Internet

Hadapi COVID-19, Instagram Luncurkan Fitur Co-Watching

Di tengah-tengah wabah virus Corona (COVID-19) yang masih merebak, Instagram kembali meluncurkan fitur baru untuk para penggunanya. Media sosial pimpinan Adam Mosseri itu meluncurkan sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk tetap terhubung secara bersamaan tanpa harus keluar rumah.

Seperti yang sudah diketahui, COVID-19 ini memaksa publik dunia untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Pemerintah Indonesia sendiri juga sudah memberikan imbauan agar masyarakat bisa menahan diri di rumah agar COVID-19 segera pergi.

Baca juga: Ikuti WhatsApp, Instagram Uji Coba Fitur Disappearing Messages

Instagram Luncurkan Fitur Co-Watching

Fitur baru Instagram yang memungkinkan para pengguna terhubung satu sama lain adalah fitur Co-Watching. Fitur Co-Watching adalah fitur untuk berbagi foto dan video secara bersama-sama. Jadi, para pengguna bisa melihat foto atau video yang dibagikan dengan orang-orang yang diajak berinteraksi.

Fitur Co-Watching dari Instagram ini hanya akan aktif ketika para pengguna melakukan panggilan video dari direct message. Ketika panggilan video berlangsung, maka para pengguna bisa mengetuk ikon berbentuk foto di pojok kiri bawah di tampilan video.

Saat fitur Co-Watching ini aktif, para pengguna lain yang menjadi peserta panggilan akan dapat melihat foto atau video yang dibagikan secara bersama-sama. Fitur yang diluncurkan Instagram ini sendiri memang ditujukan untuk orang-orang yang berdiam diri di rumah yang berusaha menghindari bahaya COVID-19.

“Untuk membantu orang-orang tetap terhubung, kami telah meluncurkan berbagi media, fitur baru yang memungkinkan Anda melihat posting Instagram bersama dengan teman-teman Anda melalui obrolan video,” ucap pihak Instagram.

“Anda dapat memulai obrolan video dengan mengetuk ikon obrolan video di kotak masuk langsung atau di utas langsung yang ada, kemudian lihat foto atau video yang disimpan, disukai, dan disarankan dengan mengetuk ikon foto di sudut kiri bawah dalam obrolan video yang sedang berlangsung,” tambah pihak Instagram.

Kemunculan fitur Co-Watching ini sendiri bukanlah sesuatu yang mengejutkan karena pada bulan April 2019 lalu, Jane Manchun Wong telah mengungkapkan bahwa pihak Instagram tengah menguji coba fitur baru yang memungkinkan para pengguna untuk menonton secara bersamaan ketika mereka melakukan panggilan video.

Sejak pandemi Corona ini menyerang banyak negara, Instagram cukup aktif dalam menghadirkan fitur-fitur baru. Sebelum menghadirkan fitur Co-Watching, Instagram juga sudah menghadirkan fitur baru di Stories yang berupa stiker stay home atau di rumah saja di mana stiker tersebut memang ditujukan untuk mengajak orang-orang agar tetap betah di rumahnya.

Baca juga: Lawan COVID-19, Instagram Luncurkan Stiker Baru di Stories


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close