Internet

Hari Ini 25 Kota di RI Bakal Disambangi Gerhana Matahari Cincin

Pemerintah Indonesia melalui BMKG telah resmi merilis daftar 25 kota yang bakal bisa melihat gerhana matahari cincin. Dalam laporan BMKG, akan terdapat 7 provinsi atau 25 kota yang dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin.

Adapun untuk 7 provinsi yang dimaksud BMKG adalah:

Aceh Kalimantan Barat
Sumatera Utara Kalimantan Timur
Riau Kalimantan Utara
Kepulauan Riau

25 Kota yang Disambangi Gerhana Matahari Cincin

Aceh
Sinabang Singkil
Sumatera Utara
Sibolga Pandan
Tarutung Padang Sidempuan
Sipirok Gunung Tua
Sibuhuan
Riau
Pasir Pengaraian Dumai
Bengkalis Siak Sri Indrapura
Selat Panjang
Kepulauan Riau
Tanjung Pinang Tanjung Balai Karimun
Batam Bandar Seri Bentan
Kalimantan Barat
Mempawah Singkawang
Sambas Bengkayang
Putussibau
Kalimantan Timur
Tanjungredep
Kalimantan Utara
Tanjungselor

Jangan Lupa Shalat Kusuf

Jika Anda bertempat tinggal di 25 kota yang sudah disebutkan, maka jangan lupa untuk melaksanakan shalat kusuf atau shalat gerhana karena hal yang demikian itu memang disyariatkan berdasarkan hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya.

“Matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat keduanya, berdo’alah pada Allah, lalu shalatlah hingga gerhana tersebut hilang (berakhir).” (HR. Bukhari 1043 dan Muslim 2147)

Bagaimana jika tidak melihat gerhana?

Dari hadits riwayat Imam Bukhari 1043 dan Imam Muslim 2147, Syaikh Bin Baz mengungkapkan jika orang-orang yang tidak melihat gerhana tidak disyariatkan untuk melaksanakan shalat.

“Dari hadis ini diketahui bahwa tidak disyariatkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang tidak melihat gerhana untuk melakukan shalat gerhana. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkaitkan perintah untuk melaksanakan shalat gerhana dan memperbanyak dzikir dengan rukyatul kusuf (melihat peristiwa gerhana).

“Bukan sebatas informasi dari ahli hisab yang memprediksi akan terjadi gerhana, tidak pula mengacu pada peristiwa gerhana yang ternyata di belahan daerah lainnya. Allah berfirman, yang artinya:

“Apa saja yang diberikan Rasul kepada kalian maka ambillah dan apa yang dilarang oleh Rasul untuk kalian maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7) (Majmu’ Fatawa Ibn Baz, 13:31)

Baca juga: Ini Bacaan Dzikir Setelah Sholat, Sudah Hafal Belum?

Berdasarkan press release dari Kemenag, puncak gerhana matahari cincin akan terjadi pada pukul 12:17 WIB, dan akan berakhir pada pukul 14:00 WIB. Jadi, ketika Anda melihat gerhana sedang terjadi, jangan melihatnya sebagai fenomena alam saja, namun lihatlah sebagai kuasa Allah Azza wa Jalla dan segeralah lakukan ibadah.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close