Optimasi Blog

Apakah Halaman Pertama Google Berpeluang Juga Untuk Blog baru?

Halaman pertama google untuk blog baru? Apa mungkin karena secara kebetulan saja? Oh, tentu saja tidak..karena blog baru juga punya peluang yang sama di search engine.

Baiklah, saya bukan tukang obat yang mau menawarkan hal yang tidak pasti. Tapi setidaknya bisa memberi gambaran secara sederhana tentang SEO.

Jika Anda harus mempelajari 200 faktor yang mempengaruhi ranking website di Google, maka Anda sendiri yang akan capek. Ujung-ujungnya hanya selalu berpedoman tentang itu. Sebab menurut pandangan saya SEO itu dinamis dan selalu berubah-ubah menurut Algoritma google yang selalu berubah pula.

Jadi jika hanya mengandalkan sebuah patokan berarti Anda melewatkan sesuatu, update algoritma memberikan sinyal perubahan statis. Jadi mau tidak mau ya harus mengikuti, jangan takut bereksperimen jika sesuatunya menghasilkan hal yang lebih baik.

Halaman pertama google tidak selamanya dikuasai blog besar

Secara kasat mata hal ini telah banyak terbukti, bahwa blog yang sudah uzur tidak mampu mempertahankan SERP (Search Engine Result Page) di halaman pertama google. Bahkan blog baru mampu bersaing dan menduduki peringkat SERP yang lebih baik.

Buktinya dengan adanya penurunan visitor secara drastis, itu artinya banyak artikel di halaman pertama google perlahan-lahan mulai lengser dan tergantikan dengan artikel dengan posisi SERP yang lebih kuat. Apa penyebabnya?

Halaman pertama google
Grafik alexa rank dibaca dari kiri ke kanan.

Gambar di atas adalah grafik dari Alexa rank, kedua situs besar ini mengalami penurunan visitor yang sangat mencolok. Ini yang saya katakan mengenai algoritma google yang dinamis dan selalu berubah-ubah.

Yah, semoga saja bisa cepat pulih visitornya. Sebab untuk mendapatkan visitor tidak mudah, perlu waktu berbulan-bulan dan kerja keras.

Loading...
halaman pertama google
Maaf mbak juragan gambarnya saya pinjam dulu, semoga cepat pulih visitornya ya.

Apakah blog baru berpeluang menduduki halaman pertama google?

 Ya, tentu saja..Dengan penurunan SERP otomatis halaman paling atas di google tentunya ada pergeseran tempat, ini yang disebut rotasi SERP. Peluangnya bisa untuk siapa saja termasuk untuk blog baru yang memenuhi beberapa kriteria yang lebih dominan di mata search engine google.

Dibawah ini adalah beberapa kriteria penting untuk blog baru agar bisa bersaing menduduki halaman pertama google

Yang saya katakan sebagai blog baru adalah blog yang berusia 3 sampai 5 bulan atau blog yang sudah memiliki setidaknya 40 – 60 artikel yang memadai. Ini sebagai perbandingan dengan blog yang sudah lama atau memiliki ratusan konten.

Kriteria penting tersebut adalah :

1.  Struktur template

halaman pertama google
Tidak ada masalah dalam Structured Data Testing Tool

Perhatikan Kecepatan situs

  • Kriteria lain adalah template yang fast loading, yang mampu mengadaptasi kecepatan blog sehingga lebih di utamakan oleh mesin pencari.
  • Struktur metatag yang lengkap sehingga mudah ditemukan mesin pencari.

2. Kualitas konten

Mungkin hal ini tidak perlu saya jelaskan lagi, setidaknya semua blogger berlomba-lomba membuat konten yang berkualitas. Tetapi saya perlu tekankan lagi, untuk menuju halaman pertama google Anda benar-benar harus membuat konten super kualitas.

Artinya anda harus mengetahui secara persis siapa yang menduduki peringkat pertama di halaman google, lihat kualitas kontennya, lihat panjang katanya, amati gambar pendukung dalam konten dan analisa sebaik-baiknya.

Setelah itu Anda hanya perlu membuat artikel yang sama, tetapi 3 kali lebih baik daripada konten yang menduduki halaman pertama google. Jika dalam konten tersebut memiliki panjang 1000 kata, maka Anda harus membuat 3000 kata.

Anda boleh percaya atau tidak, tetapi saya telah membuktikannya. Tidak menjadi masalah, siapa yang bisa memberikan yang terbaik maka dia akan menjadi pemenang. Menurut saya pribadi..SEO adalah sebuah kompetisi.

3. Link

Saat ini link masih menjadi acuan sebuah situs untuk mencapai peringkat terbaik, mesin pencari dengan algoritma membaca struktur link untuk merayapi dan menjelajahi setiap konten. Link sendiri secara umum terbagi menjadi :

  • Internal link
  • Eksternal link
  • Backlink

Penerapan link yang tepat pada sebuah konten akan memberikan nilai lebih dimata pencari, tetapi Anda juga harus tau bahwa link juga menjadi buah simalakama. Jadi pergunakan dan manfaatkan link dengan sebaik-baiknya untuk blog Anda secara keseluruhan.

Baca referensi artikel mengenai Link dibawah ini :



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

11 Comments

  1. Salam kenal, mas gani.
    Pembahasan pada artikelnya betul, itu terjadi pada blog saya. Usianya baru tujuh bulan, artikel baru 30-an, dan template bawaan blocker, tapi salah satu artikel saya nangkring di halaman pertama dan urutan pertama google di seluler dan kedua di desktop. Sepertinya itu karena judul yg saya gunakan keyword no 1.
    Salam sukses mas gani, semoga artikel di webnya tambah bermanfaat.

    1. Salam kenal juga mas Akbar, semoga artkelnya selalu berada di halaman utama.
      By the way usia blog 7 bulan kok hanya 30 artikel ..? ๐Ÿ˜€

  2. Ya tuan Gani saya amat bersetuju dengan idea yanf tuan lontarkan . Tidak selamanya kita akan berada diatas lebih kurang begitulah perumpaanya. Kekadanf yang blog lebih lama dan dirasanya hebat maka owner akan buat sambil lewa kerana disangkanya dia sudah hebat dan sedangkan si kecil baru merangkak berusaha siang dan malam memperbaiki blognya….macam saya masih belum tido hehehehhe…walaupun jam sudah 4 pagi masih membaca panduan tuan Gani untuk mantapkan blog saya…..tkasih tuan $

    1. Maaf tuan Aree, balas komentarnya terlewatkan…
      Nah, intinya untuk membuat artikel menjadi halaman pertama harus membuat artikel yang jauh lebih berkualitas. ๐Ÿ˜€ $

  3. Maaf mas agak keluar topik, Dalam Structured Data Testing Tool kok blog saya ada kesalahan seperti dibawah ini ya mas, cara memperbaikinya gimana soalnya saya gak paham kode html.

    author: tidak ada dan diwajibkan

    date Published: tidak ada dan diwajibkan

    headline: tidak ada dan diwajibkan

    image: tidak ada dan diwajibkan

    name: tidak ada dan diwajibkan

    publisher: tidak ada dan diwajibkan

    date Modified: tidak ada dan disarankan

    main Entity Of Page: tidak ada dan disarankan

    1. Template buatan siapa ya mas widodo..?
      Saya kasih rujukan buat memperbaiki Structured Data Testing, bisa ke blog kompi ajaib (Adi suryadi) atau ke blognya bung frangki.

      Soalnya saya sudah lama sekali nggak ngoprek blogspot semenjak berganti wordpress mas. Dulu saya pernah coba tutorialnya dan work, semoga bisa sedikit membantu.

  4. Pembahasan yang super mantap. Bener banget tuh mas, saya juga punya blog baru. Setelah saya melakukan postingan artikel perdana, saya melakukan cek di google,,eh ternyata pada saat itu baru bisa menduduki di halaman 4 google. Namun setelah 5 hari saya cek lagi ternyata sudah bisa menduduki di halaman awal google.

    1. Saat ini peluangnya hampir sama mas di search engine asalkan konten benar-benar memenuhi standar yang diharapkan dari sistem algoritma dinamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *