Internet

Gumuk Pasir, Wisata Baru Tana Toraja

Suka traveling ? Kemana aja kalau traveling ?

Jika jawabannya adalah ke pantai, ke gunung, ke wahana bermain. Kayaknya harus segera ganti.

Jangan dimasukkan hati ya, karena yang tadi itu hanya bercanda. Mau dimanapun anda traveling itu bagus-bagus saja, asalkan anda happy dan penat terlepaskan.

Pertanyaan diatas tercipta, karena saya ingin mengenalkan anda dengan salah satu wisata baru yang ada di Tana Toraja. Emangnya wisata apa ?

Wisata ini adalah wisata gumuk pasir. Lalu apa bagusnya wisata gumuk pasir itu ?

Sebentar saya jelaskan dulu ya ..

Gumuk Pasir Toraja

Sesuai dengan namanya gumuk pasir. Pasti berkaitan erat dengan pasir, lalu apa istimewanya ?

Yang istimewa dari gumuk pasir Toraja adalah bentuknya yang sangat padat. Sebagaimana yang kita ketahui di daerah lain seperti, Jogjakarta juga terdapat wisata gumuk pasir. Hanya saja gumuk pasir yang ada di Jogja bentuknya lebih mirip seperti gurun, karena bentuknya yang tidak padat.

Loading...
Gumuk Pasir Toraja
Gumuk Pasir Toraja via http://www.linksatu.com

Saya lupa menjelaskan apa gumuk pasir itu. Gumuk pasir sendiri adalah gundukan bukit yang terbentuk dari pasir, yang dihembuskan oleh udara. Yang dimana pasir-pasir tersebut, jatuh didaerah yang bercuaca panas atau kering.

Bagaimana, sekarang sudah tahu ? Kalau sekarang sudah tahu dan tertarik untuk datang, ini saya kasih alamatnya.

Lokasi Gumuk Pasir Toraja

Gumuk Pasir ini, terletak di Desa Sumalu, Kecamatan Buntao, Rantebua, Toraja Utara. Butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Rantepao, jika menggunakan kendaraan roda dua.

Dan apabila datang kesini harus berani bertanya kepada warga sekitar, karena tempatnya memang sedikit terpencil. Nanti takutnya malah kesasar, kan bahaya.

Baru Ditemukan

Perlu anda ketahui, bahwa gumuk pasir ini baru ditemukan bulan September lalu. Awalnya para warga setempat tidak menganggapnya sebagai potensi wisata, sehingga mereka biasa-biasa saja. Namun setelah ada kunjungan dan gumuk mereka di pos melalui media sosial, warga baru sadar kalau gumuk yang awalnya biasa-biasa saja bisa menjadi luar biasa.

Kini pendapatan mereka bisa bertambah, dari kunjungan para wisatawan yang datang. Dan gumuk ini, lambat laun akan semakin ramai karena mereka yang sudah berkunjung pasti akan men-sharenya di media sosial.

Video gumuk pasir toraja : (Sumber Official NET News)

 

Bagi anda yang suka jalan-jalan dan bertepatan mampir ke Tana Toraja, jangan lupa untuk mampir kesini. Menikmati wisata alam dengan mendaki puncak gumuk pasir, tentu akan menjadi petualangan yang tak terlupakan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button