Hindari Kebiasaan Interaksi Dengan Gadget Sebelum Tidur, Berbahaya!

Dahulu sebelum abad ke-19, berkomunikasi dengan orang yang jauh jaraknya adalah sesuatu yang sulit. Mencari informasi pun sulit, hanya dengan mengandalkan surat kabar dan radio. Tetapi di kemajuan zaman ini, bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk berkomunikasi dan mencari banyak informasi. Teknologi yang berkembang begitu pesat menjadikan semua pekerjaan menjadi lebih mudah, utamanya Gadget.

Gadget kini seolah sudah menjadi kebutuhan penting sehari-hari manusia yang tidak bisa dipisahkan. Akhir-akhir ini teknologi ini menjadi pendamping  paling setia manusia, bahkan dapat dikatakan bahwa tidak ada orang yang tidak memiliki ponsel saat ini. Beberapa waktu yang lalu, ponsel adalah salah satu benda yang paling mewah. Teapi sekarang hampir semua kalangan memilikinya.

Pengguna smartphone rata-rata menghabiskan waktu 140 menit untuk berinteraksi dengan smartphonenya dalam satu hari. Sedangkan pengguna laptop rata-rata menghabiskan waktu 4-6 jam untuk berinteraksi dengan laptopnya per hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam satu hari, hampir 30% waktu dihabiskan untuk berinteraksi dengan Gadget.

664xauto-jangan-mainan-ponsel-saat-mau-tidur-mengapa-1410031

Bermain gadget sebelum tidur via http://www.dream.co.id/

Karena ada banyaknya informasi yang bisa didapatkan menggunakan gadget, terkadang seseorang sulit berpisah dengan teknologi ini. Bahkan sebelum tidur harus menyempatkan diri untuk berinteraksi biarpun hanya untuk melihat pemberitahuan saja. Padahal ada begitu banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan jika terlalu sering melakukan hal tersebut sebelum tidur.

Bahaya Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

  • Menyebabkan Kanker

Dikutip oleh solopos.com dari Healthadvisorgroup pada hari Jum’at, 18 Maret 2016. Seorang pria berusia 40 tahun mengidap kanker mata karena kebiasaannya bermain handphone sebelum tidur. Awalnya pria tersebut merasakan matanya semakin lama semakin buram. Tetapi kemudian ia merasa ada yang tidak beres dengan dirinya setelah melihat matanya yang begitu merah tidak seperti sebelumnya.

Karena merasa ada yang salah dengan matanya, ia memeriksakan dirinya ke dokter. Dan sungguh mengejutkan, ternyata pria ini terserang kanker mata. Dokter menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena kebiasaan buruk sang pria yang selalu menyempatkan diri untuk bermain handphone selama 30 menit sebelum tidur.

Ketika seseorang terlalu sering berhadapan dengan cahaya handphone, retina mata akan rusak dan memicu pertumbuhan sel kanker.

Ada pula kanker lain yang dapat disebabkan oleh penggunaan gadget sebelum tidur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Cancer Prevention, sinar dari gadget menyebabkan radiasi yang akan meningkatkan resiko kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pekerja malam yang sering berinteraksi dan berpaparan langsung dengan sinar gadget. Persentase kanker payudara pada perempuan yang disebabkan oleh keseringan menggunakan teknologi sebelum tidur mencapai 17%. Kemudian para peneliti berasumsi bahwa sinar biru yang muncul dari teknologi ini dapat berdampak pada meningkatnya hormon esterogen yang dapat memicu munculnya gejala kanker payudara.

  • Menyebabkan Gangguan Tidur

Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari LRC (Lighting Research Center) di Rensselaer Polytechnic Institute percaya bahwa cahaya backlight pada gadget dapat menyebabkan penekanan melatonin. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa cahaya backlight  dapat menekan melatonin sekitar 22% dalam 2 jam paparan dengan cahaya tersebut.

Gadget

Portrait of an insomniac man trying to sleep in his bed via http://valleysleepcenter.com

Melatonin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh kelenjar pineal di malam hari dalam kondisi gelap. Jadi jika terkena cahaya pada malam hari dapat mengganggu tidur dengan menghentikan produksi melatonin. Penekanan melatonin oleh cahaya di malam hari itulah yang bisa mengakibatkan gangguan sirkadian yang akan mengakibatkan gangguan dalam tidur.

Baca juga : Boros Kuota? Ini Dia Tips Menghemat Kuota Data di Handphone

Demikian informasi yang dapat penulis sampaikan tentang bahaya keseringan berinteraksi dengan gadget sebelum tidur. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan semakin menghindari karena kebiasaan tersebut sangat berbahaya.

Related Posts

About The Author

Add Comment