digital marketing

Hal Penting Dalam Digital Marketing Untuk Bisnis B2B

Digital marketingmerupakan salah satu metode marketing yang paling banyak digunakan oleh para pebisinis untuk mengembangkan bisnisnya. Kebutuhan pengguna akan layanan atau akses internet yang saat ini semakin tinggi, membuat digital marketing berpotensi besar dalam memberikan dampak pada sales/angka penjualan suatu produk.

Hal tersebutlah yang menjadi landasan dasar mengapa marketing melalui media digital menjadi pilihan banyak pebisnis saat ini, terutama bisnis B2C (Business to Customer).

Bukan hanya pebisnis B2C (Business to Customer), bahkan para pebisnis B2B(Business to Business) pun juga banyak yang mengandalkan digital marketing sebagai salah satu strategi marketing mereka.

Untuk anda yang belum mengetahui apa itu business B2B sebelumnya, bisnis B2B dapat didefinisikan sebagai bisnis yang dimana transaksinya dilakukan oleh satu entitas bisnis dengan entitas bisnis lainnya. Secara sederhananya, bisnis B2B ini menargetkan badan usaha atau perusahaan sebagai customer/target marketing mereka.

Contoh sederhana dari bisnis B2B ini dapat dilihat pada bisnis kuliner yang bergerak di bidang catering. Jika sebuah bisnis katering menargetkan perusahaan atau badan usaha tertentu. Sebagai customer mereka (bukan perorangan), maka bisnis katering tersebut dapat digolongkan ke dalam bisnis B2B.

Contohnya

Jika anda memiliki bisnis di bidang kuliner dengan spesifik produk yaknik catering (seperti yang disebutkan sebelumnya) dan anda mendapatkan tawaran project/pesanan.

Untuk memenuhi kebutuhan catering karyawan dari sebuah perusahaan, maka bisnis anda tersebut adalah bisnis B2B yang mana customer anda adalah entitas bisnis lainnya (perusahaan yang memesan katering anda).

Loading...

Untuk bisnis B2B, terdapat beberapa hal penting yang perlu anda ketahui terkait dengan penerapan digital marketing. Beberapa hal yang dimaksud sebelumnya akan sangat mempengaruhi keefektifan digital marketing yang anda terapkan.

Namun apa saja beberapa hal penting yang dimaksud sebelumnya?. Nah, klikmania akan membagi informasi tersebut untuk anda.

Website adalah cerminan bisnis digital marketing Anda

digital marketing

Poin penting yang paling utama dari digital marketing untuk bisnis B2B. Yang harus anda ketahui adalah website bisnis anda merupakan cerminan bisnis anda. Website bisnis anda adalah profile dari perusahaan atau bisnis anda. Tampilan website akan sangat berpengaruh dalam membangun kesan pertama calon customer/ audience anda terhadap bisnis yang anda jalankan.

Hal tersebutlah yang membuat tampilan website anda adalah salah satu hal utama yang penting dalam digital marketing B2B.

Selain membangun tampilan semenarik mungkin untuk display website bisnis anda, konten juga adalah bagian lain yang harus diperhatikan. Konten website yang menarik dan tentu saja bermanfaat akan mampu mengedukasi calon customer anda mengenai produk atau layanan yang bisnis anda tawarkan.

Maka dari itu, memastikan bahwa website bisnis anda disupport oleh konten-konten berkualitas. Baik blog, infografik bahkan video mesti masuk ke daftar prioritas anda dalam menerapkan digital marketing untuk memberikan alur cerita tentang bisnis anda.

Jangan lupa juga untuk menerapkan SEO yang baik pada website anda agar visibilitasnya di mata search engine dapat lebih optimal.

Mendengarkan pasar

permintaan-pasar

Selain mempersiapkan website bisnis anda semaksimal mungkin, anda juga perlu melakukan pengamatan pasar atau target marketing anda. Dalam semua bisnis, baik B2C maupun B2B, hal ini adalah poin basic yang harus anda lakukan.

Perhatikanlah pesaing bisnis anda dan ketahui apa yang mereka tawarkan ke pasar (audience/ calon customer). Hal ini akan membuat dinamika bisnis anda terus berkembang. Jika anda tidak melakukan langkah ini dengan benar, maka dapat dipastikan bahwa bisnis anda akan kalah saing dengan perusahaan atau pebisnis lain yang menjalankan bisnis dengan niche yang sama.

Sebagai analogi sederhana, jika anda menawarkan produk A dan B ke pasar. Namun di sisi lain pesaing bisnis anda dapat menawarkan produk A, B dan juga C, pastinya bisnis anda akan kalah. Padahal sebenarnya anda juga dapat menawarkan produk yang sama (A,B dan C).

Oleh karena itulah, anda selaku pelaku bisnis mesti mendengarkan apa yang dibutuhkan pasar/ client/ customer. Sehingga anda dapat menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

Menggunakan media sosial

Poin terakhir yang perlu anda ketahui mengenai digital marketing bisnis B2B adalah memanfaatkan media sosial. Media sosial akan sangat membantu dalam penerapan strategi marketing ini. Disarankan untuk anda agar menggunakan konten yang menarik sehingga dapat menarik dan juga berguna bagi target marketing anda.

Referensi lain : Cara Memanfaatkan Google Plus untuk Keperluan Bisnis

Selain itu, membagikan konten yang bermanfaat dan juga menarik, maka bisnis anda akan terlihat lebih professional dan menarik audience untuk membeli atau menggunakan produk anda.


Loading...

Bagikan

endarjulian

Penulis

Saya adalah penulis artikel online berstandar SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *