Internet

Inilah 2 Gunung Batuan Legenda di Tanah Belitung

Pulau Belitung merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Indonesia. Gunung Batuan mungkin dapat dikatakan sebagai wisata alternatif bagi para wisatawan yang ingin mencari suasana berbeda di Belitung.

Bahkan pulau ini telah dijadikan sebagai destinasi wisata andalan sekaligus sebagai geopark oleh Pemerintah Indonesia.

Tak hanya itu saja, Belitung juga sudah memiliki branding wisatanya sendiri, yaitu Wonderful, Artistic, Unique, dan Unforgettable. Branding wisata ini sering disingkat menjadi “WAUU”.

Pulau Belitung memang cukup terkenal akan keindahan wisata alamnya. Banyak sekali pantai, pulau-pulau kecil, maupun terumbu karang yang membuat para wisatawan terpesona.

Satu hal yang membedakan wisata alam di Pulau Belitung dengan wisata lainnya, yaitu keberadaan batu granit di setiap sudut pesisirnya.

Mulai dari batu granit yang berukuran kecil sampai batu granit yang berukuran besar.

Perlu diketahui bahwa asal usul Pulau Belitung sendiri yaitu dari pembentukan bongkahan batu granit.

Batu granit ini tentu saja berasal dari pembekuan magma di bawah permukaan bumi pada kedalaman puluhan kilometer.

Loading...

Proses pembekuan ini disebut sebagai batuan beku. Batuan beku yang telah terbentuk selanjutnya mengalami proses tektonik berupa pengangkatan dan pematahan.

Batuan ini selama puluhan juta tahun mengalami proses peretakan, pelapukan, dan abrasi sampai terbentuk gugusan pulau berbatuan seperti saat ini.

Gunung Batuan Legenda

Tahukah kamu bahwa batuan granit (Gunung Batuan) yang ada di Pulau Belitung tidak hanya di wilayah pesisir tepi pantai saja, melainkan berada jauh dari bibir pantai.

Tidak hanya itu saja, bahkan ukuran batuan ini tergolong cukup besar. Batuan ini bisa juga disebut sebagai gunung batuan.

Seperti apa gunung batuan legenda di tanah Belitung ini? Berikut 2 gunung batuan di tanah Belitung yang begitu melegenda di masyarakat setempat.

1. Batu Baginda

Gunung Batuan Legenda
View Batu Baginda via Triptrus.com

Batu Baginda merupakan salah satu destinasi wisata yang mulai naik daun di Belitung. Batu Baginda berukuran sangat besar dan diperlukan tenaga cukup ekstra untuk menuju ke puncak batuan ini.

Batu Baginda terletak tepat di tengah hutan rakyat dan perkebunan sawit yang berada di Kecamatan Membalong.

Untuk dapat menuju ke tempat ini, dari Kota Tanjung Pandan dapat digunakan kendaraan pribadi berupa motor maupun mobil dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam.

Rute perjalanan menuju tempat ini juga cukup mudah karena sudah dibuat jalan aspal yang dapat menembus hingga ke Pantai Penyabong.

Salah satu hal menarik dari tempat ini adalah lokasi batuan yang berada di tengah-tengah pepohonan. Apabila dilihat dari puncak batuannya, kita dapat melihat panorama yang begitu menakjubkan.

Terhampar luas pohon sawit dengan latar belakang pantai di belakangnya membuat tempat ini menjadi salah satu tujuan wajib apabila berkunjung ke Pulau Belitung.

Batu Baginda Wisata Alternatif

Gunung Batuan Legenda
Batu Baginda via gobelitung.com

Asal usul penamaan batuan ini memang belum pasti. Namun batuan ini dikatakan batuan baginda karena memang letaknya yang berdiri kokoh dan berukuran besar di tengah-tengah hutan.

Selain itu, batuan ini juga memiliki sedikit perbedaan dengan batuan granit lainnya yang dapat dijumpai di Pulau Belitung.

Batu granit pada Batu Baginda ini tergolong sebagai salah satu kerabat batuan granit, yaitu berupa batuan adamelit atau biasa juga disebut sebagai batuan adamelit baginda.

Perbedaanya dengan batuan granit biasa yaitu pada kandungan mineralnya yang tergolong lebih sedikit.

Apabila hendak berkunjung ke Batu Baginda, disarankan berkunjung pada saat liburan. Lokasi ini tidak akan begitu ramai meskipun pada saat liburan.

Hal ini dapat terjadi karena belum adanya fasilitas memadai untuk mendukung wisatawan dapat menjangkau batuan ini sampai ke puncak.

Selain itu, tanpa adanya pemandu atau warga setempat akan membuat wisatawan cukup kesulitan untuk memilih jalur yang benar saat menaiki ke puncak Batu Baginda.

2. Gunung Batu Pelabuhan

Gunung Batuan Legenda
Gunung Batu Pelabuhan

Gunung Batu Pelabuhan memang masih menjadi nama yang asing bagi para wisatawan Belitung. Bahkan bagi warga setempat pun tidak semuanya mengetahui keberadaan batuan ini.

Gunung Batu Pelabuhan ini berukuran lebih besar dari Batu Baginda, namun tidak setinggi Batu Baginda.

Apabila Batu Baginda terletak di sisi selatan Belitung, maka Gunung Batu Pelabuhan ini berada di sisi utara Belitung.

Lokasi Gunung Batu Pelabuhan ini secara administrasi masuk ke dalam wilayah Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Letak Gunung Batu Pelabuhan ini yaitu tepat berada di tengah-tengah hutan rakyat.

Bahkan untuk dapat menuju ke tempat ini diperlukan pemahaman mengenai lokasi setempat agar tidak tersesat di tengah hutan.

Jalan untuk menuju ke tempat ini belum semuanya telah diperkeras dengan aspal. Saat memasuki jalan menuju hutan, kondisi jalan masih berupa tanah berpasir.

Kondisi ini tentu cukup menyulitkan bagi yang ingin mengunjungi tempat ini.

Gunung Batu Pelabuhan Belum Menjadi Tempat Wisata

Gunung Batuan Legenda
View Gunung Batu Pelabuhan

Gunung Batu Pelabuhan memang bukan dijadikan sebagai destinasi wisata seperti Batu Baginda. Namun pemandangan dari puncak Gunung Batu Pelabuhan ini tidak kalah menarik.

Hamparan hutan pepohonan hijau di sekitar disertai pemandangan pantai dan beberapa pulau kecil di arah pesisir membuat tempat ini begitu menakjubkan.

Tak hanya itu saja, karena lokasinya yang jauh dari permukiman dan aktivitas masyarakat, lokasi ini menjadi cukup tenang dengan suasana yang masih sangat alami.

Mengenai nama tempat ini yang dinamakan sebagai Gunung Batu Pelabuhan juga tidak dapat diketahui kepastiannya.

Lokasinya memang cukup dekat di pesisir Pantai Tanjung Tinggi dan bentuknya juga menyerupai gunung. Mungkin saja karena hal demikian tempat ini dinamakan Gunung Batu Pelabuhan oleh masyarakat setempat.

Untuk dapat menuju ke tempat ini sangat disarankan datang bersama warga setempat. Tentu saja dengan pertimbangan masuknya lokasi ini ke dalam wilayah hutan di belakang Desa Keciput.

Selain sebagai pemandu jalan tentu saja sebagai ucapan permisi karena akan menginjakkan di tanah mereka. Tidak perlu sungkan dengan warga setempat karena warga Desa Keciput sangat ramah.

Gunung Batuan Misterius

Kedua gunung batuan yang ada di Belitung ini memang tergolong masih misterius.

  • Pertama karena asal usul yang masih belum jelas diketahui.
  • Kedua karena lokasinya yang berada di tengah hutan. Bahkan salah satunya belum memiliki akses untuk dapat menjangkaunya.
  • Ketiga, tentu saja misteriusnya kedua tempat ini karena memang belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan dua gunung batuan ini.

Baca juga9 Hal Menarik Tentang Belitung Si Negeri Laskar Pelangi

Tak heran memang jika kedua tempat ini dijuluki sebagai gunung batuan yang melegenda di tanah Belitung.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *