Tekno

Layar Gorilla Glass 6 Tahan Pecah Meski Jatuh 15 Kali Pada Ketinggian 1 Meter

Gorilla Glass 6 – Bagi para pengguna smartphone layar sentuh terbaru, pasti tak asing dengan sebutan Gorilla Glass. Lantas apa sih pengertian Gorilla Glass itu sendiri?

Gorilla Glass atau kaca gorila, ibaratnya adalah kaca yang kuat, tahan banting dan anti pecah. Kaca ini diproduksi oleh teknologi pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat.

Gorilla Glass sendiri ini dijadikan sebuah merek dagang untuk lembaran kaca yang terbuat dari aluminosilikat alkali dan direkayasa menjadi super tipis, ringan dan tahan dari kerusakan.

Teknologi ini telah dirancang untuk tahan terhadap kerusakan dan goresan, ringan, dan tipis (tebal 0,4 mm).

Kelebihan Gorilla Glass

Gorilla Glass umumnya digunakan pada layar perangkat elektronik portable seperti layar smartphone, layar pemutar media portabel, layar komputer, layar kamera, dan beberapa layar televisi, dan lainnya.

Kelebihan lain dari Gorilla Glass adalah bahannya yang mudah dibersihkan. Gorilla Glass juga mengklaim ramah lingkungan, sebab tidak terbuat dari bahan besi berat yang membahayakan lingkungan serta dapat didaur ulang.

Nah, itulah mengapa layar pada smartphone terbuat dari Gorilla Glass ini. Meskipun tahan pecah ketika dijatuhkan, namun apabila layar smartphone dipukul dengan keras menggunakan palu, ya tetap saja retak dan pecah.

Semua tergantung pada versi Glass yang digunakan dan beberapa faktor lain seperti ketebalan glass itu sendiri.

Loading...

Intinya, Gorilla Glass memiliki kualitas terbaik di setiap versi, terutama untuk anti gores yang benar- benar sudah di claim kuat terhadap gesekan benda tajam sekalipun.

Gorilla Glass 6

Gorilla Glass versi pertama sudah di produksi antara 2005 dan 2006, namun yang membuat namanya benar-benar tenar ketika di usung oleh iPhone pada tahun 2007.

iPhone menggunakan Gorilla Glass dengan teknologi pada layarnya setebal 1,5 mm serta lapisan oleophobic yang meminimalkan sidik jari dan noda.

Namun iPhone bukanlah satu-satunya smartphone yang menggunakan Gorilla Glass pada layar displaynya. Sebab Corning menyebut ada sekitar 250 perangkat lainnya yang juga menggunakan Gorilla Glass untuk generasi pertama.

Gorilla Glass terus berkembang dari versi ke versi dengan kekuatan yang lebih mumpuni. Saat ini Gorilla Glass sudah di produksi sampai versi yang ke 6.

Menurut pihak Corning, layar Gorilla Glass 6 ini di klaim dua kali lipat lebih kuat dan kokoh serta tahan banting jika dibandingkan Gorilla Glass versi 5.

Sebab terdapat lapisan pelindung khusus yang mampu bertahan dan tidak pecah meskipun dijatuhkan ke permukaan kasar sebanyak 15 kali dari ketinggian 3,28 kaki atau sekitar 1 meter.

Video Gorilla Glass 6

Saat ini, Gorilla Glass 6 sedang dalam pengujian oleh beberapa produsen smartphone sebelum secara resmi diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Untuk kedepannya, Gorilla Glass 6 akan disematkan pada smartphone modern yang menggunakan bahan dasar kaca di hampir seluruh body-nya, seperti pada Huawei Honor Note 10



Loading...

Baca selengkapnya

Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button