Internet

10 Hal Penting yang Sering Dilupakan saat Traveling

Walau segala rencana sudah dipersiapkan, tapi kesalahan saat traveling bisa jadi terjadi. Banyak hal penting yang sering dilupakan saat traveling oleh traveler. Hal-hal yang dianggap sepele, tapi berdampak besar. Hal itu bisa terjadi karena tidak ada traveler yang sempurna.

Kalau kamu tidak mau traveling kamu jadi bencana, buatlah rencana dengan baik, siapkan daftar barang & hal yang perlu dilakukan, dan belajarlah dari para traveler berpengalaman.

Traveler selalu punya pengalaman baik dan buruk selama traveling, dan apapun pengalaman mereka, semua itu bisa jadi pelajaran penting untuk kamu yang mau traveling.

Hal Penting yang Sering Dilupakan saat Traveling

So, berikut rangkuman dari hal-hal penting yang sering dilupakan traveler saat traveling:

  1. Lupa periksa cuaca tempat tujuan

Mungkin kamu ingin pergi ke pantai. Membayangkan diri berenang di pinggir pantai biru, atau sekadar berjalan di atas pasir putih di bawah langit biru yang cerah. Tapi kamu lupa cek cuaca di pantai yang kamu tuju. Pas sampai di pantai, turun hujan dan pantai mendadak ditutup karena cuaca buruk. Akhirnya kamu hanya bisa makan mie rebus di warung makan terdekat sambil nunggu hujan reda. Pernah mengalami hal itu?

Kamu bisa mengalami hal seperti itu kalau tidak cek cuaca tempat tujuan sebelum berangkat traveling. Kamu tahu kan bahwa musim panas bukan berarti tanpa hujan sama sekali? karena itu, jangan lupa cek ramalan cuaca ke manapun kamu mau pergi.

Packing baju dan semua kebutuhan kamu sesuai dengan tempat yang dituju. Ingatlah bahwa tempat hangat bisa jadi sangat panas, dan tempat sejuk bisa jadi sangat dingin. Kalau perlu bawa juga jaket atau payung untuk jaga-jaga, karena ramalan cuaca tidak selalu 100% akurat, apalagi di Indonesia.

  1. Smartphone mati, tidak bawa charger

Zaman sekarang smartphone sudah jadi kebutuhan dasar. Dan banyak traveler mengandalkan smartphone untuk kelancaran perjalanan mereka. Mulai dari cari info rute, cari info penginapan, cek harga tiket pesawat, dan tentu saja untuk selfie. Makanya banyak yang bilang, “gak ada smartphone sama dengan mati gaya”.

Tapi hal tidak terduga bisa terjadi. Kamu bisa saja lupa bawa smartphone, atau menghilangkannya di perjalanan, atau lupa bawa charger, atau meninggalkan charger di penginapan, atau kamu tidak sengaja merusak charger yang kamu bawa. Apapun alasannya, intinya kamu gak bisa pake smartphone, dan kehilangan semua informasi penting yang kamu simpan dalam smartphone milikmu itu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik siapkan salinan informasi penting yang kamu butuhkan. Misal dengan print out atau menuliskan nomor telepon orang-orang terdekat, nomor kontak penginapan, kode booking, rute dan jadwal perjalanan, serta menuliskan hal penting lain di jurnal yang praktis.

  1. Kartu ATM atau kartu kredit tidak bisa dipakai

Bisa jadi karena dibekukan, atau karena lupa PIN, atau karena alasan lainnya sehingga kartu ATM dan kartu kredit kamu tidak bisa dipakai. Padahal kamu perlu banget untuk melanjutkan perjalanan, atau untuk pulang.

Untuk mencegah hal seperti itu terjadi, hubungi bank atau perusahaan kartu kredit sebelum kamu berangkat traveling. Katakan pada mereka bahwa kamu akan traveling, dan pastikan bahwa kartu milikmu selalu aktif untuk digunakan.

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah kartu ATM atau kartu kredit hilang. Sebaiknya siapkan salinan buku tabungan dan kartu ATM (bisa berupa foto yang kamu simpan di smartphone). Kalau kartu ATM hilang waktu kamu traveling di dalam negeri, tinggal bawa foto kartu ATM dan foto buku tabungan ke bank cabang terdekat untuk minta pihak bank mencarikan solusi terbaik untukmu.

Atau kalau ingin lebih praktis, tinggal telepon bank/perusahaan kartu kredit. Untuk ini, kamu perlu ingat atau punya data nomor kartu milikmu.

  1. Biaya sms dan telepon internasional membengkak

Entah karena kamu tidak tahu ada roaming, atau karena tidak mengerti roaming itu seperti apa, atau karena kamu berada dalam situasi darurat dan terpaksa harus menelepon keluarga di rumah walau tahu roaming bisa menguras pulsa teleponmu.

Kamu mungkin tidak berencana kirim sms atau menelepon keluarga di kampung halaman saat traveling ke luar negeri, untuk berhemat. Tapi situasi darurat bisa saja terjadi. Untuk itu, sebaiknya install aplikasi komunikasi berbasis internet  di  smartphone milikmu dan milik keluargamu di rumah, misal Skype, WhatsApp, facebook, atau lainnya. Untuk akses internetnya, kamu bisa manfaatkan WiFi gratis yang tersedia di banyak tempat. Ini adalah solusi murah untuk komunikasi dengan keluarga di kampung halaman.

Tapi kalau kamu traveling di dalam negeri, kamu tidak perlu khawatir soal roaming. Dan tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan komunikasi berbasis internet, karena tetap lebih murah dibanding telepon, bahkan untuk jarak domestik sekalipun.

  1. Kehilangan dokumen penting

Dokumen yang penting dibawa saat traveling, seperti passport, KTP, tiket, kartu ATM, beserta foto copy atau softcopy-nya. Sebaiknya siapkan paling tidak dua rangkat salinan untuk setiap dokumen penting. Satu rangkap untuk kamu bawa, satu rangkap lagi sebaiknya kamu titipkan pada keluarga atau orang terpercaya di rumah.

Aku sendiri lebih mengandalkan salinan berupa softcopy. Menggunakan smartphone untuk memotret dokumen penting, lalu menyimpan file fotonya di smartphone serta mengupload-nya ke email atau cloud. Supaya bisa selalu kuakses dengan mudah selama ada internet.

Yang penting kamu ingat di sini adalah: jangan lupa password dari tempat kamu menyimpan dokumen. Bayangkan kalau kamu kehilangan dokumen penting saat traveling, kamu menyimpan softcopy di cloud, tapi lupa password untuk mengaksesnya. Siapa yang akan bisa bantu?

  1. Bangun kesiangan atau datang terlambat

Pesawatmu berangkat jam 9 pagi, tapi kamu datang ke bandara jam 8;30 pagi karena bangun kesiangan. Kalau kamu pikir kamu masih bisa mengejar pesawat hanya dengan waktu 30 menit yang kamu punya di bandara, kamu salah besar.

Proses check in, pemeriksaan keamanan, dan semua proses yang perlu kamu lalui di bandara sampai kamu bisa duduk nyaman di kursi pesawat memerlukan waktu lebih dari 30 menit.

Untuk menghindari hal seperti ini terjadi, siapkan double alarm. Kadang satu buah jam alarm tidak cukup untuk membangunkanmu, karena itu minta juga orang terpercaya untuk membangunkanmu. Kalau kamu sedang menginap di hotel, kamu bisa minta bantuan pegawai hotel untuk meneleponmu di waktu yang diinginkan, supaya kamu tidak bangun terlambat.

  1. Lupa mengatur jam sesuai waktu tujuan

Tahu perbedaan zona waktu penting untuk mengatur jadwal perjalanan, dan supaya kamu tahu waktu yang tepat untuk menghubungi keluarga di rumah. Sesuaikan antara waktu di tempat tinggalmu dengan waktu di daerah tujuan.

Kamu tahu, kan Indonesia saja punya tiga zona waktu berbeda, yaitu: WIB, WITA, dan WIT. Kalau kamu traveling ke daerah dengan zona waktu berbeda, kamu perlu menyesuaikan jam dengan zona waktu di tempat yang kamu tuju.

  1. Booking fasilitas berbeda di kota berbeda

Misal kamu mau traveling ke kota Jacksonville di Amerika. Kamu booking pesawat untuk terbang ke Jacksonville, North Carolina, tapi booking hotel di Jacksonville, Florida. Hal seperti ini bisa terjadi kalau kamu tidak teliti melihat nama kota yang kamu tuju.

Di Indonesia juga ada banyak nama kota, daerah, atau nama jalan yang sama. Misal nama Depok yang merupakan kota di dekat Jakarta, dengan Depok yang merupakan kecamatan di Yogyakarta.

Kamu harus lebih teliti soal nama kota dan jalan, terutama saat booking tiket, dan booking penginapan. Jangan sampai kamu mau traveling ke Depok, Yogyakarta, tapi sewa penginapan di Depok, Jawa Barat.

  1. Lupa bawa perlengkapan mandi

Ini mungkin hal sepele, dan kamu mungkin berpikir bisa mendapatkan semua perlengkapan mandi di hotel tempat kamu menginap. Tapi bagaimana kalau kamu tertahan di bandara semalaman karena pesawat ditunda?

Lalu di pagi harinya, terpaksa kamu terbang dengan mulut bau karena kamu tidak bawa sikat gigi sama sekali. Padahal kalau kamu bawa alat mandi, lalu menyempatkan diri untuk menyikat gigi di toilet bandara, maka paling tidak mulut kamu akan segar saat berada dalam pesawat.

  1. Meninggalkan barang di restoran

Yang paling sering terjadi adalah traveler yang meninggalkan jaket atau HP di restoran. Menyimpan jaket di kursi sebelah, dan menyimpan HP di atas meja. Lalu asyik makan sambil ngobrol dengan sesama traveler, setelah itu pergi tanpa ingat pada jaket dan HP.

Kalau termasuk orang yang pelupa atau khawatir akan mengalami hal seperti itu, sebaiknya jangan menyimpan jaket, HP, apalagi dokumen penting secara sembarangan di restoran. Selalu simpan HP dan dokumen penting dalam tas, lalu simpan tas tersebut di tempat yang jelas terlihat, mudah diraih, dan tempat yang pasti tidak akan kamu lupakan.

Banyak juga yang kehilangan barang-barangnya di kendaraan umum, seperti pesawat atau kereta, atau bus. Atau tertukar tas dengan tas milik orang lain. Hmm.. untuk yang satu ini, kamu perlu menempelkan label, memasang name tag, atau  menggunakan cara lain untuk memberi ciri khusus pada tas supaya tidak tertukar dengan tas milik orang lain. Kecuali kalau kamu bawa tas eksklusif dengan desain satu-satunya di dunia, maka tasmu tidak akan pernah tertukar dengan milik orang lain.

Kamu perlu ingat untuk selalu ekstra hati-hati saat membawa dan menyimpan barang-barangmu. Ekstra hati-hati lebih baik daripada kehilangan.

  1. Lupa cari info transportasi di tempat tujuan

Kalau kamu mengandalkan moda transportasi umum saat traveling, maka kamu perlu cari informasi moda transportasi yang digunakan di tempat tujuan. Setiap kota atau daerah punya jenis transportasi berbeda-beda. Dari angkot, kol mini, bus kota, taksi, ojek, becak, dan lainnya. Cari tahu mana yang paling sesuai dengan tujuan dan anggaran kamu.

Kalau kamu traveling ke kota serta menginginkan moda transportasi yang praktis dan murah, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk memasang aplikasi go-jek di smartphone milikmu. Tidak semua daerah di kota dilalui oleh angkot dan bus kota, maka go-jek bisa jadi solusi terbaik untuk membantu perjalananmu. Ongkos ojek jauh lebih murah dari ongkos taksi, kan?

Tahu info transportasi yang perlu kamu gunakan bisa mempermudah perjalananmu dan menghemat uangmu. Jangan sampai kamu membuang waktu dan uang hanya untuk mencari kendaraan yang tepat.

Itu dia 10 hal penting yang sering dilupakan oleh traveler.

Jangan lupakan hal-hal ini di perjalananmu berikutnya.


Loading...

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close