in

Harus Tahu! Ini Cara Mudah untuk Cek Kesehatan Sendiri di Rumah

cek kesehatan sendiri
PIXABAYA/HANS-2

Nikmat sehat adalah salah satu nikmat yang harus senantiasa disyukuri, karena apabila sudah jatuh sakit, biaya yang dikeluarkan untuk meraih kesembuhan akan jauh lebih mahal.

Untuk mengantisipasi datangnya sakit, beberapa langkah pencegahan sebenarnya juga bisa dilakukan, seperti mengecek kesehatan sendiri.

Ada serangkaian tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi tubuh Anda sedang dalam kondisi sehat atau sedang bermasalah.

Cek Kesehatan Sendiri dengan Empat Tes Ini

Ada empat tes yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kesehatan badan, dan berikut ini keempat tes yang bisa Anda lakukan:

1. Tes Kadar Gula Darah

Mengetes gula darah sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh dalam keadaan yang sehat atau tidak.

Apabila gula darah dalam kondisi yang tidak normal, bisa dipastikan tubuh terancam akan bahaya penyakit diabetes.

Perlu diketahui, diabetes adalah penyakit yang disebabkan ketika tubuh tidak bisa memproduksi insulin. Hasilnya, darah akan menumpuk dan tidak bergerak di dalam sel.

Adapun untuk melakukan pengetesan gula darah, Anda bisa menggunakan glukometer. Glukometer ini bisa dibeli di apotik atau tempat kesehatan lainnya.

Selain membeli glukometer, jangan lupa membeli jarumnya juga yang berfungsi untuk mengeluarkan darah pada bagian ujung jari.

Jika darah sudah didapatkan, segera tempatkan di ujung uji strip untuk mengetahui hasilnya. Apabila glukometer menunjukkan angka 70 sampai 99 mg per DL, maka gula darah Anda normal.

2. Tes Sistem Pernapasan

Selain melakukan tes gula darah, Anda juga bisa melakukan tes pada sistem pernapasan, di mana tes bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Langkah pertama adalah silakan tarik napas sebanyak tiga kali tanpa membuang napas dengan posisi duduk.

Apabila sudah, tahan napas selama 40 hingga 49 detik. Untuk melakukan penghitungan, Anda bisa menggunakan fitur stopwatch yang ada di smartphone.

Apabila tidak mampu menahan dari 40 detik, maka sistem pernapasan Anda bermasalah. Sebaliknya, jika mampu menahan napas selama 40 detik ke atas, maka sistem pernapasan Anda normal.

Apabila mampu lebih dari 50 detik, itu menunjukkan sistem pernapasan Anda yang masih sangat baik.

3. Tes Jantung

Tes jantung adalah salah satu tes kesehatan yang penting, dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke pusat kesehatan.

Untuk melakukan tes jantung cukup mudah caranya di mana Anda hanya perlu menekan area denyut nadi selama sepuluh detik sembari menghitungnya.

Hasil hitungan selama sepuluh detik kemudian dikalikan dengan angka enam. Dari perkalian tersebut akan diketahui jumlah detak jantung per menit (bpm).

Apabila detak jantung per menit yang Anda miliki berada di angka terendah, berarti kondisi tubuh berada dalam kondisi sehat.

4. Tes Lingkaran Pinggang

Tes terakhir yang bisa Anda lakukan adalah tes lingkaran pinggang dengan meletakkan pita pengukur dari pusar untuk melingkari perut.

Untuk wanita, lingkar pinggang yang tidak lebih dari 31 inchi akan jauh dari berbagai risiko penyakit seperti diabetes dan juga jantung.

Adapun untuk laki-laki, lingkar pinggang yang tidak lebih dari 36 bisa jauh dari penyakit diabetes dan jantung sebagaimana kaum wanita.

Solusi Agar Terhindar dari Penyakit

Cek kesehatan sendiri memang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Meskipun begitu, tes saja tidak cukup karena Anda harus melakukan pencegahan lain.

Solusi agar terhindar dari penyakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, serta rajin berolahraga setidaknya seminggu dua kali.

Agar aktivitas olahraga berjalan dengan nyaman, jangan lupa gunakan deodorant Rexona Sport Defense Roll On.

Rexona Sport Defense Roll On akan melindungi Anda dari keringat dan bau badan selama 48 jam. Dengan demikian, keringat yang keluar akibat olahraga tidak akan menganggu diri dan orang lain.

Komentar

Tulis Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0