Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress (Performa, Kualitas dan Harga)

Loading...

WordPress adalah salah satu pengelola konten yang paling banyak digunakan saat ini. Tapi untuk mengakses situs secara online dengan kualitas yang anda butuhkan, maka wajib untuk memilih hosting terbaik untuk WordPress.

Hal ini membutuhkan perhatian dan evaluasi sebelumnya, karena ada beragam pilihan hosting WordPress yang ada saat ini. Seperti hosting: gratis, shared, dedicated, managed dan VPS.

Agar dapat memilih opsi yang tepat untuk situs dan proyek Anda, penting untuk memahami bagaimana WordPress bekerja. Selain itu anda harus mengetahui fitur apa yang harus dianalisis sebelum menyewa hosting situs web.

Cara memilih hosting terbaik untuk WordPress

Hosting Terbaik untuk WordPress

Pahami WordPress

Dengan cara yang disederhanakan, WordPress adalah alat open source yang tersedia bagi pengguna untuk membuat situs web dan blog pribadi dan profesional mereka sendiri, blog dan aplikasi.

Salah satu manfaat besar alat ini adalah kemungkinan untuk memasukkan lebih dari 45.000 plugin yang berbeda sehingga situs anda disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

WordPress adalah platform yang sangat sederhana untuk digunakan situs web di berbagai area aktivitas. WordPress sendiri adalah CMS (Content Management Sistem)  yang bisa diunduh secara gratis.

Apa bedanya WordPress untuk platform lainnya?

Ada sekali platform yang bisa digunakan, namun yang membuat WordPress disukai di kalangan perusahaan kecil dan besar adalah memiliki komunitas yang aktif dan berkomitmen dengan alat ini.

Akibatnya, banyak pengembang (developer) mampu meningkatkan kinerja situs WordPress. Apa yang positif mempengaruhi bagaimana menghasilkan uang di Internet dengan situs web anda.

Selain itu, WordPress adalah sistem yang mudah digunakan yang menawarkan fitur menarik dan hebat seperti: sertifikasi keamanan, tema yang dapat disesuaikan, situs mobile dan optimasi SEO.

Baca26 Kelebihan CMS WordPress untuk Blogging dari Berbagai Aspek

Pentingnya Website Hosting

Saya tahu bahwa hosting situs web memainkan peran kunci agar situs web sukses, karena situs ini bertanggung jawab untuk memelihara situs yang aktif dan tersedia untuk kunjungan di Internet.

Terutama, jika Anda memiliki situs toko online atau web personal, maka hosting yang baik sangat penting agar laman anda tetap online tanpa terkendala masalah downtime.

Bagi anda yang menggunakan WordPress atau tertarik untuk membuat situs web di alat ini, disarankan agar anda mengevaluasi apakah struktur yang ditawarkan oleh layanan hosting mendukung kebutuhan situs web anda.

Jadi, dari poin yang disajikan, anda bisa mengerti betapa pentingnya memikirkan dalam memilih hosting terbaik untuk wordpress. Segera setelah itu, Anda akan melihat beberapa tip untuk memudahkan proses pilihan anda.

Tips Memilih WordPress Hosting

Ada beberapa pilihan layanan hosting untuk situs WordPress, baik gratis maupun berbayar. Karena itu, penting untuk membandingkan fitur situs anda dengan fitur yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

Saya akan membahas beberapa panduan yang dapat membantu memperjelas keraguan utama bagi anda seorang blogger, Internet marketer atau online shop untuk membangun sebauh web/blog.

Minimum requirement untuk WordPress

WordPress memiliki skrip ringan yang kompatibel dengan sebagian besar layanan hosting yang tersedia saat ini.

Namun, walaupun mendasar, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar situs WordPress anda berfungsi dengan baik seperti :

  • PHP: Versi 5.2.4 atau lebih tinggi
  • MySQL: Versi 5.0 atau lebih tinggi

Penting agar anda memperhatikan minimal dua persyaratan ini, namun perlu diingat bahwa tidak akan sulit menemukan hosting terbaik untuk wordpress yang memenuhi kebutuhan ini.

Situs web hosting besar memiliki layanan WordPress sendiri dan banyak di antaranya menawarkan fungsi instalasi satu klik.

Hosting WordPress Gratis

WordPress hosting di versi gratis memberi manfaat bagi mereka yang mulai berinvestasi di Internet dan berusaha menghemat uang, tapi seperti layanan gratis lainnya pasti memiliki keterbatasan.

Kerugian besar adalah terlalu banyak iklan muncul setiap saat di situs anda. Banyak hosting gratis bahkan memerlukan link ke iklan.

Faktor negatif lainnya adalah dengan layanan gratis anda tidak memiliki semua dukungan yang diperlukan, apalagi kontrak di mana hak anda terhadap kualitas layanan terjamin.

Bagi Anda yang ingin lebih profesional disarankan investasi sedikit dan menyewa hosting yang menawarkan sumber daya yang diperlukan untuk bisnis Internet Anda.

Shared WordPress Hosting

shared wordpress hosting

Layanan shared hosting adalah yang paling banyak digunakan saat ini, terutama bagi pemula di dunia digital. Selain harganya lebih terjangkau (karena memiliki server yang melayani beberapa bisnis), penyedia layanan biasanya menawarkan sumber daya tak terbatas.

Penting untuk diketahui, banyak perusahaan penyedia jasa hosting tidak menjelaskan kepada pelanggan mereka bahwa pengertian “unlimited” berbeda dengan tak terbatas.

Bila situs anda mencapai tingkat maksimum yang termasuk dalam paket hosting, anda harus meningkatkan versi atau paket hosting (upgrade), sehingga sumber daya hosting tidak menyebabkan masalah bagi situs anda.

Masalah besar adalah ketika situs Anda mulai ramai pengunjung, secara otomatis akan banyak memakan resource hosting dan menyebabkan CPU usage hosting tinggi sehingga situs lambat untuk diakses.

Kinerja situs yang dimaksud akan terpengaruh dan dapat menyebabkan masalah bagi semua situs yang berbagi server.

Namun seiring pertumbuhan situs dan bisnis anda yang ideal, sudah saatnya memikirkan pilihan WordPress Hosting lainnya.

Dedicated WordPress Hosting

Dedicated WordPress Hosting

Dedicated server tidak disarankan bagi pemula, karena jenis hosting ini cocok digunakan untuk situs dengan volume lalu lintas yang padat.

Apabila situs Anda berkembang dan tumbuh besar dengan trafik tinggi, maka Dedicated server adalah pilihan yang tepat. Keuntungan terbesar dari menyewa dedicated server adalah anda akan memiliki server fisik yang anda inginkan.

Artinya, Anda akan memiliki akses penuh ke server anda. Dari memilih sistem operasi dan perangkat keras yang akan digunakan.

Sebagian besar situs terbesar di dunia menggunakan layanan dedicated hosting karena performa yang dapat di andalkan serta penyelesaian masalah yang cepat.

Namun, penting untuk mengetahui bahwa anda memerlukan administrator untuk sistem ini. Seperti seorang profesional dalam bidang jaringan dan server.

Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting

Salah satu pilihan lain adalah managed hosting untuk WordPress. Layanan ini hosting ini menawarkan kenyamanan dan dukungan khusus.

Penyedia layanan hosting akan melakukan optimasi situs, backup reguler, sertifikasi keamanan untuk meningkatkan kinerja situs WordPress Anda.

Jenis pengelolaan hosting terbaik untuk WordPress ini biasanya juga mahal, jadi sangat cocok untuk perusahaan besar atau blogger yang sudah mapan.

VPS WordPress Hosting

VPS hosting wordpress

VPS hosting WordPress menawarkan privasi orang-orang yang memiliki komputer fisik karena server berperilaku seperti “mesin virtual”. Dengan VPS (Virtual Private Server) seolah-olah komputer dibagi menjadi beberapa server.

Setiap server virtual menawarkan kinerja spesifik dengan kontrol lebih besar, mirip dengan dedicated server. VPS hosting sangat cocok untuk situs dan blog yang mendapat traffic harian sangat besar dan membutuhkan perhatian khusus.

CloudMediaBiz Solusi Hosting terbaik untuk WordPress

Cara memilih Hosting Terbaik untuk WordPress

Saya menyarankan untuk memilih hosting WordPress terbaik yang akan memberi solusi bagi Anda yang bergerak dalam bisnis digital melalui situs Anda.

Cloudmediabiz adalah pelopor dalam segmen hosting dan solusi untuk situs web yang menawarkan salah satu layanan WordPress terbaik saat ini.

Anda bisa membangun situs secara online dengan CMS WordPress dengan penyimpanan data yang tak terbatas, membuat backup otomatis serta fitur praktis untuk menginstal tema WordPress anda.

Hal terbaik dari penyedia layanan hosting ini adalah harga yang terjangkau, jauh lebih murah daripada penyedia hosting lainnya.

Kesimpulan

Anda tahu bahwa salah satu tips paling penting untuk sukses di Internet adalah memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

Untuk memilih hosting terbaik untuk wordpress, sangat penting untuk melakukan evaluasi sebelumnya. agar situs dapat berjalan dengan performa terbaik.

Terutama jika anda menggunakan situs untuk menghasilkan uang di Internet, berjualan online atau situs untuk kepentingan bisnis, seperti perusahaan.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 comments

  1. Unlimited itu biasa bahasa marketing mbak. sebelum sewa hosting, pastikan dulu tanya ke CS nya mengenai fitur. Rekomendasi hosting sudah di bahas di artikel di atas.