harga iklan adsense

Mengapa Harga Klik Iklan Adsense Saya Rendah?

Saya tau, pasti anda sudah capek dengan segala macam teori tentang cara meningkatkan pendapatan adsense. Apakah pelajaran adsense yang sudah anda dapatkan selama ini efektif? Dan apakah memang terbukti mampu meningkatkan harga iklan adsense dalam blog anda?

Jika Anda mau meluangkan sedikit waktu saja untuk membaca artikel ini, saya yakin akan ada peningkatan penghasilan adsense Anda selama ini. Itu artinya akan ada sedikit lonjakan nilai terutama harga iklan adsense atau yang sering kita sebut dengan cost per click (CPC) atau Biaya Per klik (BPK).

Mengapa harga iklan adsense tidak sama?

Mengapa harga klik iklan adsense tidak sama antara blog satu dengan blog lainnya? Inilah pertanyaannya, mengapa harga iklan adsense anda nilai kliknya kecil bahkan cenderung rendah, hanya dalam kisaran 0.01 dolar. Ini yang menjadi beberapa alasan publisher adsense menjadi malas dan tidak bersemangat.

Apa sebabnya? Karena anda tidak melakukan optimasi iklan adsense

Sehingga harga iklan adsense dalam blog anda pun tidak beranjak naik dan cenderung berada pada nilai yang rendah, ini sangat disayangkan. Padahal trafik blog anda lumayan tinggi. Nah, beberapa alasan tersebut akan saya kupas berdasarkan pengalaman saya menjadi publisher adsense.

Perlu anda ketahui

Kita tidak akan pernah tau berapa harga iklan adsense dalam satuan klik, karena hanya pihak advertiser (pengiklan) dan pihak google sebagai penyelenggara pogram adsense yang mengetahuinya.

Apakah karena faktor niche blog?

Loading...

Beberapa orang beranggapan bahwa niche blog yang hanya fokus dalam kategori tertentu akan berpeluang menghasilkan nilai CPC yang tinggi. Dibandingkan dengan blog gado-gado. Itu memang benar, tapi tidak sepenuhnya benar jika iklan adsense tidak di optimasi.

Keuntungan niche blog dalam satu kategori tertentu akan lebih berpeluang mendapatkan harga iklan adsense yang tinggi, karena rata-rata konten juga fokus hanya pada pembahasan yang sejenis.

Lantas apakah blog gado-gado akan bisa mendapatkan peluang yang sama? 

Blog gado-gado adalah blog yang kontennya berisi banyak sekali kategori dan dijadikan dalam satu blog. Biasanya konten dipilih secara acak dan lebih berprioritas kepada artikel yang sudah populer atau artikel yang banyak dicari orang.

Karena banyak konten pilihan yang banyak dicari orang, blog gado-gado lebih berpeluang untuk mendapatkan trafik yang tinggi. Itu kalau penulis blognya mampu mengalahkan persaingan di halaman google dengan menerapkan SEO pada blog secara maksimal.

Dalam hal ini saya memberi beberapa memberi sedikit penjelasan agar semua niche blog termasuk blog gado-gado bisa memperoleh peluang yang sama, yaitu mendapatkan harga iklan adsense yang tinggi.

Optimasi iklan adsense

Ini yang saya singgung mulai dari pertama, yaitu optimasi iklan adsense. Banyak publisher yang tidak memanfaatkan fasilitas ini sehingga harga iklan adsense dibawah rata-rata. Kebanyakan yang diterapkan dalam pemasangan iklan adsense adalah memilih ukuran unit iklan lalu menempatkan kode iklan di blog.

Untuk optimasi iklan adsense yang paling penting adalah membuat saluran khusus adsense atau sering disebut custom channels, dengan begitu iklan akan lebih tertarget dan berpeluang mempunyai harga klik yang tinggi.

Pihak advertiser yang memilih

Saluran khusus adsense adalah channel yang dipilih oleh pihak advertiser  (pengiklan) melalui riset tentang produk yang akan di iklankan. Advertiser tentunya akan memilih saluran berdasarkan kategori yang di inginkan dan berani membayar lebih melalui hasil lelang.

Untuk lebih jelas mengenai saluran khusus adsense anda bisa baca artikel yang sudah saya bahas secara lengkap dibawah ini.

Baca : Cara Membuat Saluran Khusus Adsense Agar Iklan Lebih Maksimal

Penerapan saluran khusus adsense pada setiap niche blog

Saluran khusus adsense memungkinkan untuk bisa membuat 500 saluran, tentunya hal ini bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Jangan cukup hanya membuat 1 saluran saja, karena pihak adsense sudah menyediakan hingga max 500.

Baca : Membuat saluran khusus Adsense

Untuk niche blog tertentu

Hal ini lebih mudah, karena niche blog dengan kategori tertentu biasanya membahas konten yang saling terkait dan hanya fokus tentang pembahasan sesuai dengan niche blog.

  • Buat saluran khusus adsense untuk home page – Yaitu iklan yang targetnya hanya muncul di homepage saja, buat custom channels dengan diskripsi utama pada niche blog anda.
  • Buat saluran khusus adsense untuk tag dan kategori – Yaitu iklan yang muncul sesuai dengan konten pada tag dan kategori tertentu.

Untuk niche blog gado-gado

Agar iklan tampil bisa menyesuaikan konten secara acak, kita perlu sedikit kerja keras dalam hal ini. Karena kita akan membuat banyak saluran khusus adsense sesuai dengan banyaknya kategori yang ada dalam blog gado-gado itu.

  • Buat daftar dan jumlah kategori yang ada dalam blog gado-gado tersebut, misalnya kesehatan, pendidikan, kecantikan dan semua kategori yang ada dalam satu blog.
  • Buat saluran khusus adsense satu-persatu sesuai dengan kategori yang sudah dicatat dalam daftar.

Saya tau, kalau ini adalah pekerjaan yang sangat merepotkan. Apalagi blog sudah terlanjur banyak di isi dengan kategori yang bermacam-macam dalam setiap postingan. Tetapi inilah salah satu cara menampilkan iklan yang relevan sesuai dengan konten.

Kalau anda merasa kerepotan, bisa buat saluran adsense tersebut dalam beberapa tahap. Misalnya hari ini dan bisa dikerjakan untuk keesokan harinya.

 Menargetkan iklan menurut kata kunci

Istilah ini sering disebut Hihg Paying Keyword (HPK), adalah kata kunci yang banyak di perebutkan, karena nilai atau harganya yang sangat tinggi. Secara logika tingkat persaingan pun menjadi tinggi, sebab banyak web atau blog mengincar high paying keyword untuk lebih meningkatkan pendapatan google adsense.

Dengan menganalisa dan mengetahui tingkat persaingan, kita masih mendapatkan kesempatan untuk menerapkan high paying keyword kedalam artikel atau postingan blog.

Tips menganalisa high paying keyword

Memilih kata kunci dengan persaingan rendah (medium, low) adalah pilihan yang bijak, sebab kita masih mampu bersaing dalam hasil pencarian di search engine terutama google.

Kita masih bisa mengandalkan pencarian kata kunci yang tinggi (high) tentunya dengan nilai iklan yang lebih besar dengan menggabungkan high paying keyword dengan long tail keyword, karena pencarian akan lebih spesifik dan tertarget.

Baca selengkapnya : Tips Menganalisa & Mendapatkan High Paying Keyword Google Adsense

Cara iklan ditargetkan ke situs Anda

Nah, dibawah ini adalah cara iklan adsense ditargetkan kedalam situs atau blog anda, pihak google adsense memiliki kriteria tertentu sehingga harga iklan adsense bisa bervariasi antara blog satu dengan blog lainnya.

Iklan yang bertarget penempatan mungkin tidak terkait dengan tepat ke konten laman, namun dipilih oleh pengiklan yang telah menentukan kecocokan antara minat pengguna dan tawaran mereka.

harga iklan adsense

Jenis penargetan iklan adsense antara lain : 

  • Penargetan kontekstual
  • Penargetan penempatan
  • Periklanan menurut minat
  • Penargetan bahasa

Baca sumber resmi 

Konten adalah hal penting untuk penargetan iklan

Anda mungkin mengetahui bahwa cara kerja AdSense adalah melalui perayapan konten di laman web, kemudian menampilkan iklan berdasarkan konten tersebut.

Artinya, jika konten Anda terbatas, perayap mungkin menemui kesulitan dalam mengidentifikasi informasi di laman. Akibatnya, Anda mungkin melihat iklan yang tidak langsung terkait dengan laman.

Berikut ini solusinya:
Pastikan laman Anda penuh dengan konten menarik. Semakin banyak informasi berbasis teks yang ditargetkan untuk perayap, maka semakin mudah bagi sistem untuk menentukan tema laman Anda, dan relevansi iklan Google akan semakin besar. Ini akan meningkatkan efektivitas program AdSense sehingga pengalaman pengguna menjadi lebih baik, sekaligus juga bagi pengiklan yang muncul di laman Anda.

Baca sumber

Dibawah ini adalah beberapa nilai CPC/BPK (Biaya Per Klik) yang pernah saya hasilkan, dan nilai BPK nya bisa stabil.

harga iklan adsense

Dengan nilai BPK (Biaya per Klik) yang tinggi, maka kita akan berpeluang mendapatkan penghasilan adsense yang lebih tinggi. Contoh yang paling mudah saja, jika anda mendapatkan klik 10 kali dengan nilai BPK 0.03 $ maka saya akan lebih unggul penghasilan dengan jumlah 1 klik saja untuk iklan.

Baca juga : Daftar Alternatif Adsense Terbaik 2016

Nah, itulah beberapa langkah yang harus ditempuh dalam optimasi iklan adsense, sehingga akan mendongkrak harga iklan adsense dalam blog anda. Sebenarnya kunci utamanya adalah satu, yaitu membuat konten yang lebih mengutamakan kepada pengguna. Selain beberapa hal dan cara tentang optimasi iklan adsense yang diterapkan.

Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    iwan rudiawan

    ( - 10:31)

    Mas maaf mau tanya …. mungkinkah nilai adsense NOL KOMA SEKIAN … tapi dalam mata uang IDR …misal cuma 0,5 IDR artinya cuma 1/2 rupiah … ????

    masih mending nilai NOL KOMA SEKIAN dalam mata uang DOLLAR … lha adesnse punya ku NOL KOMA SEKIAN IDR ?

    Avatar

    mantap bangget artikelnya mas gani, gak ada bosen”nya baca artikel di sini, klikmania blog paling oke dechhh,,,

    Avatar

    Ogi

    ( - 15:55)

    Maaf mas, boleh nanya. Btw, klikmania sejauh ini sudah menghasilkan brp per hari dari adsense? Saya masih kisaran 1-3k mas hehe

    Avatar

    vidinia

    ( - 11:35)

    mas mau tanya,, saya mendapat notifikasi seperti ini “Waktu Anda kurang dari satu bulan untuk memverifikasi PIN, jika tidak, unit iklan Anda akan berhenti menampilkan iklan.” saya telat untuk meminta pin kedua,, apa yang harus saya lakukan,, mohon bantuan nya,,,

    Avatar

    Yusuf

    ( - 14:04)

    Rasanya akan menjadi perjalanan yang panjang dan melelahkan menuju PO perdana Adsense ya mas? Kemarin BPK saya baru tembus Rp.250 perak per klik, mungkin publisher baru kali ya mas. Semoga bisa naik ya mas hehehe

    Avatar

    Binta

    ( - 19:57)

    Apakah device yg digunakan pengguna juga mempengaruhi cpc. Soalnya berdasarkan report adsense. Iklan yg diklik menggunakan komputer/dekstop slalu lbih tinggi dr iklan yg diklik menggunakan device mobile(smartphone). Perkliknya cma di hargai 0.01 dollar beda dengan dekstop yg bisa sampai bahkan sya pernah dapet 1.47 dollar perklik. Sya sudah terapkan custom channel tp blm berhasil. Adakah solusi laen?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:16)

      Untuk hasilnya memang tidak bisa di prediksi mas. Faktor dan hal lain yang bisa mempengaruhi adalah kualitas konten, kecepatan situs dan penempatan iklan.

    Avatar

    MRX

    ( - 07:47)

    gan, kenapa ya iklan yg ane pasang di postingan bentuknya kok persegi panjang? kenapa gk persegi aja (lebih besar) ini penampakannya

    Sample iklan

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:06)

      Tergantung ukuran iklan yang diambil mas.
      Apabila iklan ingn tampl persegi, gunakan ukuran iklan 300 x 250 atau 336 x 280

    Avatar

    maskhur hidayat

    ( - 23:24)

    mas mw tanya untuk jenis kategori iklan umum yang high paymen apa mas mhon djawab blog saya niche kesehatan ud dari 2014 smpe skg penghasilannya perbulan $3-9 g bsa lbih perklik cma 0,01-0,07 pdahal visitor perhari 2000-2700? apa kira2 yang kurang mhon dibantu

    Avatar

    Wahyudi Hamka

    ( - 07:16)

    Pertanyaan saya simple saja. Berapa mas gani hasilkan per hari dari iklan adsense….?? biar kami para newbie lebih gesit lagi. Kalau bisa saya mau saingi mas Gani hehehe…

    Avatar

    ga ada itungan pastinya berarti ya.. tapi makasih gan udah bagi bagi ilmu 🙂

    Avatar

    Kang Ibay

    ( - 01:05)

    Sekarang, blog niche sudah ga terlalu berpengaruh ke iklan mas (kalah dengan blog gado-gado), soalnya penayangan iklan sekarang tergantung cache dari browser kita bukan berdasarkan konten.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:51)

      Pengaruhnya sekarang cenderung pada iklan yang berbasis minat 😀

    Avatar

    Igh0

    ( - 00:12)

    Salam kenal master.Mau nanya nih kalo utk CPC youtube adsence ada tips nya nggak ?
    Soalnya hmpir 2 tahun menekuni nya,cpc ttap berkisar antara 0.01 – 0.02 dan lbih miris nya lgi yg mendominasi yaitu 0.01 .Mohon pncerahan nya master ?
    trimakasih.

    Avatar

    Az

    ( - 09:06)

    Mau tanya, cara buat label ads by google di daftar artikel seperti blog Mas Gani itu bagaimana ya? Yang di sebelah samping kanan.

    Avatar

    agussn

    ( - 02:32)

    Pak, saya mau tanya, untuk blog saya yang ini agus-sn.blogspot.com, sebenarnya pengunjungnya sudah lumayan (kurang lebih 1000 an seharinya) tetapi nilai klik sekitar 0.02 – 0.04, sebenarnya yang masih perlu diperbaiki pada bagian apa ya, karena untuk bentuk iklan sudah berkali kali saya ubah, tetapi tetap aja nilai satu kliknya masih segitu gitu aja. mohon pencerahannya pak. makasih atas bantuannya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:34)

      Beberapa Penentu nilai iklan Adsense sebenarnya adalah kualitas konten mas. Apabila konten kita bagus maka pengunjung akan berlama-lama di blog kita. Itu akan menambah nilai bounce rate dan memberikan nilai tersendiri buat Adsense.

    Avatar

    Rizqi

    ( - 16:07)

    muter-muter nyari eh ketemu yang lain dari yang lain, oke mas langsung saya pratekkan.
    saya punya blog indo visitor 500/day tapi kok hasilnya masih no koma kadang malah nol koma nol koma 😀

    makasih mas infonya, salam kenal.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:33)

      Silahkan dicoaba dulu mas Rizqi, jangan lupa untuk membuat saluran khusus Adsense.

    Avatar

    neka malini

    ( - 05:58)

    wah sangat sangat bermanfaat mas. tdnya saya blm tahu tntang optimasi adsense. setelah saya baca baca kayaknya ingin coba trik mas.

    Avatar

    Sigodang Pos

    ( - 10:31)

    Keren mas artikelnya. Pembahasannya lengkap.

    Avatar

    moch erwin

    ( - 18:35)

    ternyata menjadi blogger yang sukses itu tidak semudah yang saya pikirkan :'(

    Avatar

    rachma

    ( - 09:42)

    untuk saya, ini adalah tips yang baru.. sampai saat ini saya belum pernah memanfaatkan custom channel di akun adsense saya.. semoga CPC bisa meningkat setelah mempraktekkan tips ini..

    Avatar

    ayu wandira

    ( - 17:30)

    saya salah satu member mas gani di G+ tp silent reader semoga ilmunya semakin barokah mas 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 22:52)

      Amin mbak ayu wandira 😀 ,nggak nyangka ada penggemarnya 😀

    Avatar

    ayu wandira

    ( - 17:28)

    saya salah satu member mas gani di G+ tapi silent reader,semoga ilmunya barokah mas 🙂

    Avatar

    wah bikin ngiler nih BPK punya mas Gani. 🙂
    jadi pengen ikutan praktek …

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:06)

      By the way bisa dicoba,,nanti bisa dilihat hasil akhirnya mas ISyamsun 😀

    Avatar

    arief

    ( - 10:07)

    niatan untuk mendaftar adsense sudah ada, tapi melihat pengunjung masih sepi, jadi keinginan tersebut saya tunda. masih bingung, berapa jumlah pengunjung minimal perhari yang di tetapkan adsense.
    tetapi makasih kang gani atas infonya. 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:52)

      Sebenarnya pengunjung bukan sebagai prioritas Adsense, yang penting konten sudah memadai dan mencukupi untuk didaftarkan Adsense. Selain itu perhatikan juga kebijakan program Adsense. Mas Arief. 😀

    Avatar

    Satriyawan

    ( - 15:43)

    makasih mas infonya sangat bermanfaat sekali buat newbie seperti ane, sempet putus asa karena penghasilan minim akhirnya klik sndiri pke proxy dsb, tetapi kenak juga deh akun ane di suspend 30 hari, tpi setelah baca artikel di atas nanti akan ane terapin dah setelah akun ane kembali 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:13)

      Wah..hati-hati mas, untung tidak di banned.
      Ok deh mas Satriyawan, nanti bisa dicoba 😀

    Avatar

    HamilPlus

    ( - 02:05)

    terimakasih tutorialnya
    sya pernah bereksperimen untuk memasang HANYA 2 slot iklan, dengan harapan terjadi kompetisi antar advertiser yang tampil di blog saya, eh teryata sama saja ketika saya memasang 5 iklan (3ads+2link unit)

    BPK tinggi biasanya didapet saat awal2/dini hari, setelah pageviews >5ribuan semakin mengecil

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:48)

      Saya juga menerapkan 2 slot ukuran iklan, tapi 1 ukuran iklan saya tempatkan di dua tempat berbeda, hasilnya lumayan 😀

    Avatar

    Oni Zamroni

    ( - 06:38)

    Intinya kalo ingin mendapat hasil yang lebih besar dari adsense harus fokus posting artikel minimal 1 artikel per hari. Insya Allah kalo artikelnya original pasti gampang ko datengin visitor.. kalo visitor udah banyak masa sih ga ada yg klik iklannya.. hehe. Thanks infonya mas, sangat bermanfaat 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:26)

      Iya betul mas @oni zamroni 😀
      Yang paling utama adalah trafik, disamping kualitas konten dan relevansi.

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 11:11)

    Wuih mantap mas, artikelnya, yang saya lakukan selama ini belum terlalu banyak optimasi yang saya lakukan mas, setelah baca artikel ini saya jadi tertarik untuk membuat saluran khusus buat blog gado-gado saya mas, makasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:21)

      Memang penting membuat saluran iklan adsense mas, walaupun kita membuat hanya 3 sampai 4 unit iklan, tetapi bisa dibuat saluran khusus untuk setiap kategori artikel. Jangan lupa dicantumkan diskripsi secara lengkap.

      Sama-sama mas @isrofi, thanks juga atas atensinya 😀

    Avatar

    Komen Pertama… Haha

    Mas saya mau tanya perihal adsense, saya sudah memiliki akun adsense sekitar 2 bulan yg lalu..

    Saya tipe orang yg tidak terlalu memikirkan brapa penghasilan adsense yg saya dapatkan setiap hari. Namun ada pertanyaan yg terlintas dikepala.

    Pertanyaannya adalah :
    Apa jika ingin sukses diadsense, semisal pendapatan 200 dollar per bulan itu harus memiliki blog atau web lebih dari satu yah mas? Soalnya saya sering baca di cerita2 orang yg sukses diadsense, kbanyakan dari mereka memiliki lebih dari satu blog. Bahkan mencapai puluhan..

    Terimakasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:16)

      Tidak sepenuhnya benar mas @bayu kurniawan. Menurut saya, fokus dulu terhadap 1 blog sampai benar-benar menghasilkan. Dengan kata lain, sampai 1 blog tersebut minimal dapat 3 ribu unik visitor setiap hari, baru setelah itu membuat rencana membangun blog lagi.

      Kalau tidak ya tetap fokus terhadap blog pertama, bahkan sampai batas maksimal pengunjung yang bisa diperoleh, misalnya 15.000 – 20.000 visitor setiap hari (bahkan lebih)

      Saya percaya dengan pengunjung sebanyak itu akan jauh lebih meghasilkan dari pada mempunyai 5 blog tetapi kita kebingungan mengelola blog satu-persatu. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *