Ingin Hindari Bahaya Ponsel Meledak? Lakukan Tips Berikut Ini

Loading...

Masalah ponsel meledak memang banyak terjadi di masyarakat beberapa waktu lalu, bahkan banyak kasus yang ada di berbagai belahan dunia. Seperti pada kasus iPhone meledak pada seorang wanita bernama Wu dari Taichung City, yang sedang men-charge iPhone 8 miliknya.

Kasus ponsel meledak lain juga dialami oleh Yulianto, salah satu pegawai hotel. Smartphone Samsung yang ada di saku kemejanya meledak. Videonya sempat terekam CCTV dan menjadi pemberitaan dunia (http://www.dailymail.co.uk)

Kasus lainnya yang sempat viral adalah meldaknya ponsel Samsung Galaxy note 7, yang akhirnya ditarik dari peredaran. Beberapa maskapai penerbangan juga melarang penumpang membawa ponsel tersebut ke dalam pesawat karena beresiko meledak.

Pada dasarnya masalah ponsel meledak bisa saja terjadi karena keteledoran seseorang itu sendiri. Dimana banyak orang yang tetap menggunakan ponselnya meskipun sedang dicharge.

Sebenarnya pada saat ponsel sedang dicharge atau di isi dayanya, ponsel tersebut tidak boleh sambil digunakan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar nantinya dapat menghindari ponsel meledak.

Menghindari bahaya Ponsel Meledak

Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari bahaya ledakan ponsel tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Mengisi Daya Secara Benar

ponsel meledak

Pertama, Anda perlu mengisi daya secara benar. Penggunaan paling ideal sendiri adalah menggunakan charger yang mana sudah disediakan oleh vendor ponsel tersebut.

BacaInilah Alasan Tidak Boleh Menggunakan Charger Sembarangan untuk Ponsel

Selain itu pada saat ponsel sudah selesai di isi, maka lepas kabel tersebut. Karena jika ponsel tersebut kepanasan, maka nantinya bisa menimbulkan konsleting dan memiliki kemungkinan meledak.

Kemudian yang kedua adalah sebaiknya Anda meletakkan ponsel tersebut ke tempat yang aman pada saat mengisi daya.

Sebagian besar orang sering kali kecanduan dengan ponselnya, oleh karena itu banyak yang menggunakannya sebelum tidur dikasur. Bahkan sampai ketiduran dan tetap diletakkan dikasur.

Yang membuat berbahaya sendiri adalah pada saat memainkan ponsel tersebut dan kondisinya masih tersambung dengan kabel untuk mengisi daya.

Memastikan Ponsel Tidak Sampai Panas

Selanjutnya adalah usahakan untuk memastikan jika ponsel tersebut jangan sampai panas, hal tersebut juga bisa menjadi pemicu terjadinya ponsel meledak.

Dan untuk mengantisipasi masalah tersebut adalah menghindari pengisian daya berlebih dengan melepas lapisan ponsel.

Dan saat Anda bermain game, maka jika ponsel sudah mulai terasa panas, maka letakkan ponsel tersebut agar tidak semakin panas.

Hindari Tekanan Pada Ponsel

Anda juga perlu untuk menghindari tekanan pada ponsel, ponsel yang jatuh memang bisa saja mengakibatkan suatu kerusakan. Hal tersebut bisa mengakibatkan konsleting, terlebih jika kualitas dari baterai tidak baik.

Selain terjatuh, ponsel yang mana psosisinya terdapat tekanan karena diduduki ternyata bisa menimbulkan baterai bocor sehingga dapat berakibat ponsel meledak.

BacaMengapa Baterai Ponsel Bisa Meledak? Ini Penjelasannya

Mengganti Ponsel Dengan Yang Baru

Selain itu jika memang ponsel yang Anda beli tersebut meledak, maka jauh lebih baik jika Anda menggantinya dengan yang baru.

Dalam artia, jika Anda mendapatkan kabar jika terdapat orang yang memiliki ponsel satu tipe meledak, maka sebaiknya Anda tidak membeli ponsel tersebut.

Dan jika memang sudah terbeli, maka bisa menggantinya dengan yang baru agar nantinya dapat terhindar dari kasus tersebut.

Jadi pada intinya adalah jika Anda benar dalam menggunakan ponsel maka keselamatan Anda juga akan lebih terjamin dengan baik. Walaupun kasus ponsel meledak saat ini sudah jarang terjadi.

Bagikan


Loading...

Penulis

Add Comment

shares