gopro karma

GoPro Karma Menjelajahi Drone

GoPro siapa yang tidak kenal dengan produsen kamera action yang sangat tenar satu ini. Nama GoPro semakin melangit setelah GoPro hero 5 menjelajahi dunia kamera.

Namun kali ini saya tidak akan membahas mengenai kekuasaan GoPro didunia kamera atau bagaimana perjalanan mencari kitab suci sung go kong. Atau kenapa cinta fitri bisa sampai season 7. Tidak.

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai keluaran drone cetusan produsen kamera mahal yang satu ini. Dari pada penasaran langsung kita menuju ke TKP.

Nb: Jika tidak ingin menambah sedikit pengetahuan sobat Klik Mania. Silahkan langsung lompat pada bagian main article.

Apa itu Drone?

Mungkin bagi kaum awam yang tidak mengerti mengenai dunia videografi pasti akan bingung saat ditanya mengenai apa itu drone. Pasti mereka bakal bingung sebingung bingungnya.

Bagi kalian yang sudah mengenal dunia film atau videografi pasti sudah pada tahu apa itu drone. Saya yakin sebagian dari kalian mengidam idamkan pesawat yang satu ini. Siapa yang tidak mau.

Sudah bukan issue belaka jika merekam video dengan drone yang berkualitas pasti akan menghasilkan hasil film yang waw dan pastinya akan memancing perhatian para penonton yang melihatnya.

Jadi buat yang tidak tahu apa itu drone saya akan menjelaskan secara singkat mengenai apa itu drone. Yang jelas ini bukan sebuah makanan atau minuman bersoda. Percayalah benda yang satu ini akan menghabiskan uang kalian. Namun dibalik itu kalian akan mendapatkan sebuah kepuasan yang tak terduga.

Loading...

Sejarah Drone

Jadi sebenarnya drone itu adalah sebuah pesawat tanpa awak, dimana awal dibuat pesawat ini pada jaman perang dunia pada tahun 1916. Dimana pada saat itu mulai terpikir konsep pesawat Unmanned Areial Vehicle (UAV) dimana pesawat UAV ini bisa dikontrol dari jauh sehingga lebih mudah di operasikan dalam melakukan penyerangan.

Pesawat tanpa awak ini dikendalikan dengan menggunakan Giroskop. Namun Amerika Serikat belum melakukan penerbangan terhadap dronenya tersebut hingga pada tahun 1917. Akhirnya untuk pertamakali pesawat tersebut dikembangkan dan selanjutnya diberi nama “ Bug Kettering”.

Mulai saat itu perkembangan drone ini tidak hanya dikembangkan olehAmerika Serikat nem\\\namun juga dikembangkan oleh Inggris. Pada saat itu inggris juga mengeluarkan drone dengan nama “DH 82B Queen Bee” dimana drone ini diproduksi pda 1935.

Drone Masa Kini

drone

Nah karena pada era modern perperangan sudah sangat minim walau kita tahu beberapa negara masih melakukan perperangan. Namun mayoritas negara di dunia masih pada taraf adem adem saja.

Maka dari itu fungsi drone ini sudah berubah. Dimana yang dulunya merupakan alat untuk membantu perang namun sekarang pada era modern ini fungsi drone malah sangat berguna dalam bidang videografi.

Jenis Jenis Drone

Single Copter.

Dengar kata single biasa para jomblo langsung baper.tapi memang single copter adalah drone atau pesawat tanpa awak dengan satu atau sendiri baling baling. Dimana pesawat seperti ini seperti helikopter.

Double Copter.

Jika single copter sendiri baling baling nya maka double copter baling balingnya ada dua. Namun double copter ini tidak hanya diaplikasikan pada helikopter melainkan juga di aplikasikan pada pesawat baling baling biasanya menggunakan dua baling baling.

Tri Copter.

Untuk tri copter memiliki 3 baling baling dimana baling baling ini juga sama seperti yang lain. Namun tri copter ini sudah ada di aplikasikan menjadi drone video jadi ada beberapa drone yang memang menggunakan tiga baling baling.

Namun tidak semua drone memiliki 3 baling baling dan jika kita pikirkan lagi tiga baling baling ini juga masih belum kuat untuk mengangkat kamera apalagi yang seukuran GoPro.

Quad copter

Ini dia yang namanya drone asli dimana banyak orang yang menyebut benda satu ini sebagai drone padahal ini adalah quad copter. Jadi quad copter ini merupakan drone dengan empat baling baling.

Kebanyakan drone memang menggunakan empat baling baling karena ini sudah cukup stabil untuk mengangkat sebuah kamera action cam. Jadi bisa dibilang ini kuat untuk menerbangkan body drone beserta camera yang terpasang.

Heksa copter

Ini mempunyai enam baling baling. Jelas ini mampu mengangkat kamera namun tidak semua drone bisa mengangkat kamera ya sob. Karena dilihat dari size dan fungsinya masing masing. Karena ada drone yang di buat khusus untuk latihan dengan size yang lebih kecil pastinya.

|[Main Article]

GoPro meliris Drone Karma

gopro karma drone

Drone karma di rilis 23 oktober mendatang. Untuk info di Indonesia sendiri masih belum mendapatkan kabar lanjutan. Dimana memang drone ini sudah di rilis secara utuh namun tidak di jual terlebih dahulu.

Dimana drone ini di test menggunakan video dengan tujuan iklan. Ini menjadi salah satu daya tarik promosi untuk para pencinta drone. Terutama para pencinta produk yang dihasilkan oleh GoPro sendiri.

GoPro karma ini masih sama seperti drone lainnya dimana menggunakan konsep quad copter. Baling baling yang digunakan masih empat. Mungkin untuk kedepannya GoPro akan terus berinovasi dalam menciptakan model drone yang lain.

Drone GoPro karma ini memiliki bobot 1 kilogram (1KG). Masih cukup ringan dalam kelas drone profesional. Drone ini mampu melaju dengan kecepatan 56 Km/ Jam.

Untuk remot sendiri berbeda dengan produk DJI dimana bisa menggunakan layar terpisah. Pada GoPro karma ini remot sudah menyatu dengan layar. Sehingga pengguna tidak ribet dalam membongkar pasang layar saat mau bermain drone ini.

Persamaan remot, remot ini terkoneksi dengan drone sehingga ada fitur follow. Dimana drone balakan mengikuti navigasi yang diarahkan oleh remot drone tersebut.

Untuk penggunaan batrai sendiri drone ini dapat bertahan hingga 20 menit dengan pemakaian nonstop. Untuk kameranya sendiri drone ini support hanya dengan Hero 4, Hero 5 session, GoPro 5 black. Seperti yang di rilis oleh web GoPro ini sendiri di https://shop.gopro.com/Marketing/karma

Video : GoPro Introducing Karma

Apa yang didapatkan?

Dalam pembelian. Kalian akan mendapatkan sebuah glide. Alias stabilizer dimana ini berguna untuk menjaga kestabilan yang ada pada drone. Karena jika kalian shoot dengan tekanan angin yang kuat.

Jelas kalian tidak akan mendapatkan kondisi footage yang bagus. Pasti akan mendapat footage yang bergetar dan jelek sekali. Maka dari itu ini sangat penting dalam drone.

Keuntungan lainnya stabilizer ini bisa kalian copot sehingga mejadi karma grip. Jadi kalian bisa memakai kamera dari drone ini walaupun kalian tidak main drone. Jadi ini menjadi salah satu keuntungan lain dari drone ini.

Jadi bagaimana pendapat sobat klik mania? Apakah tertarik untuk memiliki drone ini. Karena ini adalah drone yang cocok untuk pemain pemula. Dalam drone ini pihak GoPro sudah merancang keudahan untuk para pilot.

Meskipun untuk mengendarai drone ini mudah. Tetapi bukan berarti kualitas dari drone ini adalah kualitas amatir. Drone ini masih dalam kualitas pro dan untuk profesional.

Drone ini juga bisa dilipat sehingga sangat mudah untuk di operasikan dimana saja. bahkan dari cuplikan video. Orangnya bermain di atas laut. Jadi ini membuktikan bahwa drone ini fleksibel dibawa kemanapun.

Untuk harga drone ini sendiri seharga $800 tanpa kamera. Apakah kalian tertarik untuk membeli drone ini. Silahkan mencoba sobat klik mania.

-RJ-


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Komentar

    Avatar

    Desi

    ( - 09:07)

    wah bisa jadi nanti hexacore

    makin banyak ya variasi drone

      Richard Goodboy

      yap! nanti kita tunggu perkembangan drone selanjutnya 🙂 thanks for reading Desi 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *