Internet

Google Siap Berikan Label untuk Situs yang Lemot

Senin (11/11/19) kemarin, tim Chrome yang diwakili Addy Osmani, Ben Greenstein, dan Bryan McQuade mengumumkan kepada publik jika peramban milik Google, yaitu Chrome akan memiliki fitur baru yang bisa mengidentifikasi kecepatan sebuah situs.

Tim Chrome menyampaikan bahwasanya Google akan mengidentifikasi dan memberi label pada situs web yang memuat secara lambat dengan cara penandaan yang jelas. Pengidentifikasian dan pemberian label sendiri akan dilakukan berdasarkan perangkat pengguna dan kondisi jaringan.

Baca juga: 4 Tools Gratis untuk Mengukur Kecepatan Internet dengan Akurat

Penampakan Label Situs

Di tangkapan layar label situs yang dikeluarkan oleh Google, nantinya situs web yang memuat lambat akan menampilkan halaman “Memuat …” yang kemudian menyertakan peringatan berupa ikon peringatan dan teks yang berbunyi “biasanya memuat lambat.”

Adapun untuk situs web yang cepat, maka indikator yang digunakan Google dan bisa diketahui oleh para pengguna adalah warna hijau yang terdapat tepat di bawah bilah alamat.

Dengan adanya penandaan atau pemberian label situs ini, maka para netizen bisa lebih mudah untuk mengetahui kecepatan memuat dari sebuah situs. Gagasan yang dicanangkan pihak Google ini juga menjadi alarm bagi para pemilik situs agar memperbaiki dan meningkatkan kecepatan situs yang dimiliki agar tidak dicap sebagai “situs lemot.”

Baca juga: 8 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Kapan Penandaan Akan Diterapkan?

Di laman resmi, pihak Google menyampaikan jika penandaan akan dilakukan secara bertahap. “Rencana kami untuk mengidentifikasi situs yang cepat atau lambat akan berlangsung secara bertahap berdasarkan kriteria yang semakin ketat.”

Sebelum menutup pengumumannya kepada publik di laman resmi, pihak Google juga menyarankan kepada para pengguna untuk mengunjungi PageSpeed Insights dan Lighthouse untuk mengetahui kinerja situs yang mereka miliki.

PageSpeed Insights adalah alat online yang menampilkan data bidang kecepatan dan juga saran optimasi untuk perbaikan situs. Adapun Lighthouse adalah alat lab yang memberikan saran hasil personalisasi tentang cara meningkatkan situs web.

Baca juga: Kecepatan Situs, Seberapa Pentingkah? Simak Fakta Berikut Ini

Masalah kecepatan pada sebuah situs adalah masalah yang penting, karena ketika sebuah situs itu lambat dalam memuat halaman, maka para pengunjung akan memilih untuk meninggalkannya karena akan memakan waktu yang lebih lama.

Jadi, daya tarik dari sebuah situs itu bukan hanya tampilannya yang menarik dan informasi yang up to date saja, melainkan kecepatan dalam memuat halaman juga menjadi daya tarik. Oleh karena itu, apabila saat ini Anda mengelola sebuah situs, maka perhatikan pula kecepatannya dalam memuat halaman.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close