, anda dapat melakukan vidoe call dengan orang yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi berbeda.

Foto Produk Google Pixel dan Tabel Spesifikasi

 

Foto via GSMArena
Foto via GSMArena
Detail SpesifikasiGoogle Pixel
ProsesorQuad Core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
RAM4 GB
Layar5.0 inches AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Dimensi total143.8 x 69.5 x 8.5 mm
Bobot143 G
GPUAdreno 530
Memori Internal32/128 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 2770 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaSilver, Black, Really Blue
SIMNano-SIM
Kamera12 MP, f/2.0, LED flash & 8 MP, f/2.4
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v7.1 (Nougat)

Google Pixel XL Review

Google pixel XL adalah pilihan lainya yang ditawarkan oleh Google. Pixel XL hanya disediakan oleh Google dalam satu versi saja, yaitu versi 128 GB. Dari segi desain body, fitur, sistem operasi yang digunakan, serta kualitas kamera keduanya sangat benar-benar mirip. Perbedaan antara Pixel dan XL hanya terletak pada luas bentang layar, serta kapasitas baterai.

Pixel LX dilengkapi dengan layar seluas 5,5 inci Quad HD berteknologi AMOLED. Layar Pixel XL dipastikan mampu menampilkan gambar beresolusi 2560 x 1440 dengan baik, tajam, dan jelas.

Google Pixel menggunakan baterai Li-ion yang tidak dapat dibongkar pasang dengan kapasitas 3450 mAh. Baterai ini dapat bertahan selama 32 jam ketika digunakan untuk keperluan menerima dan melakukan panggilan, 14 jam untuk aktifitas WiFi, dan 14 jam untuk keperluan memutar atau menonton video. Sama dengan Pixel, XL juga menggunakan sistem Quick Charging.

Foto Produk dan Tabel Spesifikasi Pixel XL

 

Foto : iBitimes via Googleimage
Foto : iBitimes via Googleimage
Detail SpesifikasiGoogle Pixel XL
ProsesorQuad Core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
RAM4 GB
Layar5.5 inches AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Dimensi total154.7 x 75.7 x 8.5 mm
Bobot168 g
GPUAdreno 530
Memori Internal128 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 3450 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaSilver, Black, Really Blue
SIMNano-SIM
Kamera12 MP, f/2.0, LED flash & 8 MP, f/2.4
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v7.1 (Nougat)

Rival Google Pixel

Samsung Galaxy S7 dan LG V20 sepertinya akan menjadi kandidat terdekat yang menjadi rival terberat bagi Google Pixel dan Pixel XL.

Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 sendiri sudah meluncur lebih dulu untuk pasar Indonesia melalui jalur preorder sejak 25/03/2016.

Tersedia dalam dua varian yaitu S7 dan S7 Edge. Ponsel pintar terbaru Samsung ini juga didukung dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan Google Pixel, terutama pada sisi prosesor, chipset dan GPU.

Samsung S7 juga menggunakan prosesor quad core dengan chipset Qualcoom Snapdragon. Hanya saja seri chipset sedikut berbeda yaitu MSM8996 seri 820.

Samsung S7 juga dibekali dua kamera berkualitas 12 MP dan 5 MP. Sementara layar juga berkualitas AMOLED dengan proteksi Corning Gorill Glass 4. Baterai Samsung Galaxy S7 berkualitas Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh.

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy S7

Foto : AndroidPit via Googleimage
Foto : AndroidPit via Googleimage
Detail SpesifikasiSamsung Galaxy S7
ProsesorQuad Core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
RAM4 GB
Layar5.5 inches AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Dimensi total142.4 x 69.6 x 7.9 mm
Bobot152 g
GPUAdreno 530
Memori Internal32/64 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaBlack, White, Gold, Silver, Pink Gold
SIMNano-SIM
Kamera12 MP, f/1.7, LED flash & 5 MP, f/1.7
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)

LG V20

Sementara LG V20 juga hampir sama dengan Google Pixel. LG V20 sudah diluncurkan di Indonesia pada awal Oktober lalu.

LG V20 juga didukung dengan prosesor quad core berchipset Qualcomm Snapdragon seri 820. GPU yang digunakan juga mirip dengan Google Pixel yaitu Adreno 530.

Datang dengan layar lebih luas dari Pixel dan Pixel XL, LG V20 juga dibekali dengan baterai yang tidak dapat dibongkar pasang berkapasitas Li-ion 3200 mAh.

Tabel Spesifikasi LG V20

lg-v20

Detail SpesifikasiLG V20
ProsesorQuad Core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
RAM4 GB
Layar5.7 inci IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Dimensi total159.7 x 78.1 x 7.6 mm
Bobot174 g
GPUAdreno 530
Memori Internal32/64 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 3200 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaTitan, Silver, Pink
SIMNano-SIM
Kamera12 MP, f/1.7, LED flash & 5 MP, f/1.7
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v7.0 (Nougat)

Pro

  • Desain Mewah
  • Sensor Sidik Jari
  • Fitur Canggih
  • Terintegrasi dengan VR

Kontra

  • Batrai ukuran kecil
  • Tidak anti air

Penutup

Meski konsumen Indonesia belum bisa merasakan langsung kecanggihan Google Pixel dan Pixel XL, saya harap dengan hadirnya review ini, setidaknya kita semua sudah mengetahui seperti apa spesifikasi dan harga Google Pixel dan Pixel XL.

Keputusan untuk menamai produk ini dengan nama Pixel, dan bukan Nexus, dinilai sebagai upaya memotong dengan masa lalu dan untuk menegaskan bahwa Pixel ini adalah hasil rancangan Google sendiri, bukan dari perusahaan lain.

Nah, sobat Klikmania, jika anda berencana memiliki smartphone canggih dari brand ternama, dan saat ini sudah memiliki tabungan yang cukup. Anda bisa bersabar sembari menunggu kedatangan Google Pixel di Indonesia.

Namun jika menurut anda rival terdekat Google Pixel adalah pilihan yang tepat, maka bisa anda bisa memiliki Samsung Galaxy S7 sekarang juga. Karena ponsel Samsung sudah diluncurkan lebih dulu di Indonesia.

Terakhir, Untuk pertanyaan lebih jauh mengenai Google Pixel silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui komentar yang ada di bawah postingan ini.

Referensi lain : LG V20 Review Indonesia Spesifikasi, Fitur, & Perbandingan

Jangan lupa juga bantu yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui review ponsel pintar android terbaru Google Pixel ini, melalui tombol share yang tersedia di bawah postingan ini.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *