Blogging

Berbagai Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ngeblog

Apa saja Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ngeblog? Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Menulis merupakan kegiatan yang mungkin sebagian kalangan menganggap asyik, termasuk saya sendiri. Bahkan dengan kegiatan menulis kita juga dapat mendapatkan rejeki dengan cara yang beragam, yakni diantaranya:

  1. Membuat buku,
  2. Menulis artikel di blog (blog orang lain maupun blog sendiri),
  3. Menulis artikel di koran,
  4. Menulis artikel untuk majalah,
  5. dll.

Dan juga walau kedengarannya mengasyikkan, terkadang mungkin kita juga sering merasa kesulitan saat menulis artikel. Yakni ketika kita sedang bengong mikir ide apa yang akan dituangkan pada tulisan kita. Namun ada juga beberapa kendala saat menulis artikel yakni sebagai berikut:

  1. Malas,
  2. bosan,
  3. gak punya ide,
  4. capek,
  5. dll.

Nah mungkin dari ke-4 poin diatas akan kita bahas dalam artikel ini.

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ngeblog

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ngeblog

Ada berbagai macam hal yang tentunya perlu kamu persiapkan sebelum kamu memulai ngeblog. Nah kita akan memulainya pada bagian ini.

Dibagian ini kita akan meringkasnya dulu tentang apa yang akan kita bahas pada artikel ini. Beberapa hal yang akan kita bahas di artikel ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memantapkan niat untuk ngeblog
  2. Memilih platform blog yang powerfull
  3. Membuat perencanaan artikel yang tersturktur
  4. Menentukan target promosi artikel

Mungkin dari ke-4 hal yang akan kita bahas tersebut kamu bisa menambahkan beberapa hal lagi di kolom komentar.

Baik, mari langsung saja kita bahas, ini dia berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum ngeblog.

Loading...

1. Memantapkan Niat Untuk Ngeblog

Memantapkan niat untuk ngeblog merupakan langkah awal yang perlu kamu lakukan. Karena mungkin ketika kamu sudah tengah jalan saat ngeblog, kamu akan merasa bosan dan malas untuk update artikel dan mengembangkan blog kamu, sehingga baru di tengah jalan saja blog kamu sudah bangkrut.

Sehingga hal yang perlu dipersiapkan sebelum ngeblog yang pertama adalah niat, sehingga nanti blognya akan berkembang dengan pesat. Misalnya di hati kamu ditanamkan niat yang dala untuk ngeblog dengan berbagai tujuan, yakni saya paparkan beberapa contohnya sebagai berikut:

  1. “Saya ngeblog untuk berdakwah”
  2. “Saya ingin menulis artikel di blog dengan tema pendidikan”
  3. “Saya ingin nulis di blog saya untuk dapet uang”
  4. “Saya ingin dapet uang dari blog untuk naik haji”
  5. “Saya ingin menghidupi orang tua saya dan keluarga saya lewat ngeblog.”

Nah niat tersebut bisa kamu dapatkan mungkin ketika kamu sedang ada dalam masalah, misalnya ketika keluarga kamu atau uang bulanan kamu lagi anjlok, maka mungkin kamu akan berfikir untuk menjurus ke pekerjaan berupa menjadi blogger, nah menurut saya hal ini mungkin tidak efektif, yakni ketika kamu menjadi seorang blogger namun dalam keadaan terpaksa, mungkin nantinya blog kamu akan kandas di tengah jalan.

Maka dari itu berusahalah untuk ngeblog dengan niat yang baik, misal planningnya jauh hari sebelum masalah datang, tapi tentu kita semua tidak tau kapan masalah atau ujian serta azab akan datang, semua itu Allah yang tau.

Maka dari itu cobalah untuk meluruskan niat kamu terlebih dulu sebelum melakukan pekerjaan sebagai seorang blogger, sehingga nantinya pada saat di pertengahan perjalanan kamu sebagai seorang blogger tidak kandas, Insya Allah.

2. Belajar Kemampuan Menulis

Hal yang selanjutnya yang perlu kamu kuasai sebelum kamu memulai ngeblog adalah dengan memiliki kemampuan menulis. Karena mungkin teman-teman sudah pada tahu, bahwa kebanyakan para blogger mengisi blognya dengan konten berupa teks atau tulisan, sehingga teman-teman perlu belajar terlebih dulu mengenai hal-hal menulis, seperti penempatan huruf kapital, dan yang lain sebagainya.

Nah untuk memiliki kemampuan tersebut teman-teman mungkin bisa review lagi ke masa lalu tentang pembelajaran materi tentang Bahasa Indonesia pas duduk di kelas SD atau pun SMP. Atau teman-teman juga bisa membeli buku-buku tentang pembelajaran Bahasa Indonesia.

Mengapa kita perlu mempelajari kemampuan menulis ini? Menurut saya sih untuk yang satu ini opsional, karena walau kamu tidak memiliki kemampuan menulis, kamu juga masih tetap bisa menjadi seorang blogger. Namun sebaiknya sih pada saat kamu hendak ngeblog kamu perlu belajar dulu tentang hal yang berkaitan dengan tulis menulis ini sehingga nantinya konten yang kamu tulis dapat masuk ke kategori berkualitas.

Berkualitas tersebut bisa berupa intonasi yang tepat, tanda titik atau koma yang pas, ejaan kata yang bagus, dan yang lainnya. Dan tentunya hal tersebut dapat kamu peroleh ilmunya dengan belajar dulu tentang ilmu tulis menulis atau Bahasa Indonesia.

3. Memilih Platform Blog yang Powerfull

Hal yang selanjutnya yang perlu kamu punya setelah memiliki kemampuan menulis adalah dengan memilih platform blog yang powerfull.

Arti dari akta powerfull di sini mungkin bisa diartikan ke berbagai maca makna, namun kata powerfull di sini saya artikan menjadi seperti hal yang sangat mantap dan bermanfaat.

Namun sebelumnya mari kita bahas dulu apa itu platform blog.

Nah begini, platform blog adalah penyedia layanan blogging, entah itu gratis atau ada juga yang berbayar. Kalau yang berbayar tentunya kemungkinan besar memiliki sisi powerfull yang lebih hebat dibandingkan yang gratisan.

Namun hal tersebut tidak menutupi bahwa platform blogger yang gratisan pun memiliki tingkat powerfull yang bisa melebihi yang berbayar, asalkan kita sudah tau sifat-sifat dari platform tersebut dan tau trik-triknya untuk membuat platform blog tersebut menjadi powerfull (tentunya dengan cara yang legal ya).

Baca : Perbandingan Blog Gratis Dan Berbayar Dari Segi Pengunjung

Untuk platform-platform tersebut dapat kamu temukan di internet, karena kalau saya sebutkan takutnya nanti melanggar copyright, sehingga biar aman, sebaiknya kamu cari saja di internet dengan keyword “best blogging platform”, maka ada dua kemungkinan yang muncul, yaitu:

  1. Akan langsung muncul si platform tersebut
  2. akan muncul blog-blog yang mengulas berbagai platform blog

Lalu apa sih ciri-ciri dari platform blog yang powerfull? Nah adapun berbagai ciri-ciri dari platform blog yang powerfull adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki fitur-fitur yang bagus,
  2. Gratis (opsional),
  3. Mudah digunakan,
  4. Tampilan yang friendly,

4. Membuat Perencanaan Artikel yang Tersturktur

Nah setelah kamu sudah memiilih platform blog yang powefull, step atau hal yang perlu dipersiapkan sebelum Ngeblog selanjutnya adalah membuat berbagai macam target atau perencanaan artikel yang tentunya terstruktur.

Maksud dari terstruktur ini adalah artikel yang strukturnya baik dan benar.

Contohnya seperti ini, misal di hari minggu pertama ngeblog, kamu akan menulis artikel yang punya tema smartphone, nah kemudian di hari pertama tersebut kamu ngeblog atau nulis artikel dengan judul tentang salah satu brand smartphone, kemudian di hari kedua kamu nulis artikel dengan judul yang seakan-akan membahas brand yang lain.

Kemudian di minggu kedua kamu ingin membuat artikel dengan tema blogging, nah di hari ke 8 (minggu ke-2 di hari ke-1) kamu membuat artikel tentang tips dan trik SEO, dan yang lain sebagainya.

Faktanya, tidak semua jenis konten akan bisa populer. Meskipun sudah dipromosikan dengan benar.

Maka dari itu mindset ‘promosi konten’ sudah harus anda pegang sejak sebelum konten diterbitkan…bahkan sebelum dibuat.

5. Menentukan Target Promosi Artikel

Menentukan target promosi artikel adalah hal yang perlu dipersiapkan sebelum Ngeblog yang paling penting. Nah setelah blog kamu memiliki artikel yang banyak seperti ratusan, atau mungkin ribuan, dan kamu belum mempromosikan blog kamu tersebut, mungkin saatnya untuk kamu melakukan promosi terhadap blog kamu tersebut.

Baca : Strategi Promosi Blog Terbaik untuk Pemula

Usahakan promosi yang kamu lakukan itu tertarget. Jadi mislanya seperti ini, kamu ingin mempromosikan artkel kamu yang membahas tentang smartphone, maka cobalah untuk melakukan promosi artikel tersebut ke group-group media sosial yang ngebahas tentang smartphone, maka Insya Allah artikel kamu akan melonjak visitorsnya.

Penutup

Nah bagaiman menurut kamu? Mudah bukan berbagai persiapannya? Maka dari itu silahkan kamu coba untuk melakukan berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan sebelum Ngeblog. Baik, demikian artikel ini saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Sekian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Loading...

Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

One Comment

  1. Rasanya makin susah buat maju blogging saat ini..

    apalagi saingan rasanya terus saja bertambah seiring hari ..
    masalah marketing blog juga jadi kendala tersendiri dalam ngeblog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *