Teknologi Masa Kini

Wow! 5 Hewan ini Adalah Inspirasi di Balik Hadirnya Teknologi Masa Kini

Teknologi yang ada di dunia saat ini merupakan teknologi yang sudah sangat luar biasa, manusia telah melakukan berbagai macam inovasi untuk menyempurnakan teknologi masa kini yang ditemukan pada masa lalu.

Tapi tahukah kamu, bahwa di balik teknologi-teknologi canggih yang ada di jaman sekarang ini, ternyata ada beberapa hewan yang berperan penting dalam memberikan inspirasi bagi para ilmuwan dalam menciptakan sebuah penemuan?

Wow! kira-kira hewan apa saja yang sudah memberikan inspirasi kepada ilmuwan ya.

5 Hewan ini Adalah Inspirasi di Balik Hadirnya Teknologi Masa Kini

teknologi masa kini

1. Tupai terbang di balik pembuatan kostum wingsuit

Pernahkah kamu melihat tupai terbang yang sedang meluncur, dan seakan terlihat terbang?

Nah, sayap milik tupai terbang itulah yang telah menginspirasi para ilmuwan untuk menciptakan baju terbang, atau dalam bahasa Inggris kita menyebutnya Wingsuit.

Kegiatan terbang dengan menggunakan kostum wingsuit ini sudah menjadi olahraga di beberapa negara. Kostum tersebut menambah luas permukaan tubuh manusia, sehingga memungkinkan penggunanya “Mengapung” di udara.

Sedangkan wingsuit moderen mulai dikenal pertama kali pada tahun 1990an, dengan desain permukaan antara kaki dan bawah lengan yang di tambahkan kain khusus. Para penerbangnya biasa mendarat dengan membuka parasut. Apabila kalau kamu mau terbang dengan kostum wingsuit, maka kamu harus berada di ketinggian yang cukup agar memungkinkan parasut terbuka.

Loading...

2. Lumba-lumba di balik penciptaan radar kapal selam

teknologi masa kini

Mamalia laut yang dikenal oleh manusia sebagai maklhuk yang cerdas ini, memiliki sebuah sistem unik bernama sonar, yang dipergunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan.

Oleh karena keunikan dari sonar milik lumba-lumba tersebut, para ilmuwan mendapat inspirasi hingga akhirnya dapat menciptakan radar kapal selam yang cara kerjanya mirip seperti sonar milik si lumba-lumba.

Selain sebagai radari pada kapal selam pemanfaatan sonar juga sangat berpengaruh dalam bidang medis, seperti memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mengamati janin bayi dalam kandungan (USG). Alat tersebut memancarkan berkas ultrasonik ke dalam rahim ibu hamil. Kemudian akan melacak perubahan frekuensi bunyi dari jantung yang berdenyut, serta darah yang beredar.

Selain itu, dalam bidang medis gelombang ultrasonik juga dipergunakan untuk mendeteksi penyakit yang terdapat pada tubuh pasien.

Gelombang ultrasonik juga bisa dipergunakan untuk teknologi masa kini guna mengukur kedalaman lautan yang penerapannya yakni memancarkan bunyi ke dalam air laut, serta merambatkan bunyi tersebut menurut garis lurus hingga mengenai sebuah palang seperti dasar lautan. Kedalaman bisa diukur dengan mencermati waktu yang dibutuhkan oleh gelombang bunyi yang terpantul dari dasar laut dan kembali ke permukaan.

3. Capung dan pembuatan helikopter

teknologi masa kini

Serangga berukuran kecil ini ternyata mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan teknologi masa kini. Sifatnya yang mampu melayang pada posisi tetap di udara, serta mendarat dengan mulus di tempat yang dia inginkan, menjadi inspirasi bagi para ilmuwan sejagad raya.

Penemuan helikopter sendiri memiliki perjalanan yang panjang. Melibatkan perkembangan teknologi, serta banyaknya ilmuan dalam merancang helikopter dengan teknologi yang ada seperti jaman sekarang ini.

Seperti yang kami kutip dari laman Wikipedia, dimana helikopter pertama yang diterbangkan manusia adalah Helikopter Breguet-Richet pada tahun 1907.

Meskipun terkesan jadul karena masih memerlukan empat orang untuk memegangi keempat kakinya, namun helikopter pertama ini menjadi sebuah keberhasilan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini.

Terlebih karena penerbangan tersebut telah membuktikan bahwa teori terbang vertikal adalah sebuah kenyataan dan dapat dikembangkan.

4. Ada udang di balik penciptaan teknologi 3D

teknologi masa kini

Udang Mantis tidak hanya memiliki tampilan yang mempesona lho, tetapi dia juga memiliki kemampuan menangkap cahaya yang terpolarisasi, sehingga menjadi dasar pengembangan teknologi 3D. Wow!

Hal yang membuat udang mantis ini unik, ialah karena spesies udang yang satu ini tidak hanya melihat cahaya. Namun dapat juga melihat getaran gelombang elektrik yang tidak dapat ditangkap oleh mata manusia.

Udang mantis mampu melihat cahaya yang terpolarisasi dan getaran median listrik yang beragam warnanya. Kelebihan tersebutlah yang akhirnya menginspirasi pengembang dan ilmuwan untuk mengembangkan sebuah material baru dengan struktur mirip lensa mata dari udang mantis.

5. Kaki Kecoa menginspirasi pembuatan robot yang dapat berlari dengan cepat

teknologi masa kini

Kalau menurutmu kecoa adalah maklhuk menjijikkan yang patut dihindari, hal tersebut tidak berlaku bagi para ilmuwan. Pasalnya, mereka telah menyadari bahwa kecoa memiliki keunikan pada enam kakinya yang membantu mereka bergerak dengan cepat.

Alam punya perpustakaan ide-ide rancangan. Keragaman ini memungkinkan penemuan. Kau tidak pernah tahu akan ke mana tujuan riset dasar. Penemuan paling penting sering kali dari makhluk-makhluk tak terduga, beberapa di antaranya menjijikkan – Robert Full.

Para ilmuan membangun sebuah robot pencari dan penyelamat yang terinspirasi dari kemampuan kecoa melewati celah yang sangat sempit. Para peneliti memperhatikan bagaimana kecoa bergegas hanya dalam waktu kurang dari satu detik dalam melewati celah sempit tersebut.

Hal ini membuat para ahli berpendapat jika ukuran kecoa diperbesar minimal seukuran manusia, maka kecepatannya akan setara 100 KM/jam.

Baca Juga : 5 Teknologi Masa Lalu yangTidak Akan Pernah Ditemukan Oleh Anak Jaman Sekarang

Itulah ke-5 hewan yang mempu menginspirasi ilmuwan untuk menciptakan teknologi masa kini yang luar biasa, tentunya teknologi tersebut juga akan mengalami berbagai penyempurnaan di masa yang akan mendatang.


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *