Tekno

Hafencity Riverbus, Bus Amfibi Jerman Yang Bisa Menyeberangi Sungai

Hafencity Riverbus – Mengisi liburan dengan berwisata merupakan pilihan hampir semua orang di dunia. Banyaknya wisata dari dalam daearah hingga luar negeri menjadi iming-iming orang untuk menjadikan liburan mereka begitu mengasyikkan. Dengan adanya transportasi darat, air, maupun udara yang semakin berkembang pesat pun menjadikan liburan yang jauh menjadi semakin mudah.

Berwisata dengan menggunakan bus adalah hal yang biasa bagi traveller. Apalagi jika rute perjalanannya lumayan jauh. Tentu saja hal tersebut  menjadi salah satu alasan memilih bus daripada menggunakan kendaraan pribadi. Berwisata menggunakan bus juga lebih hemat dan leluasa, selain itu juga dapat mengurangi angka kemacetan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan juga menilik fakta bahwa teknologi telah sangat bergantung pada kehidupan manusia, terciptalah kendaraan yang membuat banyak orang berdecak kagum. Sebuah bus yang dapat berjalan di darat maupun di air bernama Hafencity Riverbus.

Hafencity Riverbus
Havencity Riverbus saat berjalan di air via http://www.boatmaginternational.com
Hafencity Riverbus
Hafencity Riverbus saat berjalan di daratan via http://www.boatmaginternational.com

Hafencity Riverbus Ide Frend Franker

Sebelumnya Singapura juga telah menciptakan bus yang dapat berjalan di air. Pemilik Hafencity Riverbus, Frend Franker pertama kali menemukan ide untuk membuat bus amfibi adalah ketika ia melihat uniknya kendaraan di negara singa itu. Meskipun hanya sebuah bus, proses pembuatannya cukup lama hingga 18 tahun hingga akhirnya pada bulan Juli 2016 lalu bus pariwisata ciptaan Frend ini resmi diluncurkan.

Proses pengembangan Hafencity Riverbus memakan waktu cukup lama karena harus mengikuti regulasi yang ketat dari Pemerintah Jerman. Ada tahap-tahap seleksi karena kualitas bus dan juga keselamatan penumpang merupakan hal yang paling utama. Selain itu untuk pengoprasian bus pun, Frend harus mendapatkan izin langsung dari Pemerintah untuk melewati masa percobaan jalan selama beberapa bulan.

Frend Franker mengungkapkan bahwa ia selaku pemilik Hafencity Riverbus sama sekali tidak mengharapkan hal yang buruk terjadi pada penumpangnya maupun bus amfibi ciptaannya. Bahkan sudah ada puluhan ribu wisatawan domestik maupun mancanegara yang telah berpetualang bersama Hafencity Riverbus dan terjamin keselamatannya.

Rute Perjalanan Hafencity Riverbus

Hafencity Riverbus melayani tur wisata di daerah persimpangan distrik Hafencity dan Rothenburgsort. Bus pariwisata ini membawa penumpang melintasi area wisata yang berada di perkotaan Jerman menuju pelabuhan Elbe Hamburg. Perjalanan akan menempuh waktu 70 menit, yaitu kurang lebih 40 menit untuk perjalanan darat dan 30 menit untuk perjalanan menyebrangi sungai.

Bus amfibi milik Frend ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 65 km per jam saat berada di daratan dan 7 knot saat berada di dalam air. Daya tampungnya pun cukup banyak,  Hafencity Riverbus dapat menampung sebanyak 36 penumpang beserta 3 kru bus lainnya. Selain itu, di dalam bus yang tergolong mewah ini terdapat perlengkapan standar layar LCD, pemutar DVD, bagasi, toilet, AC dan penghangat ruangan.

Fitur-fitur Lainnya

Ada banyak pula fitur lainnya yang membuat bus Frend Franker ini menjadi tampak mewah, seperti:

  • ABS ventilated disc brakes, perlengkapan elektrik dan elektronik canggih
  • Sistem navigasi yang lengkap antara lain reversing camera untuk penglihatan ke segala arah, sistem komunikasi pilot real time, dan juga pendeteksi kedalaman air.
  • GPS sesuai permintaan yang dilengkapi dengan AutoPilot
  • Perlengkapan keselamatan yang cukup lengkap seperti medical kit, jaket pelampung dan bahkan ada sekoci juga
  • Kualitas mesin yang sesuai dengan standar Euro 5 bertenaga jet
  • Lambung dan bodi bus menggunakan bahan 6 mm Marine Grade Aluminium yang merupakan standar angkatan laut yang ringan namun kuat, anti karat dan bahkan anti bocor.

Tutur Jan Peter Mahlestedt yang merupakan operator Hafencity Riverbus dan juga Frend Franker, layanan tur keliling kota seperti ini bukanlah yang pertama di Eropa. Beberapa kota besar di Eropa seperti London, Rotterdam dan Lisbon pun juga telah beroprasi Hafencity Riverbus.

Artikel menarik lainnya :

Itulah sekilas tentang bus wisata, Havencity Riverbus. Semoga dapat terinspirasi dan bersedia mengambil manfaat dari yang penulis sampaikan, seperti Frend Franker yang kemudian mendapat inspirasi setelah melihat transportasi bus air di Singapura.


Loading...
Baca selengkapnya

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close