Internet

Google Punya Sodar, Alat AR untuk Social Distancing

Ketika kebijakan lockdown mulai mereda di seluruh dunia, maka menerapkan protokol kesehatan di depan umum amat sangat penting. Selain mengenakan masker, dan mencuci tangan secara teratur, menjaga jarak sosial juga salah satu protokol kesehatan yang harus diterapkan.

Langkah terakhir, yakni menjaga jarak sosial bisa menjadi langkah yang paling sulit diterapkan. Namun untungnya, Google telah merilis alat Augmented Reality yang bisa membantu para pengguna dalam menerapkan Social Distancing atau yang di Indonesia dikenal dengan istilah Physical Distancing.

Baca juga: Google Tambahkan Fitur Pengelompokan Tab di Chrome

Google Rilis AR Sodar untuk Social Distancing

Google resmi meluncurkan AR Social Distancing yang mereka namai Sodar. Untuk menggunakan Sodar ini, para pengguna hanya perlu mengunjungi tautan goo.gle/sodar. Untuk mengakses AR milik Google tersebut tidak dibutuhkan aplikasi, karena penggunaan bisa dilakukan melalui Chrome.

Akses Sodar sendiri memang hanya bisa dilakukan melalui peramban Chrome. Apabila para pengguna memakai peramban lain, maka mereka tidak akan bisa mengaksesnya. Selain hanya bisa digunakan di Chrome, Sodar juga hanya berfungsi di perangkat Android saja. Artinya, para pengguna iOS tidak akan bisa mengakses Sodar.

Adapun untuk cara kerjanya, ketika para pengguna menuju tautan goo.gle/sodar, maka mereka akan diminta untuk meluncurkan alat AR Google tersebut. Setelah itu, Sodar akan meminta izin untuk membuat peta 3D di sekeliling pengguna dan melacak posisi kamera ponsel. Kemudian, Sodar akan menghitung jarak 2 meter dari posisi pengguna menggunakan Augmented Reality.

Baca juga: COVID-19, Robot Mulai Digunakan untuk Jalankan Social Distancing

Pada dasarnya, keberadaan Sodar ini diharapkan membantu para pengguna dalam mengukur jarak satu sama lain. Mudahnya, Sodar membantu para pengguna untuk lebih yakin bahwasanya jarak mereka dengan orang lain sudah sejauh satu hingga dua meter.

Sebagai tambahan, AR Sodar milik Google ini juga tidak akan berfungsi di ponsel Android. Namun, ponsel Android yang tidak mendukung AR Sodar Google ini adalah ponsel Android yang menggunakan sistem operasi lawas. Pihak Google sendiri tidak menyebutkan secara detail sistem operasi Android lawas apa saja yang tidak mendukung Sodar.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close