Internet

Green Canyon, Danau dengan Keindahan Air yang Kehijauan

Green Canyon merupakan tempat wisata sungai yang sering disebut dengan nama Cukang Taneuh. Sungai tersebut merupakan tempat wisata yang cukup populer baik didalam maupun diluar negeri. Cukang Taneuh bagi warga sekitar memiliki makna jembatan tanah, karena di atas lembah dan jurang juga terdapat sebuah jembatan tanah yang sering dilewati oleh warga sekitar untuk menuju kebunnya

Asal nama Green Canyon atau yang masyarakat sekitar sebut Cukang Taneuh, memang merupakan plesetan dari Grand Canyon yang ada di Colorado Amerika. Pada sekitar Tahun 1993, ngarai hijau dipopulerkan oleh salah satu warga Perancis. Ngarai yang diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan pesona alam yang sangat khas dan menantang.

Agar perjalanan terasa lebih seru dan menyenangkan, sebaiknya anda mengajak beberapa teman untuk berwisata ke Cukang Taneuh. Pasti anda akan merasakan kesenangan ditengah aktifitas rutin anda.

Green Canyon, Wisata Green Canyon
Green Canyon via Instagram @susansameeh

Fasilitas di Green Canyon

Kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan adalah Green Canyon Body Rafting. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 150.000,- hingga Rp. 250.000,-. Untuk soal perut jangan khawatir, karena disekitar tempat parkir terdapat jajaran warung-warung kecil yang menyediakan berbagai makanan sunda dan gorengan.

Jika anda ingin menginap di sekitar lokasi, maka anda juga akan menemui banyak penginapan, mulai dari rumah singgah dan villa yang disewakan oleh warga setempat. Disana juga ada beberapa hotel yang bisa anda tuju. Jadi tidak perlu diragukan lagi apabila anda ingin beristirahat santai diekitar lokasi.

Pesona Keindahan Green Canyon

Untuk mencapai Green Canyon yang berlokasi di Pangandaran, para wisatawan harus menyewa sebuah perahu kayuh yang bisa ditemui di dermaga Ciseureuh. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 30 sampai 45 menit, dengan jarak yang cukup panjang yakni kurang lebih 3 kilometer. Namun, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan sungai dengan air yang berwarna hijau toska.

Dari nama sungai yang hijau toska inilah nama Green Canyon berasal. Selain warna air sungai yang hijau toska, di sepanjang perjalanan anda akan disuguhui oleh pemandangan pepohonan yang hijau dan menjulang tinggi di tepi sungai. Di mulut goa juga terdapat air terjun Platar, sehingga menambah rasa sejuk.

Suasana yang sunyi memberikan sesuatu harmoni yang indah dengan disertai suara khas kicauan burung. Anda juga dapat melihat berbagai macam hewan, seperti biawak, monyet dan yang lainnya di sekitar sungai. Jika anda akan sampai di dekat mulut Green Canyon, maka perahu cukup sulit untuk melaluinya. Perjalanan selanjutnya bisa diteruskan dengan cara merayap di tepian sungai ataupun anda juga dapat berenang.

Green Canyon, Wisata Green Canyon
Green Canyon via Instagram @avrilvasari

Peta dan Akses Lokasi Menuju Green Canyon

Lokasi Green Canyon tepatnya berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Dari Pangandaran kurang lebih 31 kilometer, dan termasuk wilayah Kabupaten Pangandaran. Wilayah ini berdekatan dengan Kota Tasikmalaya dan Kota Ciamis.

Jika anda berangkat dari arah Jakarta, kadang akses jalan menuju Pangandaran ini terbilang ramai dan macet, terlebih lagi saat anda kesini pada akhir pekan. Jadi anda harus berangkat lebih awal.

Apabila anda berada diluar Jawa Barat, maka dapat ditempuh menggunakan transportasi darat ataupun transportasi udara menuju Kota Bandung. Anda bisa mengambil jalur bus ke arah Pangandara. Dari Pangandaran, anda bisa menggunakan jasa ojek atau jasa sewa mobil. Anda harus menyewa perahu kayuh yang sering disebut dengan “Ketintang” untuk sampai ke Green Canyon.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Green Canyon

Jam buka di wisata ini beroperasi dari pukul 7.30-16.00 WIB. Lebih disarankan untuk anda yang akan pergi ke Green Canyon, berangkat lebih pagi untuk menghindari ramainya tempat wisata tersebut.

Untuk harga tiket masuknya, anda akan dikenakan tarif Rp. 12.500,-. Dan tidak lupa juga, ketika menyewa perahu kayuh, anda juga dikenakan tarif Rp. 75.000,-. Tarif yang dipatok terbilang murah karena kita akan disuguhkan pemandangan yang benar-benar memikat mata.

Tips Ketika Berlibur ke Green Canyon

Karena disini anda akan berinteraksi langsung dengan air, maka tidak ada salahnya jika anda membawa pakaian ganti lebih. Tas khusus anti air juga sangat disarankan untuk anda agar barang-barang elektronik kesayangan anda dapat terlindungi. Memakai sandal gunung untuk perjalanan juga disarankan agar anda merasa nyaman nantinya.

Membawa bekal makanan dan minuman karena anda hanya menemui penjual makanan di pintu masuk utama. Datang ke lokasi lebih pagi agar anda terhindar dari ramainya pengujung di hari libur. Dan jangan lupa untuk menjaga kelestarian alamnya, jangan lupa membuang sampah pada tempatnya agar keindahan alam kita dapat terjaga ya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close